• Our Partners:

Sifat Benda Padat

10+ Sifat Benda Padat Beserta Ciri-Ciri dan Contohnya, Yuk Disimak!

Di kehidupan kita sehari-hari pasti terdapat banyak benda dan benda-benda tersebut terbagi dalam tiga kelompok, yaitu: benda padat, benda cair, dan benda gas. Setiap jenis benda tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan yang dapat digunakan oleh manusia sebaik-baiknya.

Benda-benda tersebut memiliki sifat-sifat khas dimana didasarkan pada bentuk, sifat, dan susunan partikel. Zat padat sendiri adalah suatu materi yang memiliki bentuk dan volume tertentu (ruang tersebut ditempati oleh zat padat, cair, ataupun gas).

Nah, berikut adalah pembahasan secara khusus tentang sifat benda padat itu sendiri, berikut penjelasannya.

Sifat Benda Padat

Sifat Benda Padat

Berikut adalah sifat-sifat dari benda padat itu sendiri, antara lain:

1. Bentuk benda padat (tidak terpengaruh wadah)

Banyak bentuk padat yang berubah yang sering kita lihat dalam kehidupan sehari-hari dan benda padat tersebut tidak mengikuti bentuk wadahnya. Benda padat juga tidak berubah jika hanya berpindah tempat bentuknya. Contohnya, kacang goreng yang ada di wadah piring. Begitu juga dengan pensil, penghapus, plastik, dan sejenisnya yang tidak dapat berubah bentuk jika dimasukkan ke dalam suatu wadah.

2. Bentuk benda padat dapat diubah

Contoh dari bentuk benda padat tapi bisa diubah antara lain: piring yang jatuh dan akhirnya berserakan, kertas sobek, kacang tanah yang hancur setelah digerus, plastik juga bisa mudah berubah. Perlakuan tertentu yang dilakukan oleh manusia terhadap suatu benda padat juga disebut dengan gaya.

3. Memiliki bentuk padat

Benda padat memiliki bentuk yang padat dimana hal tersebut merupakan ciri-ciri utama dari benda padat. Objek benda dalam benda padat juga nyata dan asli, dalam artian benda tersebut bisa dilihat, disentuh, dan dapat dirasakan serta dapat dibawa secara nyata.

4. Memiliki bentuk yang tetap

Seperti penjelasan sebelumnya bahwa benda padat tidak dipengaruhi oleh wadahnya, dalam artian tetap padat walaupun berganti-ganti wadah. Misalnya bisa dilihat dalam baju yang dimasukkan ke dalam lemari, maka baju akan tetap ada dan bentuknya juga tetap sama.

5. Memiliki volume yang tetap

Volume yang tetap merupakan salah satu sifat benda padat yang utama. Karena selain bentuknya yang tetap dalam berbagai wadah, benda padat juga tidak akan berubah dalam hal volume. Sehingga bisa dibilang bahwa volume benda padat tidak bisa diubah atau dipengaruhi oleh suatu wadah.

6. Menempati suatu ruang

Benda padat juga menempati suatu ruang dimana dijadikan tempat suatu benda padat tersebut. Ruang yang ditempati oleh benda padat tersebut antara lain panjang, tinggi, dan lebar. Sehingga setiap benda padat pasti akan menempati suatu ruang.

7. Bisa diubah dengan perlakuan tertentu

Walaupun berbentuk tetap, benda padat juga bisa diubah bentuknya jika diberi perlakuan tertentu dan hal tersebut juga menghasilkan suatu gaya. Contohnya bisa kita lihat dalam kertas yang disobek menjadi kecil, kaca yang dipecahkan, kayu yang diolah untuk perabotan rumah tangga, dan lain sejenisnya.

8. Jarak antar partikel sangat rapat

Salah satu sifat dari benda padat adalah mempunyai partikel penyusun yang cenderung sangat rapat. Partikel-partikel tersebut tersusun rapat satu sama lain.

9. Susunan partikel penyusun teratur

Susunan partikel penyusun dalam benda padat juga rapi atau teratur. Sehingga bentuk dari benda padat juga tetap.

10. Gaya tarik antar partikel sangat kuat

Gaya tarik antar partikel ada dalam setiap benda dan hal ini masuk ke dalam salah satu ciri dari benda padat itu sendiri. Gaya tarik antar partikel itu juga kuat dan partikel pada benda tersebut tidak dapat bergerak bebas karena adanya gaya tarik partikel yang kuat.

Perubahan Wujud dalam Benda Padat

Sifat Benda Padat dan Perubahan Wujudnya

Perubahan Wujud dalam Benda Padat

Benda padat juga dapat berubah dalam hal wujud, seperti menjadi zat benda cair atau benda gas. Berikut adalah penjelasannya:

1. Dari benda padat ke cair ( mencair)

Perubahan wujud dari benda padat ke cair disebut dengan mencair. Benda padat tersebut bisa berubah menjadi zat benda cair jika dipengaruhi atau disebabkan oleh energi panas. Contoh bisa kita lihat dalam coklat yang mencair ketika terkena panas, es batu yang mencair ketika dikeluarkan dari lemari es, besi meleleh saat dipanaskan dengan suhu yang tinggi, dan lain-lain.

2. Dari benda padat ke gas (menyublim)

Perubahan wujud dari benda padat ke gas disebut dengan menyublim. Perubahan tersebut dipengaruhi atau disebabkan oleh energi panas. Contohnya bisa kita lihat dalam kapur barus yang disimpan dalam sebuah lemari akan habis lama kelamaan karena terkena panas.

Contoh Benda Padat

Ciri-ciri Zat Padat

Benda padat sangat mudah kita jumpai dalam lingkungan sehari-hari di sekitar kita. Contohnya bisa kita lihat dalam kayu, kertas, besi, meja, kursi, bolpoin, TV, kulkas, pintu, tulang, koin, sendok, kaca, paku, keramik, tanah, pasir, jagung, beras, besi, tembaga, gigi, styrofoam, emas, buku, alumunium, pasir, batu, dadu, gelas, karet, arang, lilin, plastik, beras, batok kelapa, kerikil, dan lain-lain.

1. Batu

Ada berbagai macam bentuk batu, yaitu batu bulat dan batu pipih. Batu-batu tersebut ada yang memiliki warna hitam, merah, abu-abu, putih, dan lain-lain. Untuk bentuk permukaannya ada yang halus, kasar, berpori-pori, dan lain-lain.

2. Kayu

Kayu sendiri berasal dari pohon yang memiliki ciri-ciri antara lain: kuat, tahan lama, tidak mudah patah, mudah terbakar, dan biasanya digunakan untuk perkakas seperti meja, kursi, lemari, dan lain sejenisnya.

3. Besi

Besi terbuat dari bijih besi dan memiliki ciri-ciri seperti kuat, tahan lama, tidak mudah terbakar, dan berat. Besi juga bisa dimanfaatkan untuk membuat motor, mobil, kereta api, bahan bangunan, dan lain-lain.

4. Tanah liat

Tanah liat terbuat dari tanah yang memiliki ciri-ciri mudah dibentuk, berwarna coklat kemerahan, basah, lengket, dan mongering jika terkena panas atau dibakar.

Ciri-ciri Zat Padat

Berikut adalah ciri-ciri zat padat yang bisa anda ketahui sebagai penambah wawasan, antara lain:

  1. Memiliki gaya tarik menarik yang sangat kuat
  2. Susunan zatnya berdekatan satu sama lain
  3. Letak zatnya berdekatan
  4. Zat padat idak bisa bergerak bebas
  5. Zat padat memiliki sifat tegar (padatan cenderung mempertahankan bentuknya jika diterapkan gaya luar)

Benda padat sangat banyak kita jumpai di berbagai tempat dan daerah. Cakupannya pun luas karena benda padat selalu ada di lingkungan sekitar kita dan kehidupan sehari-hari kita. Dengan adanya benda padat juga membantu kita dalam hal memudahkan akses untuk melakukan kebutuhan sehari-hari.

Mulai dari makanan, minuman, kerja, kebutuhan hidup, gaji, hobi, acara, dan lain-lain. Sehingga banyak hal positif yang bisa didapat dari benda padat ini. Nah, itulah penjelasan cukup lengkap tentang sifat dari zat padat itu sendiri dan dilengkapi dengan penjelasan benda padat lainnya.

Semoga penjelasan artikel ini bisa menambah wawasan dan bermanfaat bagi pembaca, dan bisa diamati dalam kehidupan sehari-hari.

Leave a Reply