Bagaimana Cara Unreg Kartu 3 (Tri) yang Sudah Diregistrasi? Berikut Caranya, Mudah Kok!

Di masa modern ini, peran smartphone menjadi semakin signfikan dari hari ke hari. Seiring dengan semakin pesatnya penggunaan smartphone, peredaran kartu SIM pun semakin tak terelakkan seolah berbanding lurus dan bahkan lebih pesat dibandingkan smartphone sendiri.

Hal ini diperkuat dengan fitur smartphone yang kini memungkinkan pengguna untuk menggunakan lebih dari satu kartu SIM dalam satu perangkat smartphone, terutama smartphone yang menggunakan sistem operasi android. Bayangkan jika satu orang paling tidak memiliki satu smartphone android, maka paling tidak pergerakan dan persebaran kartu SIM menjadi dua kali lipat lebih banyak.

cara unreg kartu 3

Persebaran kartu SIM yang semakin tinggi ini pun rupanya tak lepas dari penglihatan pemerintah. Segala potensi baik yang menguntungkan pun juga yang merugikan. Karena itulah pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) kemudian mencanangkan program bahwa tiap kartu SIM harus didaftarkan dan dilakukan sinkronisasi dengan NIK nasional.

Dengan adanya program ini, maka tiap kartu SIM diharapkan semakin jelas kepemilikannya, sehingga diharapkan pula dapat memperkecil beragam kasus kejahatan berbasis siber.

Cara Unreg Kartu 3 (Tri) yang Sudah Diregistrasi

Meski begitu rupanya pemerintah juga tidak tutup mata akan perkembangan teknologi yang dibawa oleh smartphone yang memungkinkan penggunanya untuk menggunakan lebih dari satu nomor atau kartu SIM. Pengguna diperbolehkan menggunakan maksimal 3 kartu SIM dengan menggunakan 1 NIK / nomor pada kartu identitas anda. Atau paling tidak itulah aturan yang dimiliki oleh salah satu operator terkemuka, 3 (tri).

Jika anda memiliki lebih dari tiga nomor 3, maka anda harus merelakan salah satu dan melakukan proses unreg. Tidak tahu bagaimana cara unreg kartu 3 (Tri) anda? Jangan khawatir, kami akan memberi tahu caranya. Silakan simak artikel mengenai cara unreg kartu 3 (Tri) di bawah ini.

1. Unreg Melalui Website

1. Pertama-tama pastikan nomor 3 yang ingin anda unreg telah terpasang dengan baik pada smartphone anda.

2. Kemudian buka website registrasi nomor atau kartu SIM operator seluler 3 (registrasi.tri.co.id). Setelah halaman utama terbuka akan tersedia dua pilihan, yakni Registrasi Kartu Prabayar dan Unreg. Berhubung anda ingin melakukan proses Unreg maka silakan pilih dan klik Unreg.

cara unreg kartu 3

3. Selanjutnya silakan tunggu beberapa saat hingga akhirnya anda akan diarahkan menuju suatu halaman yang berisikan form yang tentunya harus anda isi.

002q

Ada beberapa item yang harus anda isikan:

Nomor handphone: nomor pada kartu SIM yang ingin anda lakukan proses unreg

NIK: Nomor Induk Kependudukan yang dapat dengan mudah anda temukan di KTP atau KK

Kode Rahasia: Untuk mendapatkan kode rahasia ini anda harus meng-klik Minta Kode Rahasia, kemudian anda akan mendapatkan SMS dari operator seluler 3 yang berisikan kode rahasia tersebut. Isikan kode rahasia tersebut pada field atau kotak Kode Rahasia

Setelah diisikan semua, silakan centang pada kotak I’m not a robot lalu klik tombol Kirim.

4. Selanjutnya anda akan diarahkan pada halaman selanjutnya. Pada halaman ini anda akan diperlihatkan beberapa nomor yang telah anda registrasikan atau daftarkan dengan NIK yang sama. Centang nomor yang akan anda lakukan proses unreg lalu klik tombol Submit.

cara unreg kartu 3 lewat sms

5. Kemudian anda akan diarahkan ke halaman selanjutnya. Di halaman ini anda akan diminta melakukan konfirmasi apakan benar nomor tersebut adalah nomor 3 yang akan anda unreg. Jika benar, silakan klik tombol Kirim.

cara unreg kartu 3 / tri dengan mudah

6. Silakan tunggu beberapa saat hingga akhirnya anda akan diarahkan pada halaman terakhir. Di halaman ini anda akan diberikan informasi bahwa nomor yang anda pilih tadi telah selesai dan berhasil dilakukan proses unreg.

cara unreg kartu 3 tri

 

2. Unreg Melalui SMS

1. Pertama-tama silakan buka aplikasi Messages pada smartphone anda.

001qa

2. Kemudian anda akan diarahkan pada halaman utama aplikasi Messages, silakan klik icon tambah yang berarti anda akan menambahkan pesan baru.

002qa

3. Pada kotak, isikan nomor yang akan dituju. Dalam hal ini ketikkan 4444.

003qa

4. Anda akan diarahkan pada halaman pesan. Pada halaman ini ketikkan pesan dengan format UNREG#NIK# seperti yang ada pada gambar di bawah ini.

004qa

5. Tunggu beberapa saat sampai ada balasan seperti di bawah ini.

005qa

Proses Unreg ini juga bertujuan untuk menjaga anda agar identitas anda pada saat registrasi tidak disalahgunakan jika kartu SIM dan nomor tersebut jatuh ke pihak yang tidak bertanggung jawab. Demikianlah informasi terkait cara melakukan proses unreg kartu SIM operator seluler 3 ini. Semoga informasi dan langkah-langkah cara unreg kartu 3 (Tri) di atas dapat diaplikasikan dan membantu anda dalam proses unreg dengan baik.

Leave a Reply

Send this to a friend