Begini Cara Mencari NISN Berdasarkan Nama, Sangat Mudah!

Kita sebagai warga negara Indonesia yang cukup umur mungkin sudah biasa mendengar dan memiliki suatu kartu bernama KTP (Kartu Tanda Penduduk) di tiap dompetnya. Kartu ini, seperti yang kita semua tahu adalah suatu alat pengenal yang membuktikan bahwa anda adalah warna negara yang sah dan telah cukup umur.

Bagi warga negara yang belum cukup umur memang belum diperkenankan untuk membuat dan memiliki KTP. Bagi para warga di bawah umur yang sebagian besar seumuran anak sekolah, menurut pemerintah akan jauh lebih efektif jika dibuatkan suatu sistem nomor induk siswa sebagai alat pengenal yang disebut juga dengan NISN (Nomor Induk Siswa Nasional)

NISN ini seperti namanya yakni sebuah nomor induk, sehingga tiap orang akan memiliki satu nomor yang unik dan pastinya berbeda antara satu dengan yang lain. NISN ini merupakan salah satu layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa yang dikelola langsung secara nasional dan terpusat oleh Pusat Data dan Statistik Kementerian Pendidikan Nasional dan juga merupakan salah satu bagian dari program (Data Pokok Pendidikan).

Selain sebagai tanda dan alat pengenal siswa, NISN ini juga memiliki beberapa fungsi dan manfaat. Seperti yang disebutkan sebelumnya, NISN ini berfungsi layaknya KTP atau Kartu Tanda Penduduk bagi orang dewasa. Tak banyak yang tahu bahwa sebenarnya NISN ini adalah nomor yang tetap dan dapat digunakan seumur hidup, sehingga para siswa tidak perlu mengganti nomor induk siswa tiap kali ingin melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi.

Dengan adanya NISN juga, kita dapat melihat perkembangan dan pergerakan pendidikan siswa. Mulai dari kenaikan kelas, kelulusan, mutasi, history pendidikan, bahkan status pelajar apakah masih aktif atau yang sudah tidak aktif karena putus sekolah. Dengan adanya NISN pula para siswa atau pelajar yang memutuskan untuk belajar dengan sistem homeschooling dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi dengan proses yang lebih mudah.

Cara Mencari NISN Berdasarkan Nama

Sayangnya dengan segudang fungsi dan manfaat dari NISN tersebut, masih banyak pihak orang tua maupun siswa yang belum paham dan bahkan tidak mengetahui NISN milik mereka atau anaknya. Karena itulah kali ini kami akan membahas bagaimana cara mencari NISN jika anda hanya mengetahui nama dan tempat tanggal lahir siswa.

1 Pertama tama silakan hidupkan komputer dan buka browser anda. Silakan ketikkan nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data. Kemudian akan keluar halaman utama. Pada halaman tersebut akan terdapat dua tab utama, silakan anda klik tab “Pencarian Berdasarkan Nama”

Cara Mencari NISN Berdasarkan Nama

2 Selanjutnya anda akan dihadapkan pada beberapa field atau kolom yang harus anda isikan. Isikan nama siswa yang ingin anda cari, kemudian tempat dan juga tanggal lahir siswa tersebut.

002awds

3 Setelah diisikan data yang dibutuhkan, silakan klik tombol Cari.

Cara Mencari NISN Berdasarkan Nama

4 Silakan tunggu beberapa saat sampai akhirnya hasilnya akan ditampilkan. Anda akan dapat melihat beberapa data utama milik siswa yang anda cari. Beberapa diantaranya adalah NISN, Nama, Jenis Kelamin (1 untuk laki-laki dan 2 untuk perempuan), tempat lahir dan yang terakhir adalah tanggal lahir.

Cara Mencari NISN Berdasarkan Nama

NISN atau Nomor Induk Siswa Nasional merupakan salah satu media yang dapat digunakan sebagai alat pengenal pelajar dan dapat dimanfaatkan para pelajar untuk melihat sejarah pendidikan dan key penting dalam database kependidikannya. Akan sangat disayangkan jika anda tidak mengetahui identitas anda sendiri. Karena itu, silakan coba cek NISN anda atau anak anda dan silakan pergunakan dengan sebaik dan sebijak mungkin.

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

Leave a Reply

Send this to a friend