• Our Partners:

perbedaan ram dan rom

Perbedaan RAM dan ROM di Android yang Perlu Diketahui

Pernahkah Anda membaca artikel atau menonton video tentang review HP Android? Jika pernah, pasti Anda sudah tidak asing lagi mendengar yang namanya RAM dan ROM, bukan? RAM dan ROM hampir sering disebutkan saat melakukan review HP Android.

Apakah RAM dan ROM merupakan sesuatu yang sama? Jelas tidak. RAM dan ROM merupakan dua jenis komponen yang berbeda.  RAM dan ROM harus selalu ada dan berdampingan.

Tanpa adanya RAM dan ROM, sebuah HP tidak akan bisa berjalan sama sekali, secanggih apapun HP tersebut jika tidak ada RAM dan ROM tidak akan berjalan. RAM dan ROM juga menjadi salah satu faktor dalam menilai performa HP.

Perbedaan RAM dan ROM di Android

RAM dan ROM sering kali terdengar baik itu pada hp Android ataupun laptop. RAM dan ROM adalah hal yang berbeda, tapi masih banyak orang yang tidak mengetahui bahwa hal tersebut adalah dua jenis komponen yang berbeda.

Jika dilihat sekilas dari namanya, perbedaan RAM dan ROM sudah terlihat. RAM singkatan dari Random Access Memory, sedangkan ROM singkatan dari Read Only Memory.

Namun, tidak hanya itu saja perbedaan dari keduanya. Maka dari itu, artikel kali ini akan membahas tentang perbedaan dari RAM dan ROM di Android.

Pengertian RAM di Hp Android

Perbedaan RAM dan ROM di Android

RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory. Pengertian RAM adalah perangkat memori yang memiliki fungsi untuk menyimpan data perintah dari sistem atau aplikasi secara sementara. RAM juga memiliki fungsi untuk menyimpan data dari aplikasi saat aplikasi sedang berjalan. Aplikasi dan sistem bisa berjalan lancar dan dapat merespon perintah pengguna dengan cepat karena dibantu dengan adanya RAM.

RAM yang ada HP Android termasuk memori yang dapat menyimpan data dan perintah dari program yang bersifat tidak tetap, alias dapat berubah sewaktu – waktu. Jadi intinya, RAM merupakan memori untuk menyimpan data program yang dibutuhkan oleh aplikasi saat bekerja. Data yang dibutuhkan oleh aplikasi saat bekerja akan dipanggil dari RAM. Namun, saat aplikasi ditutup semua data aplikasi yang tersimpan di dalam RAM akan dihapus.

Pengertian ROM di Hp Android

Perbedaan ROM dan RAM di Android

Jika dilihat dari singkatan saja, RAM dan ROM sudah terlihat berbeda. ROM merupakan singkatan dari Read Only Memory. Pengertian ROM adalah perangkat memori yang berfungsi untuk menyimpan dan membaca data.

Data yang tersimpan di dalam ROM HP memiliki sifat permanen, artinya data tidak akan mudah hilang dan tidak akan mudah berubah dengan sendirinya walaupun HP dimatikan. ROM HP memiliki fungsi untuk menyimpan perintah aplikasi dan sistem yang sifatnya tetap.

Saat aplikasi atau sistem mulai dijalankan, data yang dibutuhkan ketika beroperasi akan dibaca dari dalam ROM. Selain untuk menyimpan data yang sifatnya permanen, ROM HP juga memiliki fungsi untuk menyimpan data dari luar sistem misalnya seperti foto, video, musik, dokumen digital, dan lain sebagainya.

Perbedaan RAM dan ROM 

perbedaan ram dan rom

Nah, jika dilihat dari pengertian diatas, Anda pasti sudah langsung tahu perbedaannya, bukan? Tapi, disini saya akan memberikan beberapa perbedaan lainnya antara RAM dan ROM di HP Android. Berikut ini beberapa perbedaannya:

1. Kebutuhan Arus Listrik

RAM yang ada di HP tentunya membutuhkan listrik agar dapat beroperasi. Tanpa adanya aliran listrik, RAM tidak dapat menyimpan dan mengubah data yang disimpan di dalamnya secara otomatis. Selain itu, jika HP tidak memiliki aliran listrik, memori didalam RAM akan hilang secara otomatis.

Berbeda dengan ROM, ROM HP mampu menyimpan data secara terus menerus tanpa membutuhkan aliran listrik. Misalnya seperti, video yang Anda simpan di dalam ROM tidak akan hilang begitu saja walaupun HP Anda mati atau tidak ada listrik.

2. Data yang Disimpan

Seperti penjelasan sebelumnya, RAM memiki fungsi untuk menyimpan data yang sifatnya sementara. Sementara itu, ROM digunakan untuk menyimpan data yang sifatnya tetap atau permanen. Data yang tersimpan didalam RAM tergantung aplikasi dan sistem yang sedang dijalankan. Semakin banyak aplikasi yang digunakan maka akan semakin banyak pula data yang tersimpan didalam RAM. Dan data yang tersimpan didalam RAM akan hilang jika HP dimatikan.

ROM digunakan untuk menyimpan data dasar yang dibutuhkan oleh aplikasi dan sistem secara permanen. Data yang disimpan didalam ROM ini tidak akan hilang begitu saja walaupun HP dimatikan. Data sistem yang disimpan didalam ROM tidak dapat dihapus hanya bisa dibaca.

Jika menghapus semua data yang tersimpan didalam ROM bisa saja akan merusak HP Anda. Selain bisa menyimpan data sistem, ROM juga dapat digunakan untuk menyimpan data diluar sistem seperti misalnya foto dari hasil jepretan kamera HP atau musik yang sering Anda dengarkan.

Jadi jika disimpulkan dari segi penggunaan atau fungsi, perbedaan RAM dan ROM yang paling menonjol adalah RAM untuk menyimpan data acak untuk sementara dan ROM untuk menyimpan data pendukung sistem yang beruntun secara lengkap dan permanen.

3. Kapasitas RAM vs ROM

Kapasitas yang dimiliki RAM lebih kecil dibandingkan dengan ROM. Karena memori RAM hanya bertugas untuk menyimpan data yang sifatnya sementara dan data sistem, maka dari itu jumlahnya tidak akan pernah lebih besar dari kapasitas ROM.

HP Android yang ada saat ini rata – rata memiliki RAM yang berkapasitas 2GB hingga 8GB. Sementara itu, ROM HP memiliki kapasitas yang lebih besar dari RAM, bahkan bisa saja berkali – kali lipat. Misalnya saja saat ini, HP Android memiliki memori ROM dengan kapasitas mulai dari 16 GB hingga 512 GB.

Salah satu penyebab dari kapasitas ROM di HP Android lebih besar dari RAM adalah karena ROM tidak hanya digunakan untuk menyimpan data sistem yang bersifat permanen, tapi juga data lainnya. Didalam ROM Anda dapat menyimpan data diluar sistem seperti foto, musik, video, dan lain sebagainya.

Nah, maka perbedaan antara RAM dan ROM yang paling terlihat di HP adalah kapasitasnya. Jika Anda membaca spesifikasi hp Android dan melihat tulisan “6GB/128GB” ini maksudnya adalah HP tersebut mempunyai RAM 6GB dan ROM 128 GB.

Kesimpulan

Jika dilihat dari beberapa perbedaan RAM dan ROM di HP Android di atas, dapat kita simpulkan bahwa RAM HP merupakan komponen Hp yang bertanggung jawab untuk menjaga performa HP agar tetap lancar dan responsif. Sementara itu, ROM merupakan komponen HP yang memiliki fungsi untuk menyimpan data didalam aplikasi dan sistem yang sifatnya permanen atau tetap (tapi hanya dapat dibaca dan tidak tidak dapat dihapus secara otomatis), dan dapat untuk menyimpan foto, video, musik, dokumen digital, dan lain sebagainya.

Sekian artikel kali ini yang membahas tentang perbedaan RAM dan ROM di Android. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda. Terimakasih 🙂

Leave a Reply

Send this to a friend