Contoh Daftar Isi Skripsi

Berikut Ini Contoh Daftar Isi Skripsi Beserta Tips Membuatnya, Yuk Disimak!

Pernahkah Anda membuat atau menuliskan suatu daftar isi ? Daftar isi umumnya dapat kita temukan di suatu laporan, makalah maupun skripsi. Daftar isi didalam suatu makalah maupun karya tulis ilmiah yang lainnya juga memiliki fungsi yang penting.

Mengapa daftar isi dapat dikatakan menjadi suatu hal yang penting ? Karena didalam daftar isi, seluruh informasi berupa bab, sub bab,isi maupun halaman dari sebuah skripsi, semuanya sudah tercantum disana.

Hal ini memiliki tujuan yaitu agat pembaca dapat lebih mudah untuk menemukan maupun mencari materi atau topik yang akan dibahas didalam skripsi tersebut. Tidak hanya itu, daftar isi dibuat juga agar dapat mempermudah penulis untuk menyusun suatu skripsi.

Dan pada artikel ini, akan menjelaskan mengenai contoh daftar isi untuk skripsi dan tips dan hal yang perlu diperhatikan ketika membuat daftar isi skripsi.

Contoh Daftar Isi Skripsi

daftar isi

Diatas ini merupakan contoh dari daftar isi skripsi, dimana didalamnya terdapat banyak sekali pembagiannya. Pada bagian awal terdapat halaman judul, halaman persetujuan, halaman pengesahan, pernyataan, moto dan persembahan, kata pengantar, abstrak, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar dan daftar lampiran.

Pada bagian awal tersebut merupakan syarat wajib yang dimiliki penulis skripsi karena apabila tidak ada, maka skripsi yang dibuat tidak sah. Untuk itu, apabila Anda sedang membuat daftar isi skripsi, jangan lupa untuk mencantumkan beberapa hal tersebut.

Selanjutnya masuk pada BAB I yaitu bagian Pendahuluan. Didalam bagian pendahuluan terdapat Latar belakang masalah, identifikasi masalah, batasan masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian dan manfaat penelitian. Pada bagian Bab I ini juga sangatlah penting, karna merupakan hal yang mendasari seorang penulis skripsi menetapkan penelitiannya.

BAB II merupakan bagian isi dari skripsi, yang mana didalmnya terdapat kajian teori, tinjauan pustaka, kerangka pikir, hipotesis penelitian, dan paradigma penelitian. Pada bagian ini merupakan penjelasan teoritis dari pokok penelitian bahan skripsi Anda.

BAB III merupakan bagian Metodologi Penelitian, yang  mana didalamnya terdapat jenis penelitian, tempat dan waktu penelitian, populasi, sampel, dan teknik sampling, variabel penelitian, teknik pengumpulan data, instrumen penelitian dan teknik pengolahan data. Pada bagian ini merupakan bagian dari hasil pengamatan Anda mengenai penelitian untuk bahan skripsi Anda. Dan isi didalamnya dapat Anda ubah sesuai dengan penelitian Anda.

BAB IV merupakan bagian hasil dan pembahasan dari penelitian Anda. Dimana didalamnya terdapat penyajian data, pengolahan data, dan pembahasan hasil penelitian. Pada bagian ini menuliskan hasil akhir dari penelitian yang sudah Anda lakukan.

BAB V merupakan bagian penutup. Didalam didalamnya terdapat simpulan dan saran. Pada bagian ini Anda dapat menuliskan kesimpulan maupun saran untuk penelitian kedepannya.

Dan bagian akhir yaitu daftar pustaka dan lampiran. Hal ini wajib Anda masukkan karena merupakan bahan referensi Anda dalam menuliskan skripsi. Bahan referensi tersebut dapat berupa jurnal-jurnal yang diterbitkan secara nasional maupun internasional.

Tidak hanya itu, Anda dapat mengambilnya dari tesis dan prosiding milik orang lain. Karena yang terpenting adalah, kutipan yang Anda ambil harus berdasarkan fakta dan sudah terbukti valis untuk dijadikan referensi.

Tips dan Hal yang Diperhatikan

Contoh Daftar Isi Skripsi dan Tips Membuatnya

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, dafar isi memiliki fungsi yaitu untuk memudahkan para pembaca ketika mencari maupun menemukan topik yang ingin ia baca dari suatu skripsi. Dengan melihat daftar isi, Anda tidak merasa kesulitan memeriksa setiap halaman didalam skripsi maupun makalah.

Maka dari itu, Anda harus memahami dengan benar unsur-unsur penulisan daftar isi yang dapat Anda lihat diatas. Isi didalam daftar isi juga harus sesuai dengan isi dari makalah atau skripsi Anda.

Pada era digital seperti sekarang ini, membuat skripsi sangat dimudahkan, karena kita sudah menggunakan microsoft word sebagai aplikasi dokumen untuk membuat skripsi.

Didalam aplikasi Microsoft Word tersebut sudah memiliki tools sendiri untuk membuat daftar isi. Tools tersebut dinamakan dengan menggunakan tools table of contents. Dan perlu Anda ketahui, didalam membuat daftar isi, maka pasti sering Anda jumpai titik-titik yang berada di daftar isi tersebut.

Dan itu semua akan dibuat secara otomatis oleh aplikasi Microsoft word. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot-repot untuk mengetikkan titik-titik tersebut secara manual ke dalam dokumen skripsi Anda.

Dan berikut tips dan hal yang harus Anda perhatikan ketika membuat daftar isi untuk skripsi.

  1. Hal yang pertama yang harus Anda lakukan untuk membuat daftar isi di microsoft word yaitu dengan melakukan block pada tiap BAB dan kemudian Anda dapat menjadikannya heading 1. Lalu klik kanan pada heading1 dan klik modify.
  2. Selanjutnya Anda juga harus melakukannya pada sub bab pada skripsi Anda. Tetapi semakin kecil sub bab nya, maka Anda juga membedakan headingnya menjadi heading 2, heading 3, dan seterusnya. Dan Anda juga dapat melakukannya dengan cara yang pertama.
  3.  Jika sudah, maka Anda dapat masuk ke menu References dan klik pada menu Table of Contents. Maka Anda dapat memilih style daftar isi tersebut. Maka daftar isi Anda akan dibuat secara otomatis.
  4. Apabila Anda melakukan pengubahan didalam heading tersebut, maka Anda dapat masuk kedalam halaman daftar isi dan klik kanan pada daftar isi tersebut. Lalu pilihlah update field. Degan begitu, maka daftar isi akan secara otomatis terperbaharui.

Demikianlah penjelasan mengenai contoh daftar isi dan tips serta hal-hal yang harus diperhatikan ketika membuat daftar isi untuk skripsi. Anda dapat berpedoman kepada contoh daftar isi skripsi diatas, dan mengubahnya sesuai dengan topik penelitian yang sedang Anda lakukan.

Sarifah Farrah Fadillah

Hanya seseorang yang suka menulis dan tertarik di bidang Teknologi. Dan orang yang selalu percaya akan kata-kata ‘Usaha tidak akan mengkhianati Hasil’.

Leave a Reply

Send this to a friend