10+ Aplikasi Root Terbaik dan Gratis untuk HP Android, Cocok Sekali untuk Rooting!

Berhubungan dengan Android, root adalah salah satu kata kunci yang paling banyak dicari. Tetapi mungkin masih banyak pengguna setia Android yang bahkan belum mengetahui apa itu root. Jadi, root adalah suatu proses untuk mengambil alih kendali atas sistem operasi Android ponsel, sehingga kita bisa memiliki akses penuh atas sistem tersebut, seperti menghapus, mengubah, menambah, dan memodifikasi.

Bagi Anda yang suka mengotak-atik ponsel Android, mungkin sudah tahu bahwa root memiliki sejumlah kelebihan dan kekurangan. Tapi tetap saja, sebagian besar dari Anda merasa tertantang untuk melakukan root karena dapat memaksimalkan kemampuan ponsel. Root dapat membuang aplikasi bawaan ponsel yang tidak terpakai, mengunduh aplikasi yang memerlukan root, mengoptimalkan kemampuan ponsel, dan masih banyak lagi.

Aplikasi Root

Sekarang ini, proses root dapat dilakukan dengan cepat dan mudah. Berbagai aplikasi root muncul menawarkan kemudahan dan kecepatan dalam prosesnya, Anda hanya perlu menginstal aplikasinya dan menjalankannya tanpa bantuan alat apapun seperti PC. Tertarik untuk mengetahui apa saja aplikasi root yang paling banyak digunakan? Simak rangkuman berikut ini.

1. KingrootAplikasi Root

Kingroot adalah salah satu aplikasi root Android yang dapat Anda jalankan hanya dengan sekali klik. Aplikasi ini telah membantu banyak orang untuk mendapatkan kontrol atas smartphone mereka dengan mudah dan secepat kilat, yang mana proses rooting hanya membutuhkan waktu sekitar 5 sampai 10 menit.

Aplikasi ini juga mendukung banyak perangkat dan kita masih bisa melakukan unroot kapanpun kita mau. Dan yang lebih menarik, selain tidak akan memboroskan baterai ponsel, Kingroot juga bebas dari iklan maupun biaya apapun.

2. Framaroot

framaroot

Framaroot merupakan aplikasi root Android yang memiliki ukuran yang kecil dan ringan, sehingga tidak akan membebani ponsel Anda. Sama dengan Kingroot, proses root menggunakan Framaroot juga hanya dengan sekali klik saja.

Baca Juga: 10+ Aplikasi Musik Terbaik untuk Android

Meskipun terdapat berbagai aplikasi root yang beredar, Framaroot disebut sebagai aplikasi yang paling banyak digunakan di Indonesia. Hal ini karena prosesnya mudah dan tidak membutuhkan bantuan PC atau dukungan alat apapun. Aplikasi ini memiliki 3 fitur utama, Superuser, SuperSU, dan Unroot.

3. Towelroot

Aplikasi Root

Salah satu aplikasi root yang menawarkan berbagai kemudahan bagi penggunanya, diantaranya yaitu melakukan root tanpa PC, hanya dengan sekali klik, dan proses root yang super cepat hanya dalam hitungan detik. Towelroot dapat digunakan untuk berbagai smartphone Android yang menggunakan versi Android 1.5-5.0, seperti Samsung, Asus Zenfone, Sony, LG, Advan, dan masih banyak lagi.

Untuk melakukan root, Anda hanya perlu klik tombol “Make it Rain”, kemudian tunggu sampai proses selesai, dan restart ponsel. Apabila aplikasi SuperSU sudah terinstal, maka itu artinya ponsel Anda berhasil di-root. Selain proses root yang cepat, proses unroot juga bekerja dengan sama cepatnya.

4. KingoRoot

Aplikasi Root

Hanya dalam satu kali ketuk saja, aplikasi ini akan otomatis melakukan root pada ponsel Android Anda tanpa harus melewati prosedur yang berbahaya. Kingoroot menjalankan proses root dengan cepat, hanya dalam beberapa menit.

Kingoroot memiliki jangkauan yang sama dengan Towelroot, yaitu hanya dapat digunakan pada Android versi 1.5-5.0. Aplikasi ini juga selalu update dan meningkatkan kemampuannya. Beberapa perangkat smartphone yang terbukti berhasil menggunakan aplikasi Kingroot diantaranya yaitu Samsung, Google, HTC, dan Sony.

5. iRoot

iroot

iRoot Android adalah aplikasi yang dikembangkan oleh tim yang sama dengan pengembang iRoot Windows. Aplikasi ini ditujukkan untuk Anda yang menginginkan proses root yang simple, mudah, dan cepat bagi perangkat smartphone maupun tablet. Tidak seperti aplikasi sebelumnya, yaitu Kingroot dan Framaroot, aplikasi ini membutuhkan koneksi internet untuk melakukan proses rooting.

Baca Juga: 10+ Aplikasi Chatting Terbaik untuk Android, Paling Populer!

Namun, Anda tidak perlu khawatir akan kehilangan data ponsel Anda, karena data Anda akan dijamin aman saat melakukan rooting menggunakan iRoot. Setelah proses root berhasil, Anda juga akan mendapatkan rekomendasi aplikasi yang dapat meningkatkan performa perangkat Anda.

6. One Click Root

oneclick root

Berbeda dengan aplikasi sebelumnya yang tidak membutuhkan bantuan alat pendukung lainnya, aplikasi One Click Root membutuhkan komputer dan kabel USB untuk melakukan proses rooting. Apabila Anda adalah orang yang masih awam, aplikasi ini cocok untuk Anda.

Melakukan rooting melalui ponsel Android tanpa memiliki pengetahuan yang cukup mungkin hanya akan berisiko terhadap ponsel itu sendiri. Terlebih, apabila sudah di-root ponsel Anda akan bebas garansi. Jadi bukankah lebih baik mencari cara yang aman? Tidak hanya aman, One Click Root juga cepat dan mudah digunakan hanya dengan sekali klik.

7. Root Master

Aplikasi Root

Root Master adalah aplikasi yang menyediakan versi Android maupun versi PC. Dan keduanya memiliki kinerja yang mudah dan cepat untuk melakukan rooting. Root Master Andorid  kompatibel untuk berbagai merk ponsel, diantaranya yaitu Motorola, Sony, dan HTC.

Pada versi awal, Root Master hanya tersedia dalam versi bahasa Mandarin, tetapi saat ini sudah tersedia dalam versi bahasa Inggris sehingga lebih universal dan mudah digunakan. Setelah berhasil melakukan proses rooting, Anda bisa mengakses berbagai fitur tambahan yang disediakan untuk Android Anda, yang tidak akan bisa diakses pada ponsel yang belum di-root.

8. 360 Root

360 root

Hampir sama dengan aplikasi root Android lainnya, aplikasi ini juga menawarkan kemudahan serupa. Aplikasi ini bekerja secara mandiri, alias tidak membutuhkan PC untuk mengunduh aplikasi ini. Meskipun secara umum menggunakan bahasa Mandarin, Anda tidak akan kesulitan untuk menjalankan aplikasi ini.

Hanya dengan menekan tombol yang bertuliskan “root”, maka aplikasi ini akan melakukan proses rooting untuk Anda. Proses selesai apabila muncul tanda centang dalam lingkaran. Kemudian restart ponsel dan Anda akan menemui aplikasi SuperSU dalam bahasa Cina di ponsel.

9. Universal Androot

universal-androot

Universi Androot adalah aplikasi yang sudah lama beredar meskipun kurang populer dibanding aplikasi lainnya. Meskipun begitu, Universal Androot dapat melakukan proses yang relatif cepat, hanya dalam hitungan detik saja. Anda juga tidak membutuhkan laptop atau PC untuk menjalankannya, cukup download di smartphone Android.

Baca Juga: 10+ Aplikasi Hacker Terbaik untuk Keperluan Hacking!

Aplikasi ini dilengkapi dengan built-in sehingga Anda masih dapat unroot kapan saja. Sayangnya, jumlah smartphone yang dapat di-root menggunakan aplikasi ini cukup terbatas, Universal Androot hanya kompatibel dengan sedikit model smartphone.

10. Z4Root

z4root-13680-1

Z4Root merupakan aplikasi yang dapat menjamin keamanan data ponsel, sehingga Anda tidak perlu khawatir kehilangan atau terjadi kerusakan data saat melakukan proses rooting. Aplikasi Z4Root disediakan secara gratis, memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi, dan akan menjalankan proses hanya dalam beberapa menit saja.

Di sini juga disediakan pilihan untuk menghapus chace dari aplikasi yang digunakan. Aplikasi ini dapat bekerja dengan baik pada sistem operasi Android versi 2.0 sampai 6.0. Dan apabila Anda ingin unroot pun prosesnya hanya dengan sekali klik saja.

Nah, mungkin itulah sepuluh aplikasi root yang dapat Anda coba. Meskipun menawarkan banyak keuntungan, tetapi jangan asal mencoba melakukan root karena justru hanya akan merugikan apabila Anda belum cukup berpengalaman.

2 Comments

Leave a Reply

Send this to a friend