2 Cara Menghapus Cache di Android Secara Manual, Tanpa Menggunakan Aplikasi Apapun!

Para pengguna handphone tentu sudah tidak asing lagi dengan cache, bukan? Anda bisa menemukan kata cache pada menu “Pengaturan” di handphone Anda. Meskipun, beberapa pengguna handphone tidak asing dengan cache tapi masih banyak yang tidak mengetahui apa itu cache ataupun kegunaannya.

Karena ketidaktahuan mengenai cache, kebanyakan pengguna handphone mengabaikannya dan tidak menghapusnya karena takut melakukan kesalahan atau menganggap cache tidak perlu dihapus. Padahal, jika cache Anda sudah banyak menumpuk, Anda harus menghapusnya.

Nah, sekarang pertanyaannya adalah apa itu cache?

Cache merupakan komponen penyimpanan data sementara dimana data tersebut dapat dengan mudah diakses oleh CPU atau processor sehingga perintah yang akan dijalankan dapat dilakukan dengan lebih cepat. Dengan kata lain, cache membantu memperkecil waktu pemrosesan informasi data atau mempercepat kinerja perangkat saat membuka atau menjalankan suatu aplikasi sebagai contoh aplikasi yang Anda buka sebelumnya akan lebih cepat dijalankan karena datanya tersimpan di cache.

2 Cara Menghapus Cache di Android

Dengan banyaknya aplikasi yang dibuka dan dijalankan tentu meningkatkan jumlah cache yang menumpuk pada memori sehingga mengakibatkan perangkat Anda menjadi semakin lemot dan berat. Saya yakin beberapa dari Anda pernah mengalami handphone yang lemot maka dari itu cobalah untuk menghapus cache Anda. Bagaimana cara menghapus cache di android anda? Yukk simak penjelasan dibawah ini.

#1 Cara Menghapus Cache pada Aplikasi Tertentu

Jika Anda tidak ingin menghapus cache pada semua aplikasi pada handphone Anda, Anda masih dapat menghapus cache pada aplikasi tertentu seperti LINE, Chrome atau yang lainnya. Bagaimana caranya? Berikut dibawah ini langkah-langkah menghapus cache pada aplikasi tertentu.

1. Buka menu Settings pada handphone Anda.

cara menghapus cache di android

2. Pilih menu Apps seperti yang ditunjuk oleh panah merah pada gambar dibawah ini.

apps

3. Pilih aplikasi yang akan Anda hapus cache-nya. Sebagai contoh, disini saya memilih aplikasi WEBTOON.

cara menghapus cache di android tanpa aplikasi

4. Kemudian akan muncul tampilan seperti pada gambar dibawah ini lalu pada bagian CACHE, klik tombol Clear cache. 

clear cache

6. Nah, sekarang cache pada WEBTOON sudah dihapus. Hasilnya dapat Anda lihat pada gambar dibawah ini (ditandai dengan kotak merah).

result

#2 Cara Menghapus Cache pada Semua Aplikasi

Jika Anda tidak ingin repot-repot menghapus cache setiap aplikasi, Anda dapat menghapus cache pada semua aplikasi di handphone Anda sekaligus. Caranya sangat mudah dan sederhana. Bagaimana caranya? Berikut dibawah ini langkah-langkah menghapus cache pada semua aplikasi.

1. Buka menu Settings pada handphone Anda.

clear cache android samsung

2. Pilih menu Storage seperti yang ditunjuk oleh panah merah pada gambar dibawah ini.

storage

4. Maka akan muncul tampilan seperti pada gambar dibawah ini. Scroll layar handphone Anda hingga Anda menemukan Catched Data seperti yang ditandai pada kotak merah pada gambar. Klik Catched Data.

cache cache di android

5. Akan tampil pop-up konfirmasi penghapusan catche seperti pada gambar dibawah ini. Lalu, klik OK untuk menghapus cache.

delete cache

6. Sekarang, cache pada semua aplikasi Anda sudah berhasil dihapus.

Perlu Anda ketahui bahwa cache dengan data yang semakin membesar bisa membuat baterai menjadi lebih boros jadi dengan menghapusnya akan menghemat penggunaan baterai handphone Anda. Selain itu, menghapus cache di handphone juga akan memperlambat proses loading atau membuka dan menutup aplikasi di handphone. Kenapa? karena proses loading seluruh file yang diperlukan pada aplikasi tersebut akan dimulai dari awal kembali. Tapi jika Anda tidak menghapus cache, maka proses loading akan lebih cepat karena yang diakses adalah file cache-nya.

Baiklah, sekian pembahasan tentang cara menghapus cache di android. Semoga artikel diatas bermanfaat dan selamat mencoba. Terima kasih!

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

Leave a Reply

Send this to a friend