Contoh Surat Tugas

5+ Contoh Surat Tugas Guru, Dinas, Perusahaan, Pendidikan Dll

Dalam dunia ini khususnya dunia kerja, ada banyak sekali, bahkan amat sangat banyak macam-macam surat, salah satunya adalah surat tugas. Apa itu surat tugas? Surat tugas adalah surat yang bisa dikeluarkan oleh pihak instansi atau pihak yang lebih tinggi dan ditujukan atau diperuntukkan kepada pihak bawahan untuk melaksanakan tugas-tugas tertentu. Surat tugas diperlukan bertujuan agar penerima tugas memperoleh pengesahan formal terhadap tugas-tugas yang akan dilaksanakannya.

Pengertian surat tugas adalah surat resmi yang dibuat dan dikeluarkan oleh seorang pejabat yang berwenang atau pihak-pihak berwajib di instansi-instansi atau Lembaga tertentu dimana isinya yaitu menugaskan seorang staff atau pegawai untuk melakukan suatu pekerjaan. Pada umumnya, surat tugas dikeluarkan untuk satu jenis pekerjaan saja.

Setelah pekerjaan tersebut berakhir atau terselesaikan maka surat tugas tidak dapat berlaku lagi. Sama halnya seperti kontrak kerja antara pegawai dan atasannya. Perbedaan dari surat tugas ini dan surat dinas adalah surat tugas hanya untuk satu jenis pekerjaan saja, jika surat dinas untuk pekerjaan rutin

Fungsi Surat Tugas

Fungsi dari surat tugas ini sendiri adalah sebagai dokumen pengesahan formal bagi pengemban tugas terhadap tugas yang harus dilakukan atau diemban. Surat tugas juga merupakan bukti legal atas penugasan seorang pegawai atau staff atau pejabat atas pekerjaannya sesuai dengan isi dari surat tugas tersebut.

Selain itu, surat tugas ini juga membantu atau mempermudah bagi para pejabat atau petugas dalam berhubungan dengan instansi atau Lembaga yang berhubungan dengan tugas tersebut. Jadi dengan adanya surat tugas ini para pegawai atau karyawan atau staff yang bekerja akan diberi tanggung jawab yang sah dalam pelaksanaan tugasnya.

Dari awal pejabat/pegawai melamar hingga nanti usai pekerjaan semuanya ada bukti tertulis dan sah untuk bersedia bertanggung jawab selama masa bekerja dll. Bisa juga sebagai bukti atau keterangan untuk melakukan suatu pekerjaan yang menyangkut bagian Lembaga atau instansi lain. Misalnya seorang mendapat surat tugas untuk melakukan audit pada bagian keuangan, maka orang ini perlu menunjukkan minimal surat tugas yang menyatakan bahwa dia benar-benar di tugaskan disana, surat tugas tersebut diserahkan atau diberikan kepada kepala keuangan sebelum melakukan tugas yang tertulis di surat tugas tersebut.

Kumpulan Contoh Surat Tugas

Agar Anda bisa lebih memahami tentang surat tugas ini, berikut ini adalah 5 contoh surat tugas yang perlu ANda ketahui.

1. Contoh Surat Tugas Guru

Surat tugas guru, pada umumnya surat ini digunakan untuk memberikan suatu tugas tertentu kepada salah seorang guru untuk melakukan pekerjaan di luar sekolah atau biasa di sebut ditugaskan di tempat lain. Beserta dengan itu maka harus memiliki atau mempunyai bukti yang jelas bahwa guru tersebut memang ditugaskan di tempat tersebut, sesuai dengan apa yang tertulis di surat tugas itu.

Contoh Surat Tugas Guru

2. Contoh Surat Tugas Perusahaan

Seorang atasan di dalam suatu perusahaan juga akan menggunakan surat tugas ketika ingin menugaskan pegawai atau staffnya untuk menjalankan sebuah tugas tertentu.

Surat tugas yang dibuat ini mungkin saja dapat berisikan tugas untuk mengawasi sebuah proyek yang sedang berlangsung, ataupun menugaskan untuk mewakili sebuah perusahaan untuk menghadiri sebuah acara seminar, atau hal-hal lainnya yang menyangkut nama perusahaan tersebut dan karyawan yang ditugaskan juga berasal dari perusahaan tersebut.

Contoh Surat Tugas Perusahaan

3. Contoh Surat Tugas Dinas

Surat tugas dinas termasuk surat tugas yang bersifat resmi, surat tugas dinas biasanya digunakan oleh instansi-instansi dari pemerintahan atau Lembaga pemerintahan yang isinya berkaitan dengan tugas kedinasan yang memerintahkan bawahannya atau pegawai-pegawai dibawahnya untuk melaksanakan suatu tugas tertentu, maka seorang atasannya harus membuat surat tugas terlebih dahulu, sebagai bukti bahwa pegawainya memang ditugaskan untuk bekerja disana.

Surat Tugas Dinas

 

4. Contoh Surat Tugas Dinas Pendidikan

Dinas Pendidikan merupakan dinas yang membawahi sekolah-sekolah dan juga Lembaga-lembaga Pendidikan lainnya di tiap-tiap daerah. Kepala sekolah yang memegang kuasa tertingi dari sebuah sekolah biasanya atau seringkali akan memerintahkan salah seorang guru ataupun bawahannya untuk menjalankan tugas-tugas tertentu. Maka dari itu, pihak sekolah dapat memberi surat tugas dinas pendidikan seperti berikut.

Surat Tugas Dinas Pendidikan

5. Contoh Surat Tugas Guru kepada Siswa

Para guru zaman sekarang sudah banyak berkembang dan lama-lama mulai mengikuti perkembangan zaman, untuk mengasah kemampuan siswa agar lebih baik, pihak pemerintah dan pihak swasta seringkali mengadakan kegiatan atau seminar yang mengikut sertakan murid-muridnya di sekolah.

Biasanya akan dikirim beberapa perwakilan atau delegasi dari sekolah yang akan diberangkatkan menuju tempat kegiatan ataupun seminar yang diadakan olah pihak swasta ataupun pihak pemerintah itu sendiri, apalagi pada zaman sekarang mencari informasi sudah bukan merupakan hal yang sulit, setiap orang bahkan sudah memiliki akun social media yg berisi berita-berita terupdate dan berbagai macam, maka sudah bukan hal yang sulit untuk mendapatkan info kegiatan dan seminar yang diadakan baik dari pihak swasta maupun pihak pemerintah. Tentunya siswa yang berangkat akan membawa surat tugas seperti contoh dibawah.

Contoh Surat Tugas Guru kepada Siswa

Ciri-Ciri Surat Tugas

Di bagian ini terdapat beberapa ciri dari surat tugas, pada umumnya surat tugas memiliki beberapa karakteristik khusus sesuai tujuannya. Berikut adalah ciri-ciri dari surat tugas :

  1. Dalam surat tugas harus atau wajib dijelaskan tentang penugasan dari pimpinan kepada pegawai atau staf dari pekerjaan tertentu.
  2. Menggunakan Bahasa yang baku atau resmi, dan isinya dibuat secara singkat, padat, dan jelas.
  3. Di dalam surat tugas harus atau wajib terdapat kop surat, judul surat, nomor surat, isi surat, tanggal, nama, dan tanda tangan pejabat pemberi tugas, serta nama dan tanda tangan dari penerima tugas.
  4. Harus ditambahkan dengan stempel instansi yang bersangkutan.
  5. Menggunakan salam pembuka dan salam penutup
  6. Menggunakan nomor surat, lampiran, dan perihal

Cara membuat & Bagian-bagian Surat Tugas

Membuat surat tugas bukanlah suatu hal yang sulit seperti yang Anda bayangkan seperti membuat surat lamaran pekerjaan yang harus menambahkan atau mencantumkan tambahan ini dan itu. Yang perlu Anda sekalian ketahui adalah urutan yang tepat agar surat tugas yang Anda buat bisa mudah dimengerti oleh pihak yang berwenang.

Pada bagian ini terdapat penjelasan mengenai bagian dari surat tugas, jika Anda ingin membuat surat tugas yang baik dan benar, ada beberapa bagian yang harus Anda perhatikan atau buat dengan berurutan. Berikut adalah urutan-urutan atau cara membuat surat tugas yang baik dan benar:

  1. Kepala Surat / Kop Surat
  2. Judul Surat (SURAT TUGAS)
  3. Nomor Surat
  4. Identitas Pejabat Pemberi Tugas
  5. Identitas Pegawai/Staff Penerima Tugas
  6. Isi surat tugas (Pekerjaan yang harus dilakukan (Job Description), penerima tugas, jangka waktu, serta pertanggungjawaban dari penerima tugas)
  7. Keterangan tempat dan waktu pemberian tugas
  8. Kolom tanda tangan dari pemberi tugas dan penerima tugas
  9. Salam Penutup

Leave a Reply

Send this to a friend