Telegram Versi Terbaru Bisa Edit Video Secara Otomatis dan Manual

NESABAMEDIA.COM – Ada yang baru dan menarik dari aplikasi Telegram yang baru saja mendapatkan update. Yang paling menonjol adalah video editor yang memungkinkan pengguna untuk langsung mengedit video di dalam aplikasi. Fitur baru ini, beserta dengan deretan fitur lainnya, membuat Telegram terlihat lebih memikat bagi siapa saja yang tengah mencari alternatif pengganti WhatsApp.

Selama ini, privasi kerap menjadi alasan kenapa sebagian pengguna lebih memilih Telegram daripada aplikasi pesan instan lainnya. Buktinya bisa dilihat dari partisipan demo di Hongkong yang mengandalkan Telegram untuk koordinasi gerakan, atau dari komunitas Black Lives Matter yang Selasa lalu mengumumkan Telegram sebagai saluran komunikasi resminya.

Namun keamanan bukan satu-satunya fitur yang diandalkan oleh Telegram. Video editor yang ditambahkan pada versi terbarunya kali ini adalah bagian dari upaya Telegram untuk menghadirkan fitur-fitur yang diinginkan pengguna.

Video editor tersebut bisa digunakan untuk memperbaiki kualitas video hanya dalam dua kali ketuk. Video juga bisa diedit secara manual, misalnya dengan sedikit menaikkan tingkat saturasi agar warnanya terlihat lebih mencolok, brightness yang agak diturunkan supaya video tidak terlihat terlalu terang, mengutak-atik contrast, menambahkan teks atau menggambar pada video, atau bahkan menambahkan stiker animasi pada video.

Stiker animasi juga bisa digunakan untuk mempercantik foto. Foto yang diberi stiker nantinya akan diubah format filenya menjadi GIF secara otomatis.

Loading GIF juga terasa lebih cepat. Mencari GIF yang sesuai dengan keinginan pun jadi lebih mudah daripada sebelumnya. Pasalnya, Telegram menambahkan bagian Trending dan tab-tab berbasis emoji di dalam panel GIF. Trending memuat kumpulan GIF yang tengah populer, sedangkan tab berbasis emoji memuat kumpulan GIF yang sesuai dengan emoji yang dipilih. Sebagai contoh, tab emoji tertawa berisi gambar-gambar GIF yang menampilkan orang tertawa.

Sewaktu mencari GIF, pengguna juga bisa menampung semua GIF yang diminati di dalam tab Recent. Dengan demikian gambar-gambar GIF yang terpilih itu jadi lebih mudah diakses di kemudian hari.

Ada pula update yang dikhususkan untuk pengguna Android, yaitu efek animasi yang halus saat mengedit, mengirim atau menghapus pesan. Caption yang panjang dan kontrol player pada video juga kini disembunyikan lebih cepat supaya pengguna tidak terganggu terlalu lama saat menonton.

Dengan terus bermunculannya fitur-fitur menarik seperti di atas, makin banyak pengguna yang beralih menggunakan Telegram. Kabarnya saat ini Telegram juga tengah menggodok fitur group video calling yang rencananya akan diluncurkan di bulan-bulan berikutnya di tahun 2020 ini. [az/tn]

Leave a Reply

Send this to a friend