#10 Aplikasi Browser Terbaik & Gratis untuk Android, Browsing Jadi Lebih Nyaman!

Browsing atau menjelajahi internet kini menjadi suatu aktivitas yang seakan tidak bisa dipisahkan lagi dengan manusia. Internet memberikan banyak kemudahan dan juga memberi hiburan.

Namun, untuk melakukan aktivitas internet, kita membutuhkan suatu sarana yaitu berupa aplikasi browser. Tidak hanya sebagai perantara, aplikasi browser juga akan menentukan bagaimana kelancaran Anda dalam mengakses situs internet. Dan tentunya, setiap aplikasi akan memberikan pengalaman yang berbeda-beda.

Aplikasi Browser

Nah, di sini kami telah merangkum sepuluh aplikasi browser yang dapat Anda andalkan sebagai sarana browsing. Mulai dari aplikasi paling populer sampai aplikasi yang memiliki ukuran paling kecil. Jika Anda tertarik, silakan simak ulasan berikut ini.

1. Mozilla Firefox

Aplikasi Browser

Mozilla Firefox merupakan salah satu aplikasi browser yang cukup populer secara global. Mozilla Firefox biasanya lebih dikenal di kalangan PC, tetapi kini Mozilla juga sudah tersedia untuk Android. Berdasarkan deskripsi di Google Play, aplikasi yang dirilis pada tahun 2002 ini telah didownload lebih dari 100 juta kali dengan jumlah pengguna lebih dari 3 juta.

Baca Juga: 10+ Aplikasi Belajar Bahasa Inggris yang Paling Direkomendasikan

Aplikasi ini dapat menjamin keamanan aktivitas Anda dengan memblokir bagian web yang mungkin dapat melacak aktivitas penjelajahan. Dengan menggunakan Firefox, Anda juga dapat mengakses dengan cepat ke riwayat, tab terbuka, atau kata sandi. Di sini Anda juga diberi keleluasaan untuk memblokir iklan yang mengganggu. Ditambah tampilan intuitif aplikasi yang tentu akan memudahkan penjelajahan Anda.

2. CM Browser

Aplikasi Browser

Kalau Anda menginginkan aplikasi browser yang ringan, maka CM Browser dapat Anda coba. Berbeda dengan Mozilla Firefox yang memakan ruang hampir 40 MB, CM Browser hanya berukuran 6,1 MB.

Aplikasi ini menawarkan beberapa fitur unggulan, yaitu pengunduhan pintar yang akan mendeteksi video online yang dapat diunduh dari hampir semua situs web, pemblokiran iklan yang tidak sesuai, memberikan peringatan saat Anda menjelajahi situs yang mungkin berbahaya, memastikan perangkat aman dengan adanya proteksi unduhan, mode penyamaran untuk menjelajahi internet tanpa meninggalkan jejak, dan masih banyak lagi. Aplikasi ini dimiliki lebih dari 2 juta pengguna dengan rating 4.6/5.

3. Google Chrome

Aplikasi Browser

Selain Mozilla Firefox, Google Chrome juga merupakan salah satu aplikasi yang memiliki pengguna terbanyak. Bahkan Google Chrome dapat dinilai lebih unggul dengan pengguna lebih dari 9 juta dan telah diunduh lebih dari 1 milyar kali. Menurut banyak pengguna, Google Chrome memang dirasa lebih nyaman digunakan karena akses situs web lebih cepat.

Baca Juga: 10+ Aplikasi Perekam Layar Terbaik & Gratis untuk HP Android

Menurut pengembangnya, aplikasi ini lebih hemat data dan file video. Dengan Google Chrome, Anda dapat mengunduh halaman web yang sekiranya penting untuk dilihat lagi nanti. Aplikasi ini juga dapat secara otomatis menerjemahkan konten halaman ke bahasa Anda. Dan sebagai pelengkap, Google Chrome dilengkapi juga dengan Safe Browsing untuk menjaga keamanan ponsel Anda.

4. Opera Mini

Opera Mini

Aplikasi browser yang termasuk jajaran atas dengan pengguna lebih dari 5 juta dan telah didownload lebih dari 100 juta kali. Selain memiliki pemblokir iklan bawaan, Opera Mini juga disertai fitur unggulan yaitu fitur hemat data. Fitur ini membantu Anda untuk memantau data dan memeriksa seberapa banyak data yang telah dihemat aplikasi ini di menu pengaturan.

Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan Anda menjelajah secara pribadi, menyimpan situs favorit, menampilkan berita sesuai kategori yang dipilih, memiliki tampilan malam, dan lain sebagainya.

5. Via Browser

Via Browser

Salah satu ciri khas dan keunggulan dari aplikasi browser ini adalah ukurannya yang sangat kecil, tidak sampai 1 MB. Meskipun kurang terkenal dan masih memiliki sedikit pengguna, tetapi Via Browser sudah dilengkapi dengan fitur-fitur yang sering dibutuhkan pengguna, seperti adblock untuk memblokir iklan, memungkinkan Anda untuk menyimpan halaman web yang diinginkan untuk dibaca nanti, memberi keleluasaan untuk merancang laman Anda sendiri, dan berbagai fitur lainnya. Via Browser cocok untuk Anda yang menginginkan aplikasi yang fokus pada penjelajahan dengan tidak terlalu banyak sumber.

6. DU Browser

DU Browser

DU Browser merupakan aplikasi yang dirilis pada akhir 2012 dan saat ini telah dimiliki lebih dari 1 juta pengguna. Beberapa fitur utama diantaranya yaitu blokir iklan, navigasi cepat, mode penyamaran, hemat data, dan manajemen unduhan.

Tetapi tidak hanya itu, DU Browser juga memiliki sejumlah fungsi unik yang akan menambah kelancaran saat browsing, seperti fitur pemutaran video melayang untuk menjelajahi web sembari menonton video, memiliki MP3 player, dilengkapi dengan beranda yang informatif yang menampilkan berita terbaru dan terhangat dari berbagai situs web, gambar meme, dan lain sebagainya.

7. Web Browser & Explorer

Web Browser & Explorer

Web Browser & Explorer adalah aplikasi browser ringan yang didesain untuk ponsel maupun tablet. Meskipun ukurannya hanya sekitar 4 MB, namun dengan fitur yang dibawanya sudah mampu memberikan pengalaman browsing yang mumpuni.

Baca Juga: 10+ Aplikasi Root untuk HP Android, Cocok Sekali untuk Rooting!

Beberapa kemudahan yang diberikan yaitu tampilannya yang sederhana, browsing cepat, bookmark and history, memiliki kualitas layar HD yang smooth, proses download cepat, memungkinkan untuk membuka beberapa tabs, memungkinkan membuka beberapa jendela, multiple views, dan sejumlah fitur menarik lainnya.

8. Pheonix Browser

Pheonix Browser

Pheonix Browser adalah aplikasi browser gratis khusus Android yang memiliki fasilitas browsing yang cukup lengkap. Aplikasi ini dapat membantu Anda menyimpan situs web favorit, menambahkan situs web favorit ke pintasan, akses cepat untuk situs web populer, pemutar video terpasang untuk menonton video secara langsung tanpa keluar dari aplikasi, mode penyamaran untuk penjelajahan pribadi, mode tanpa gambar untuk mengurangi data yang dibutuhkan, mode malam ketika di ruangan gelap, pemblokir iklan, tangkapan layar, dan masih banyak lagi.

9. Samsung Internet Browser

Samsung Internet Browser

Di antara aplikasi browser lainnya, sejauh ini Samsung Internet Browser merupakan aplikasi paling berat, yang berukuran 63 MB. Meski begitu, ukurannya juga sesuai dengan fitur yang dibawa. Selain keamanan dan privasi yang dijamin dilindungi dengan adanya peringatan situs berbahaya dan blokir iklan, ada berbagai fitur lain yang disediakan.

Salah satu fungsi menarik dari aplikasi ini yaitu adanya adanya reader mode. Dengan fasilitas ini, Anda dapat membaca artikel dengan nyaman yaitu dengan cara mengkusmtomisasi jenis, ukuran, dan background dari tulisan artikel.

10. Dolphin Browser

Aplikasi Browser

Aplikasi terakhir ini juga merupakan aplikasi yang memiliki banyak pengguna, yaitu lebih dari 2 juta pengguna. Fitur andalan dari Dolphin Browser diantaranya yaitu flash player untuk menambah pengalaman bermain game dan video, blokir iklan mengganggu, melakukan penjelajahan pribadi tanpa meninggalkan riwayat apapun, personalisasi pencarian dengan berbagai mesin pencarian, proses download cepat, melakukan sinkronisasi, tema yang bisa diatur sesuai selera, dan tentunya interface yang bersih dan cepat. Ukuran aplikasinya lumayan berat yaitu 20 MB.

Nah, mungkin itu saja 10 aplikasi browser terbaik menurut kami. Silakan tentukan aplikasi terbaik dan paling menarik sesuai kebutuhan Anda.

Leave a Reply

Send this to a friend