• Our Partners:

5 Teknologi Canggih di Film yang Ada di Dunia Nyata, Sudah Tahu?

Akhir-akhir ini banyak sekali film-film yang menyajikan tema tentang teknologi canggih yang membuat kita berdecak kagum. Sebut saja seperti film-film karya Marvel seperti Avengers, Thor, Captain America, Iron Man, dan lain-lain. Film tersebut menceritakan superhero yang memiliki kemampuan luar biasa dari teknologi canggih yang dibuatnya.

Tidak hanya Marvel, film yang berjudul Star Wars yang disutradarai oleh George Lucas ini pun juga banyak menyita perhatian penonton yang sangat menggemari film bergenre science-fiction. Star wars juga memiliki beberapa teknologi canggih yang tanpa kita sadari sudah ada di dunia nyata.

Pertanyaannya, apakah teknologi-teknologi canggih tersebut memungkinkan untuk diciptakan manusia saat ini? Jawabannya tentu saja. Bahkan tanpa kita sadari sudah ada yang kita gunakan sekarang lho.

1. Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan)

Jarvis

Image : Quora

Kecerdasan buatan selalu menjadi daya tarik dalam beberapa film superhero. Contohnya saja seperti di film Avengers, didalam film ini Kecerdasan buatan tersebut biasa disebut dengan J.A.R.V.I.S.  Jarvis adalah kepala pelayan The Avengers yang setia. Dalam film Iron Man, J.A.R.V.I.S yang membantu Stark untuk melaksanakan misi pekerjaan superhero tersebut. J.A.R.V.I.S. merupakan singkatan dari Just a Rather Very Intelligent System (Hanya sebuah sistem yang sangat cerdas).

Sekarang kita sudah bisa merasakan kehebatan sistem ini dengan smartphone secara gratis, yaitu dengan menggunakan Google Assistant. Layaknya J.A.R.V.I.S, Google Assistant pun bisa membantu kita melakukan kegiatan sehari-hari hanya dengan cara menyebut ‘Hay Google’ lalu kamu pun bisa meminta google untuk mencari apa yang kamu cari.

Tidak perlu keyboard untuk mengetik dan bisa menghemat waktu ketika kamu dalam waktu yang mendesak. Gimana? Kamu sudah merasa seperti Tony Stark ketika menggunakan Google Assistant, belum?

2. Hologram

Hologram

Image : mirror.co.uk

Secara umum, hologram merupakan sebuah proses penampilan gambar yang terbentuk akibat terbentuknya pola pencampuran sinar ketika dua sinar laser bertumbuk pada satu permukaan holograf.

Salah satu dari sinar tersebut dinamakan Reference Beam yaitu sinar yang tidak memantul pada objek, sedangkan sinar yang lain disebut Object Bea karena memantul dan mengenai objek. Teknologi hologram juga diterapkan pada beberapa acara di televisi, itu membuktikan bahwasanya kecanggihan teknologi saat ini sangat berpengaruh untuk memikat penonton karena terlihat unik.

Hologram juga muncul pada film avengers dan star wars. Dan sekarang kita sudah bisa melihat kecanggihan teknologi ini di televisi seperti pada acara yang menyajikan berita, entertaiment, dan lain-lain.

3. Lengan Bionic

Lengan bionic

Image : elsemanario.com

Jika kamu penggemar berat Star Wars, pasti kamu tahu kalau Luke dan ayahnya kehilangan tangan mereka dan diganti dengan anggota badan bionik yang berfungsi normal. Dan akhirnya Luke dan ayahnya berhasil mengalahkan musuh dengan menggunakan tangan mereka.

Mungkin menurut kita teknologi ini cuma ada di film-film saja, tetapi para insinyur biomedis menciptakan alat ini menjadi nyata. Insinyur Biomedis ini telah merancang anggota tubuh untuk memberikan kemampuan bergerak. Lengan bionik ini dapat digunakan untuk membantu mereka yang kehilangan lengan dan mendapatkan pengganti yang dapat melakukan beberapa fungsi yang berbeda, seperti menggunakan kunci dan resleting.

Lengan bionik ini digerakkan oleh sinyal tubuh penggunanya sehingga bisa dikatakan bisa menggantikan sebagian dari “fungsi lengan” asli karena bisa membaca sinyal “perintah” yang dikirim oleh otak. Kecanggihan teknologi ini terbukti dapat membantu banyak orang dan sudah bisa untuk dijual secara komersial karena sudah di setujui oleh FDA (lembaga makanan dan obat di Amerika).

4. Mobil Terbang

Mobil terbang

Image : auto.oe24.at

Jika kamu pernah menonton film yang berjudul Blade Runner yang dirilis 1982, kamu pasti pernah melihat mobil terbang yang muncul di film ini. Pemeran utamanya adalah Harrison Ford yang berperan sebagai Rick Deckard, seorang Blade Runner detektif yang bertugas melacak manusia kloning.

Gambaran teknologi mobil terbang dan sebuah mesin Voight-Kampff yang digunakan untuk mengungkap sisi emosional manusia asli dan manusia kloning adalah beberapa diantaranya. Sekarang, mobil terbang ini tengah diproduksi melalui perusahaan perintis Slovakia,  AeroMobil. Dinilai dari desain interior dan eksterior mobil ini sangatlah canggih. Mobil terbang ini juga ikut serta dalam ajang pamer otomotif  di Jerman. Dalam pengerjaannya mobil ini sudah melakukan perbaikan sampai dengan seri 4.0. artinya mobil terbang ini adalah mobil terbang teranyar saat ini.

Dari versi 3.0, tenaga yang dihasilkan 100 hp atau 74 kilowatt dengan kecepatan tertinggi 124 mil perjam di udara dan 160 km perjam di jalan. Konsumsi bahan bakar, sebanyak 35,3 mil per galon (delapan liter/100 km) di jalan, sedangkan, 4 galon per jam (15 liter perjam di udara).  Kemudian, ada sabuk pengaman dengan teknologi pyrotecnic, airbag ganda, hingga parasut darurat. Mobil terbang ini rumornya dibanderol dengan harga 1,5 juta dollar dan diperkirakan sudah bisa mengudara pada 2020 mendatang.

Semakin tidak sabar dengan inovasi mobil terbang super canggih ini, kan?

5. Baju Terbang ala Iron Man

Baju iron man

Image : Nulis.id

 

Seperti di film Iron man, Tony Stark dapat terbang dengan bebas menggunakan kostum berteknologi canggih yang ia rancang sendiri untuk dipakainya sebagai senjata pertahanan diri. Banyak yang bisa ia lakukan dengan kostum tersebut, salah satunya yaitu terbang. Berkat kekagumannya dengan Iron Man, pria berumur 39 tahun yang bernama Richard Browning ini menciptakan kostum khusus yang dapat membuatnya terbang bebas layaknya Iron Man yang ada pada film.

Ia menciptakan jet mini yang ia letakkan di punggungnya, sementara jet yang berukuran lebih kecil yang bertugas sebagai stabilisator ia letakkan di bagian tangan dan kaki. dan dalam percobaan pertamanya, kostum ini dapat menerbangkannya dalam setinggi setengah meter. Alat ini dinamai sebagai Daedalus, dan proyek Browning ini juga disponsori oleh RS Components (salah satu suplier peralatan dan komponen mekanik global. Gimana? Kamu tertarik untuk mencoba kostum seperti ini?

Dengan kecanggihan alat-alat diatas, itu memungkinkan untuk manusia terus berkembang dan membuat teknologi yang dapat membantu semua orang. Dan berkat teknologi, segala sesuatu dapat di lakukan dengan mudah dan efisien. Teknologi dapat merubah dunia dengan lebih baik lagi.

Leave a Reply

Send this to a friend