10+ Aplikasi Stem Gitar Terbaik dan Gratis untuk HP Android Anda

Mengatur nada senar gitar merupakan hal utama yang perlu dilakukan sebelum memainkan gitar. Tanpa penyeteman terlebih dahulu, tentu kunci yang dimainkan tidak akan sesuai dan lagu yang dinyanyikan akan terdengar false. Namun, tidak semua orang memiliki kepekaan untuk mengatur nada senar, terutama pemula yang baru saja belajar kunci.

Nada gitar yang sering berubah-ubah mungkin membuat frustasi dan jadi malas belajar. Namun kini, pemain gitar tidak perlu bingung lagi. Karena saat ini tersedia banyak sekali aplikasi stem gitar yang mampu membantu menyetel senar gitar dengan instan.

Aplikasi Stem Gitar

Aplikasi-aplikasi ini bisa Anda dapatkan secara gratis di ponsel Android. Cara penyeteman pun cukup mudah. Anda hanya perlu memetik senar gitar dan aplikasi akan mendeteksi apakah nada sudah benar atau belum.

1. GuitarTuna

GuitarTuna

GuitarTuna adalah salah satu aplikasi stem gitar yang paling populer dan sudah didownload lebih dari 20 juta kali. Aplikasi ini tidak hanya dapat digunakan untuk mengatur nada gitar, tetapi juga beberapa instrumen lainnya seperti bass dan ukulele. GuitarTuna memiliki tampilan yang sederhana sehingga easy to use. Akurasi penyeteman pun sangat tinggi meskipun situasi sekitar cukup bising.

Baca Juga: 10+ Aplikasi Kamera Terbaik untuk HP Android

Selain itu, GuitarTuna juga dapat bekerja pada gitar elektrik dan akustik. Aplikasi ini dilengkapi game seru untuk belajar chord bagi pemula. Dan untuk advanced, aplikasi ini juga menyediakan fitur yang cukup profesional seperti metronome, chord library, dan berbagai fitur lainnya.

2. BOSS Tuner

aplikasi stem gitar

Sama seperti GuitarTuna, aplikasi BOSS Tuner juga dapat bekerja untuk berbagai jenis instrumen, diantaranya adalah gitar, bass, biola, cello, kuningan, dan lain sebagainya. Tampilannya sangat familiar sehingga kita akan mudah mengenali setiap fungsi menunya.

Selain berfungsi untuk melakukan penyeteman instrumen musik, BOSS Tuner juga menyediakan fasilitas lain, misalnya layar horizontal untuk memperbesar tampilan meter. Ukuran aplikasinya pun cukup ringan, tidak sampai 5 MB dan bisa didownload secara gratis di ponsel Android Anda.

3. Chromatic Guitar Tuner

Screenshot_2018-08-25-16-27-12-1

Aplikasi ini memiliki tampilan yang dirancang seperti gitar fisik sehingga Anda akan mudah mengenali fungsi setiap menunya. Chromatic Guitar Tuner dapat bekerja secara otomatis. Ketika Anda petik senar, aplikasi dapat mendeteksi senar mana yang Anda petik dan mengoreksi apakah nada sudah tepat atau belum.

Apabila nada sudah sesuai, maka jarum akan berada di angka nol atau muncul tanda centang. Aplikasi ini ideal digunakan untuk berbagai jenis gitar, bass, maupun string. Meski demikian, Chromatic Guitar Tuner juga dapat digunakan untuk menyetel instrumen piano, mandolin, sitar, dan masih banyak lagi.

4. Guitar Tuner By UX Apps

Guitar Tuner By UX Apps

Aplikasi stem gitar yang didominasi warna merah ini hanya memiliki satu tampilan muka utama. Sangat sederhana dan desainnya juga simpel. Ukurannya yang kecil sebanding dengan fitur yang ditawarkan. Aplikasi ini sepertinya dirancang hanya untuk kebutuhan penyeteman.

Di bagian ujung kanan bawah terdapat gambar rekaman untuk memberi opsi penyeteman otomatis atau manual. Apabila otomatis, Anda hanya perlu memetik senar dan mengaturnya sampai muncul warna hijau. Sedangkan manual dapat dipilih apabila Anda ingin mendengar bagaimana nada yang seharusnya.

5. Best Guitar Tuner

Best Guitar Tuner

Sebuah aplikasi tuner yang dirancang oleh musisi profesional dan telah diuji akurasinya. Memiliki presisi yang tepat dan cocok untuk membantu penyeteman baik untuk beginners maupun yang sudah advanced. Ada tiga mode dalam aplikasi Best Guitar Tuner, yaitu auto, manual, dan putar.

Auto dapat digunakan apabila Anda menginginkan penyetelan secara otomatis. Mode manual bekerja dengan cara memilih suara yang akan disetel. Dan mode putar apabila Anda ingin aplikasi menghasilkan suara dengan frekuensi tertentu.

6. Da Tuner

aplikasi stem gitar

Aplikasi stem gitar yang cukup sensitif untuk mengoreksi nada senar gitar. Aplikasi ini dapat mendukung berbagai instrumen seperti ukulele, biola, bass, piano, saxophone, harmonika, dan bahkan harpa. Da Tuner diklaim sebagai aplikasi yang cepat, akurat, dan akan membantu mengatur frekuensi dasar dan mengoreksi kesalahan sekecil mungkin.

Baca Juga: 10+ Aplikasi Desain Baju untuk Android, Desain Baju Tanpa Ribet!

Hanya saja, mungkin akan muncul banyak iklan mengganggu saat menjalankan aplikasi ini. Agar dapat  nyaman menggunakan, Anda dapat membeli versi premiumnya sebesar 1,99 USD.

7. Fender Tune

Fender Tune

Fender Tune memiliki 22 tune berbeda untuk berbagai jenis instrumen, seperti gitar akustik, bass, ukulele, dan gitar elektrik. Hal yang menonjol dari aplikasi ini yaitu algortitma DSP  yang meningkatkan kepekaan nada sehingga penyeteman menjadi lebih cepat dan akurat.

Fender tune juga dilengkapi dengan mode otomatis, manual, dan chromatic untuk memberi kemudahan kita dalam melakukan penyeteman. Di sini Anda juga dapat menciptakan tuning custom sendiri untuk disimpan di profil pribadi sehingga dapat diakses dengan mudah. Ada juga ilustrasi bergambar dan video bagi pemula untuk belajar hal-hal dasar.

8. gString

gString

Saat membuka aplikasi, layar akan langsung muncul tampilan seperti speedometer untuk menganalisis nada. Anda hanya cukup memetik satu-persatu senar gitar, apabila nada sudah sesuai, maka jarum pengukur nada akan berhenti di tengah dan di bagian bawah akan muncul lingkaran berwarna orange.

Selain gitar, gString juga mendukung alat musik lainnya, seperti bass, selo, piano, biola, dan juga berbagai alat musik tiup. Aplikasi ini dapat digunakan pada Android versi 1.5 ke atas dan memiliki ukuran file yang relatif kecil.

9. Pano Tuner

aplikasi stem gitar

Aplikasi tuner kromatik yang dapat menyetel berbagai instrumen secara akurat, meskipun hal ini masih tergantung spesifikasi mikrofon ponsel. Aplikasi stem gitar ini sangat sensitif sehingga respon yang diberikan cepat.  Bisa digunakan dengan baik untuk berbagai instrumen, seperti gitar akustik, gitar elektrik, piano, bass, biola, dan trompet.

Baca Juga: 10+ Aplikasi untuk Convert JPG ke PDF yang Paling Bagus

Pano Tuner akan mendengarkan nada yang Anda buat dan akan menampilkan pitch-nya sehingga dapat merepresentasikan keakuratan nada yang sedang disetel. Aplikasi ini juga memiliki jangkauan yang luas, dapat menyetem 88 kunci piano.

10. Pro Guitar Tuner

aplikasi stem gitar

Pro Guitar Tuner adalah aplikasi yang dikembangkan oleh tim pengembang salah satu tuner gitar online, yaitu ProGuitar. Aplikasi ini mampu menganalisis suara baik secara langsung, headset, klip gitar, atau mikrofon eksternal lainnya.

Pro Guitar Tuner mengklaim dirinya telah banyak digunakan oleh musisi profesional, bengkel gitar, bahkan pembuat gitar. Dan fungsi aplikasi ini juga tidak sebatas itu saja, dengan Pro Guitar Tuner Anda juga dapat menyetel berbagai instrumen, seperti ukulele, mandolin, balaika, biola, bass, dan masih banyak lagi.

Dengan aplikasi stem gitar di atas, Anda dapat menyetel gitar kapan saja dan dimana saja. Tidak ada lagi menunda-nunda belajar gitar gegara tidak bisa menyetelnya. Aplikasi-aplikasi tersebut akan membuat kegiatan belajar gitar semakin lancar dengan fitur pendukung yang ditawarkan.

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

Leave a Reply

Send this to a friend