4 Cara Cek Kuota Internet 3 / Tri yang Bisa Anda Lakukan, Cara #1 Sering Saya Gunakan

Kebutuhan akan akses internet sudah tidak perlu ditanyakan lagi. Dewasa ini, seakan-akan internet sudah menjadi ‘kebutuhan pokok’ semua orang.

Pernyataan tersebut tidaklah salah, mengingat manfaat dari internet sangatlah banyak. Komunikasi yang cepat, berjualan online, semakin mudahnya mendapat berita dan pengetahuan, semua hal tersebut tak lepas dari peran internet.

Banyak orang yang berbondong-bondong membeli paket internet guna menikmati manfaat internet ini. Salah satu paket internet yang sering dgunakan adalah paket internet berbasis kuota.

Hampir semua operator seluler menyediakan paket internet berbasis kuota, salah satunya adalah 3 atau orang sering menyebutnya Tri.  Menurut saya pribadi, Tri menyediakan paket internet berbasis kuota yang dibanderol dengan harga yang cukup miring. Saya menggunakan Tri dalam aktivitas browsing sehari-hari.

Cara Cek Kuota 3 / Tri dengan Cepat

Namanya juga dibatasi dengan kuota, yah kita harus pintar-pintar menghemat pemakaian kuota internet agar tidak cepat habis. Terus bagaimana sih cara cek kuota 3 (tri)? Simak langkah-langkahnya sebagai berikut:

Cara 1 – Melalui SMS

Tidak hanya digunakan untuk mendaftarkan ulang kartu anda, anda juga dapat mengecek sisa kuota internet anda melalui SMS. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Ketik “info data” dan kirim ke 234.
    cara cek kuota 3 lewat sms
  2. Setelah itu, anda akan mendapatkan sms yang berisi informasi mengenai nomor anda beserta sisa kuota internet yang anda miliki.
    cara cek kuota 3 step dengan sms

Cara 2 – Melalui USSD

USSD merupakan semacam protokol yang digunakan oleh perangkat GSM untuk berkomunikasi dengan provider yang anda gunakan. Untuk mengecek sisa kuota melalui USSD bisa anda lakukan dengan cara sebagai berikut :

  1. Tekan *111*4*2# pada ponsel anda.
    menggunakan dial
  2. Pilih paket internet yang anda gunakan, misal jika anda ingin melihat sisa Kuota Data Regular, tekan 1.
    langkah keempat cara cek kuota 3
  3. Anda akan mendapatkan sms yang sama dengan cara pertama yang berisi informasi nomor beserta sisa kuota internet anda.
    balasan berupa sms

Cara 3 – Melalui Situs Tri

Dengan cara ini, kita dapat melihat sisa kuota internet yang kita miliki langsung melalui situs Tri. Langkah-langkahnya bisa anda simak sebagai berikut:

  1. Buka situs internet.tri.co.id melalui browser ponsel anda.
    cara cek kuota tri melalui web 3
  2. Anda akan melihat informasi mengenai sisa kuota internet anda yang berbentuk speedometer.
  3. Selain itu, anda juga dapat melihat nomor kartu anda, jenis kartu, sisa pulsa, jenis paket internet yang digunakan sampai masa aktif kartu.
    langkah cara cek kuota 3 kedelapan

Cara 4 – Melalui aplikasi BimaTri

Tidak hanya digunakan untuk mengecek sisa kuota internet anda, aplikasi ini mempunyai banyak sekali fitur.

Diantaranya adalah notifikasi otomatis saat kuota mau habis, menampilkan informasi kartu (nomor kartu, masa berlaku, sisa pulsa dll) dan masih banyak lagi fitur lainnya yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu.

  1. Install aplikasi BimaTri disini (sekarang berganti menjadi bima+).
    install aplikasi BimaTri
  2. Jika sudah, buka aplikasinya. Selain sisa kuota internet, anda juga dapat melihat informasi seperti nomor Tri anda, sisa pulsa, masa berlaku dan informasi lainnya yang bisa anda utek-utek sendiri, hehehe.
    cara cek kuota 3 dengan cepat

5 Keunggulan Tri Dibanding Provider Lain

Ada beberapa keunggulan Tri yang mungkin tidak dimiliki oleh provider lain, diantaranya:

1. Masa Aktif Kartu Tri Sangat Panjang

Keunggulan pertama yang dimiliki provider Tri adalah masa aktif kartu yang sangat panjang. Setiap pengguna pasti kesal jika masa aktif dari kartu provider yang digunakannya cepat berakhir. Contohnya adalah teman saya. Dia harus mengisi pulsa setiap minggu dikarenakan masa aktif kartunya hanya bertahan seminggu, jadi untuk menambah masa aktif dia harus sering – sering membeli pulsa.

Nah, berbeda dengan kartu Tri ini. Masa aktif yang dimiliki kartu Tri ini sangatlah panjang, bahkan bisa mencapai 10 tahun lamanya. Berbeda dengan operator lainnya, rata – rata masa aktif operator lain hanya seminggu sampai satu bulan lamanya. Anda bisa membuktikannya dengan langsung membeli voucher kartu Tri ini. Jadi, kartu Tri sangat cocok bagi Anda yang suka berhemat hehehe.

2. Masa Aktif Paket Internet Panjang

Keunggulan berikutnya yang dimiliki operator seluler Tri adalah masa aktif paket internet yang juga panjang. Biasanya rata – rata masa aktif paket internet yang dimiliki provider lain maksimal hanya 60 hari atau sebulan.

Berbeda dengan operator seluler ini, Tri memiliki masa aktif paket internet yang sangat panjang yaitu bisa sampai mencapai satu tahun. Sehingga Anda pun bisa menggunakan internet dalam waktu yang lama, tidak perlu membeli paket internet selama setahun. Sangat hemat bukan?

3. Paket Internet Terakumulasi

Keunggulan lainnya yang dimiliki provider Tri adalah paket internet yang dapat diakumulasikan. Apa maksudnya? Jadi, jika Anda sudah mempunyai paket internet Tri dan paket tersebut masih bersisa atau belum habis, lalu Anda melakukan pengisian paket internet lagi maka paket internet yang tersisa tadi akan otomatis ditambahkan ke paket internet yang baru saja Anda beli.

Sehingga paket internet Anda yang sisa sebelumnya tidak sia – sia begitu saja. Hal seperti ini hanya dimiliki oleh provider kartu Tri, Anda tidak akan mendapatkan hal yang sama pada operator seluler lainnya karena biasanya paket internet sebelumnya akan hangus begitu saja.

4. Kecepatan Internet Stabil

Keunggulan lainnya yang dimiliki kartu Tri adalah kecepatan internetnya yang cukup stabil. Kecepatan internet sangat diperhatikan sebelum membeli kartu paket pastinya. Walaupun provider Tri mengatakan kecepatan internet yang mereka miliki stabil, tapi tidak jika Anda berada di daerah pedesaan dan pegunungan.

Biasanya jika Anda sedang berada di tempat tinggi atau daerah terpencil jaringan internet Tri agak susah, namun jika Anda berada di perkotaan jaringan internet Tri dianggap lebih stabil dari operator seluler lainnya.

Kecepatan download dan akses youtube pun tidak pernah loading atau buffering. Hal seperti inilah yang sangat dibutuhkan oleh para pengguna, sehingga dapat dengan mudah berselancar di internet. Kecepatan internet yang stabil menjadi salah satu hal yang menarik yang dimiliki kartu Tri.

5. Tersedia Kuota Unlimited dan Paket Internet Jumbo

Keunggulan terakhir yang ditawarkan kartu Tri adalah adanya paket internet unlimited dan tersedia juga paket internet jumbo. Mungkin Anda pernah saat asyik – asyiknya berselancar di internet tiba – tiba paket internet habis? Nah, jika Anda menggunakan kartu Tri, Anda tidak usah khawatir lagi dengan paket internet yang habis tiba – tiba karena Anda dapat mengakses internet walaupun sudah melewati jumlah kuota.

Tapi, kecepatan internetnya akan disesuaikan menjadi 128 Kbps. Paket internet unlimited diberi setiap bulan pada akhir periode penagihan. Jika Anda memakai Paket Booster, sisa paket sebelumnya akan ditambahkan selama kartu Elite Anda masih aktif. Paket Booster ini bisa Anda beli melelui *123#.

Lalu, Tri juga menyediakan paket internet yang sangat besar mulai dari paket internet 33 GB, 66 GB, sampai paket internet 102 GB dengan harga yang sangat murah pastinya.

Penutup

Dari keempat cara cek kuota 3 (tri) yang telah saya sebutkan diatas, hanya nomor 1 yang menurut saya paling simpel dan gak ribet. Misalkan ada error menggunakan cara pertama, mungkin cara kedua bisa anda jadikan alternatif.

Hmmm, sedangkan untuk cara ketiga dan keempat membutuhkan koneksi untuk mengecek sisa kuota anda, yaah meskipun tidak memakan begitu banyak koneksi sih, hehehe. So, pilih yang menurut anda simpel dan mudah. 🙂

2 Comments

  1. Avatar mantap86
  2. Avatar Vina saputri

Leave a Reply

Send this to a friend