Bagaimana Cara Mengecek Registrasi Kartu 3 (Tri) Berhasil atau Tidak? Begini Caranya!

Pertumbuhan teknologi kini semakin pesat saja. Hal ini tak terkecuali juga terjadi di negara kita, Indonesia. Semakin banyak perangkat keras maupun perangkat lunak hasil inovasi dari teknologi yang dapat kita manfaatkan fungsinya. Salah satunya yang paling banyak digunakan adalah inovasi teknologi di bidang komunikasi yang kita sebut sebagai smartphone. Di masa kini, mungkin kita akan lebih susah menemukan orang yang membaca buku ketimbang orang yang membaca Whatsapp di smartphonenya masing-masing.

Meski memiliki banyak hotspot yang menyediakan Wifi, namun tak bisa dipungkiri jumlah hotspot itu dirasa masih sangat kurang sehingga sebagian besar masyarakat Indonesia pengguna smartphone masih bergantung pada besaran pulsa maupun kuota data yang tersedia pada kartu seluler mereka. Besarnya pengguna smartphone ini tentunya berbanding lurus dengan penggunaan kartu seluler atau yang sering disebut dengan kartu SIM.

Masifnya penggunaan kartu SIM inilah yang dikhawatirkan pemerintah rawan akan tindak kejahatan siber. Untuk mencegah dan sekaligus juga membantu apparat keamanan mengidentifikasi para penjahat siber inilah pemerintah kemudian mencanangkan gerakan pendaftaran kartu SIM. Untuk mendaftarkan kartu SIM, pemerintah mengajak operator seluler untuk menyediakan wadah bagi para pengguna untuk mendaftarkan kartu SIMnya.

Cara Mengecek Registrasi Kartu 3 (Tri)

Namun bagaimana jika anda merasa sudah mendaftarkan kartu SIM namun masih ragu? Ini bukanlah hal yang sepele, karena pemerintah mengumumkan akan memblokir kartu SIM yang tidak terdaftar. Karena itulah penting bagi anda untuk memastikan kartu SIM anda telah terdaftar. Kali ini kami akan menuliskan cara mengecek registrasi kartu 3 (Tri) anda telah diregistrasi atau belum. Selengkapnya mengenai cara mengecek registrasi kartu 3 (Tri) bisa anda simak dibawah ini.

1. Pertama-tama pastikan kartu SIM operator seluler 3 anda telah terpasang dan dapat digunakan dengan normal di smartphone anda.

2. Kemudian buka smartphone dan pada menu aplikasi, pilih aplikasi Messages.

cara mengecek registrasi kartu 3

3. Silakan tunggu sampai aplikasi Messages terbuka dengan sempurna. Setelah halaman utama terbuka, silakan klik tanda atau ikon tambah yang berarti anda akan membuat satu pesan atau SMS baru.

cara mengecek registrasi kartu 3

4. Selanjutnya anda akan diarahkan pada halaman di mana anda harus menginputkan nomor tujuan SMS akan dikirimkan. Silakan ketikkan 4444 pada layar smartphone anda seperti gambar di bawah ini. Lalu lanjutkan dengan klik Send to 4444.

003a

5. Kemudian anda akan diarahkan pada halaman pesan. Pada body pesan atau SMS silakan ketikkan STATUS, lalu klik tanda Send atau Kirim.

cara mengecek registrasi kartu 3 (Tri)

6. Silakan tunggu beberapa saat hingga akhirnya anda akan mendapatkan SMS balasan seperti yang tertera di gambar di bawah ini. Jika anda menerima balasan seperti di bawah ini, maka kami ucapkan selamat, berarti nomor kartu 3 anda telah berhasil terdaftar di database operator seluler 3 yang nantinya akan diteruskan ke pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informasi.

cara cek registrasi kartu 3

Pendaftaran kartu SIM ini tak lain memang ditujukan untuk melindungi masyarakat sendiri agar data dan masing masing pribadi dapat beraktivitas dengan lebih aman dan nyaman dalam menggunakan smartphone. Hal ini tak lepas dari tujuan pemerintah yang memang ingin lebih serius memberantas kejahatan siber yang kini memang semakin marak terjadi di negara kita tercinta Indonesia ini.

Demikianlah tutorial sederhana mengenai cara mengecek registrasi kartu 3 (Tri) apakah telah teregistrasi atau belum. Semoga tulisan sederhana ini dapat membantu anda dalam mengecek pendaftaran kartu SIM operator seluler terutama untuk operator seluler 3 (Tri).

 

Ada pertanyaan atau komentar?

Send this to a friend