2 Cara Membuat Tulisan Terbalik Di Whatsapp Secara Offline dan Online

Siapa yang tidak kenal dengan aplikasi chat terpopuler satu ini? WhatsApp terus melambung karena memberikan inovasi dalam menawarkan fitur-fitur baru. Aplikasi pesan instan yang telah dipersunting oleh Facebook ini tidak hanya dapat digunakan oleh pribadi atau kelompok saja melainkan juga bermanfaat bagi pengguna bisnis yang tentunya sangat menguntungkan bagi penggunanya.

Sekarang, tidak jarang kita akan menjumpai pesan-pesan berupa teks yang didukung dengan variasi tulisan yang dapat memberikan fungsi terhadap informasi penting atau hanya sekadar hiburan semata.

Beberapa waktu lalu, WhatsApp telah memberikan fitur yang dapat digunakan oleh penggunanya untuk dapat membuat teks tulisan menjadi tebal, miring dan coret. Untuk dapat membuat variasi tulisan tersebut, kita hanya perlu menggunakan kode atau karakter khusus saja di awal dan di akhir tulisan, seperti karakter *, _, dan ~.

Namun, berbeda kasus jika ingin membuat tulisan terbalik. WhatsApp tidak menyediakan kode atau karakter khusus sehingga dibutuhkan aplikasi pihak ketiga pada perangkat WhatsApp Anda. Lalu bagaimana cara membuat tulisan terbalik di WhatsApp? Simak penjelasan di bawah ini.

2 Cara Membuat Tulisan Terbalik Di Whatsapp

Jika Anda pernah melihat rekan Anda mengirim pesan berupa teks dengan variasi tulisan yang tidak biasa, mungkin akan terlihat menarik atau tidak membosankan bagi Anda atau malah membuat Anda jadi geleng-geleng kepala sehingga rasa ingin tahu untuk mencoba menjadi lebih besar.

Walaupun fungsi atau kegunaan dari membuat tulisan terbalik ini masih membuat Anda tidak habis pikir, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba membuat tulisan terbalik di WhatsApp. Berikut merupakan 2 cara untuk membuat tulisan terbalik di WhatsApp secara offline (aplikasi) maupun online (website).

A. Membuat Tulisan Terbalik Secara Online

Seperti judulnya yaitu membuat tulisan terbalik secara online, maka diperlukan sebuah koneksi internet sehingga dapat terhubung ke website yang dimaksud.

1. Buka browser di perangkat Anda > lalu klik link berikut ini : http://www.upsidedowntext.com

2. Selanjutnya silakan masukkan teks tulisan yang ingin dibuat menjadi terbalik pada area yang diberi tanda panah merah, maka di bawahnya akan langsung otomatis menampilkan hasilnya berupa tulisan terbalik. Anda juga dapat mengatur efek tulisan pada bagian Text Effect yang berada tepat di bawahnya. Anda dapat menghapus ceklis jika tidak sesusi dengan keinginan.

Cara Membuat Tulisan Terbalik

3. Kemudian copy atau salin tulisan yang sudah terbalik pada kolom hasil.

langkah 3 - copy

4. Selanjutnya buka aplikasi WhatsApp > lalu buka kontak yang ingin Anda kirim pesan tersebut > lalu paste/tempel teks yang telah disalin sebelumnya.

Cara Membuat Tulisan Terbalik

5. Setelah teks sudah tersalin, silakan tekan tombol send atau kirim.

langkah 5 - kirim

6. Maka tulisan terbalik telah terkirim ke kontak WhatsApp Anda.

Cara Membuat Tulisan Terbalik di whatsapp

B. Membuat Tulisan Terbalik Secara Offline

Pada cara kedua ini, saya menggunakan aplikasi tambahan yaitu Upside Down (Flip Text) yang di-download dari playstore. Selain sangat ringan di perangkat, aplikasi ini ternyata sangat mudah digunakan. Walaupun user interface-nya sangat sederhana, namun aplikasi ini sangat cocok digunakan karena tidak membutuhkan langkah-langkah yang rumit.

1. Download dan install aplikasi Upside Down (Flip Text) di Playstore.

1 - install aplikasi

2. Buka aplikasi tersebut > lalu ketik tulisan yang ingin Anda buat terbalik pada area yang diberi tanda panah merah, maka akan langsung otomatis menampilkan hasilnya berupa tulisan terbalik.

2 - ketik tulisan

3. Kemudian pilih copy atau salin.

Cara Membuat Tulisan Terbalik di whatsapp dengan aplikasi

4. Selanjutnya buka aplikasi WhatsApp > lalu buka kontak yang ingin Anda kirim pesan tersebut > lalu paste/tempel teks yang telah disalin sebelumnya.

4 - paste

5. Setelah teks sudah tersalin, silakan tekan tombol send atau kirim.

5 - kirim

6. Maka tulisan terbalik telah terkirim ke kontak WhatsApp Anda.

6 - berhasil

Mudah bukan cara membuat tulisan terbalik di WhatsApp? Aplikasi WhatsApp tidak lagi hanya digunakan sebagai chat atau berkomunikasi semata saja. Kini, fungsinya sudah sedikit bertambah sebagai pengguna yang ingin menjadikan WhatsApp sebagai ladang bisnis.

Sehingga, berbagai cara untuk membuat orang lain tertarik terhadap tulisan yang dikirimkan akan dilakukan. Salah satunya yaitu membuat tulisan terbalik. Sayangnya, untuk dapat membuat tulisan terbalik, dibutuhkan aplikasi pihak ketiga atau aplikasi tambahan. Oleh karena itu, saya merekomendasikan 2 cara di atas karena dirasa cukup mudah digunakan dan ringan untuk perangkat.

Sekian artikel mengenai cara membuat tulisan terbalik di WhatsApp. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Tetap kunjungi Nesabamedia untuk mendapatkan informasi menarik dan terbaru. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Leave a Reply

Send this to a friend