• Our Partners:

Cara Mengetahui NISN Secara Online

Begini Cara Mengetahui NISN Secara Online dengan Mudah

NISN atau singkatan dari Nomor Induk Siswa Nasional saat ini telah dikelola oleh Pusat Data dan Statistik Kementrian Pendidikan Nasional yang ada pada bagian dari program Data Pokok Pendidikan atau Dapodik.

Seperti yang sudah Anda ketahui, NISN atau Nomor Induk Siswa Nasional maupun Data Siswa dapat kita cari dan kita lihat melalui Internet. Mencari NISN secara online ini juga berguna agar para siswa bisa melihat seara langsung apakah NISN dan identitas mereka sudah benar dengan kebenaran data yang ada atau belum.

Apabila seorang siswa telah mengetahui NISN yang sudah diberikan oleh pihak sekolah, maka siswa tersebut dapat melihat secara langsung data mereka yang terdapat pada pusat Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Cara Mengetahui NISN Secara Online

Tetapi apabila seorang siswa ingin mencari tahu NISN mereka karena mereka lupa dan dengan segera ingin mengetahui NISN tersebut karena suatu hal, maka siswa tersebut dapat menggunakan cara ini untuk mengetahui NISN-nya.

Karena cara mengetahui NISN secara online sangat mudah dilakukan. Untuk mengetahui NISN secara online, siswa tersebut harus menginput dara siswa dengan benar serta lengkap di situs Kemdikbud. Berikut adalah cara melihat NISN secara Online.

1. Langkah pertama untuk mencari NISN secara Online yaitu dengan cara masuk ke website NISN yang diluncurkan oleh Kemdikbud. berikut link untuk mencari NISN https://referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn/index.php/Cindex/formcaribynama . Dibawah ini merupakan tampilan halaman utama untuk mencari NISN.

cara mengetahui NISN secara online

2. Selanjutnya Anda harus mengisi Nama lengkap, tempat lahir, tanggal lahir, Nama ibu, dan mengetikkan kode captcha secara lengkap dan benar. Setelah itu maka klik Cari Data. Disini saya mencoba memasukkan data pribadi saya. Dan dapat Anda lihat pada sisi sebelah kiri hasil pencarian nama untuk mencari NISN saya telah berhasil dicari. Kelengkapan data yang diterima yaitu NISN, nama lengkap, tempat lahir, tanggal lahir, jenis kelamin, dan status aktif. Dibawah biodata tersebut terlihat sebuah barcode.

cara mengetahui NISN secara online

Penyebab NISN Tidak Ditemukan

Sistem pengelolaan Nomor Induk Siswa yang secara Nasional juga dilayani oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. NISN ini juga telah menerapkan suatu komputerisasi yang telah terpusat serta dapat diakses secara online oleh sejumlah masyarakat dan sudah disinkronkan dengan aplikasi Dapodik.

NISN merupakan sebuah kode pengenal identitas para siswa dan siswi yang memiliki sifat standar, unik dan berlaku untuk sepanjang masa. NISN ini juga menjadi pembeda antara satu siswa dengan siswa yang lainnya diseluruh sekolah yang ada di Indonesia dan seluruh sekolah Indonesia yang berada di luar negeri.

NISN juga telah diberikan kepada tiap peserta didik yang bersekolah pada satuan pendidikan yang juga mempunyai NPSN serta telah terdaftar pada Referensi Kemendikbud. Ada beberapa alasan atau penyebab mengapa NISN tidak ditemukan, dan berikut adalah penjelasan mengapa NISN tidak ditemukan secara online.

  1. Data siswa tersebut belum diajukan oleh pihak sekolah
  2. Proses penginputan data siswa masih berlangsung
  3. Terdapat kesalahan pada saat memasukkan data sehingga dapat mengakibatkan ketidakcocokan pada data yang ada diweb dengan data siswa yang asli.

Oleh karena itu, untuk mengatasi hal tersebut Anda dapat mengecek dan mengkonsultasikan permasalahan tersebut kepada pihak sekolah. Apabila cara tersebut tidak membuahkan hasil, maka cara lainnya yaitu Anda bisa menghubungi Call Center Kemdikbud. berikut nomor Call Center Kemdikbud yang dapat Anda hubungi :

  1. (021) 57905777
  2. (021) 57904804
  3. (021) 5703303

Demikianlah artikel yang menjelaskan mengenai cara mengetahui atau mencari NISN secara online dan beberapa penyebab NISN tidak ditemukan. Semoga artikel ini dapat memberikan Anda referensi.

Leave a Reply