Pengertian AI (Artificial Intelligence) Beserta Sejarah dan Contoh Penerapannya

Artificial Intelligence atau dalam bahasa Indonesia adalah kecerdasan buatan adalah sebuah teknologi baru yang dari namanya saja sudah sangat keren. Akhir-akhir ini kita pasti sering di suguhkan istilah kecerdasan buatan baik dalam teknologi komputer maupun fitur yang tersemat dalam smartphone keluaran terbaru.

Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan adalah sebuah entitas cerdas secara ilmiah yang di ciptakan oleh manusia, kecerdasan buatan yang di sematkan ke dalam sebuah mesin akan menyebabkan mesin tersebut mampu untuk berifkir sendiri untuk mengambil sebuah keputusan. Berikut di bawah ini pengertian AI (Artificial Intelligence).

Pengertian AI (Artificial Intelligence)

Komputer yang kita kenal yang sudah bisa kita anggap luar biasa, namun kehebatan pada sistem komputer biasa adalah hasil dari fungsi-fungsi yang di inputkan oleh pembuatan sistem komputer itu, sedangkan pada sistem kecerdasan buatan tidak hanya membuat mesin menjalankan fungsi-fungsi yang hebat ketika di operasikan oleh pengguna, tetapi mesin dapat menentukan sendiri keputusan apa yang akan di ambil berdasarkan pengalaman yang di rekam menjadi sebuah pengetahuan yang tersimpan di databasenya.

Pengertian AI (Artificial Intelligence)

Artificial Intelligency

Kemunculan Artificial Intelligence saat ini bisa di bilang sebuah kemajuan teknologi, karena konsep inovasi Artificial Intelligence banyak di terapkan dalam berbagai bidang seperti multimedia, search engine, robotik, smart home dan berbagai teknologi lainya.

Setelah mengetahui pengertian AI (Artificial Intelligence), Lalu bagaimana sih awal mulanya teknologi luar biasa yang mampu mengubah ini di temukan? Berikut di bawah ini adalah sejarah dari Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan.

Sejarah AI (Artificial Intelligence)

Program kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence pertama kali di bangun pada tahun 1951, pada tahun itu merupakan masa-masa periode penciptaan Artificial Intelligence. Pada saat itu program Artificial Intelligence pertama kali di ciptakan untuk menjalankan sebuah mesin bernama Ferranti Mark 1. Proses penciptaan itu di lakukan di University of Manchester.

Kemudian pengembangan Artificial Intelligence berlanjut pada program yang di tulis oleh Christopher Strachey untuk menjalankan sebuah permainan catur, dimana papan permainan catur itu dapat berjalan otomatis dan mampu bermain melawan manusia dengan kecerdasan yang dimilikinya sendiri.

Kemudian pada tahun 1956 di konferensi pertamanya John McCharthy membuat istilah “Kecerdasan Buatan” atau Artificial Intelligence untuk konsep algoritma teknologi ini. Selain itu dia juga menciptkan bahasa pemrogramman Lips, yang kemudian algoritma kecerdasan buatan kembali di kembangkan oleh Alan Turing seorang pakar kecerdasan buatan yang namanya tetap harus sampai sekarang.

Alan Turing memperkenalkan sebuah metode untuk mengoperasikan test perilaku cerdas yang ia beri nama ‘Turing Tes’. Itulah sejarah awal bagaimana kecerdasan buatan di ciptakan dan mengalami perkembangan luar biasa sampai saat ini.

Contoh Penerapan AI (Artificial Intelligence)

Baik pengguna komputer maupun pengguna smartphone saat ini sebenarnya sudah sangat sering berhubungan dengan teknologi kecerdasan buatan, karena hampir semua perusahaan raksasa teknologi sudah menerapkan teknologi kecerdasan buatan di dalam produknya guna mempermudah pelayanan dan membantu kinerja dari sistem yang mereka ciptakan.

Perusahaan rakasasa teknolgi itu tidak hanya yang berada di luar negeri, bahkan perusahaan teknologi dalam negeri pun ramai-marai menyematkan kecerdasan buatan di dalam produknya, lalu apa saja contoh penerapan Artificial Intelligence yang populer saat ini? Berikut di bawah ini adalah contohnya.

1. Mesin Pencari Google

Sejak awal google memang sudah menerapkan kecerdasan buatan pada mesin pencarinya, jika ketika pertama kali muncul google tidak mengangkat algoritma kecerdasan buatan, sudah pasti akan kalah dengan yahoo. Berkat kecerdasan buatanlah google sampai saat ini masih menjadi mesin pencari terhebat di muka bumi. Karena kecerdasan buatan yang di terapkan pada google membuat google mampu secara otomatis merayapi seluruh link dari suatu website, selain itu google juga mampu untuk membaca karakteristik penggunanya, terutama hal-hal yang di cari oleh pengguna.

Pengertian AI (Artificial Intelligence)

Google Search Engine

Berkat kecerdasan buatan pada google, kita menjadi lebih mudah dalam mencari informasi yang tersebar di dalam dunia maya, selain itu kecerdasan buatan di dalam google juga membuat kita sebagai orang tua merasa nyaman karena kecerdasan buatan google mampu mengetahui mana yang mengandung konten negatif mana yang tidak, sehingga ketika ada konten negatif, google tidak akan menampilkan kepada anda, terutama bagi anda yang masih berusia di bawah cukup.

2. SIRI Artificial Intelligence

Pengertian AI (Artificial Intelligence) adalah

Siri Iphone

Bagi anda yang menggunakan smartphone keluaran dari apple yaitu Iphone pasti sudah mendengar program aplikasi SIRI, Program SIRI merupakan sebuah program cerdas yang berfungsi untuk melayani penggunanya. Bisa di bilang SIRI merupakan asisten virtual yang cerdas dan serba bisa dalam melayani pengguna mengoperasikan smartphone.

Hal-hal yang bisa di lakukan SIRI adalah seperti Mengirim pesan, menemukan informasi, mencari petunjuk arah, melakukan panggilan suara, membuka aplikasi, dan bahkan menambahkan tanda acara ke kalender pada smartphone, dan kemudian akan mengingatkan anda ketika acara tersebut akan di mulai.

3. Tesla Smart Car

Contoh Penerapan AI

Tesla Smart Car

Ternyata saat ini penerapan dari teknologi Artificial Intelligence tidak berhenti pada komputer dan smartphone saja, tetapi sudah merambah ke dunia otomotif. Contohnya adalah mobil tesla, mobil yang di buat oleh perusahaan di bawah naungan konglomerat Elon Musk ini ternyata menerapkan kecerdasan buatan di dalamnya.

Dengan kecerdasan buatan Mobil Tesla mampu untuk beroperasi sendiri tanpa adanya sopir di belakang kemudi. Bahkan mobil tesla memiliki kemampuan prediktif yang sangat luar biasa. Sehingga di ciptakanya mobil tesla merupakan bagian dari inovasi teknologi mutlak yang luar biasa.

Nah itulah pengertian AI (Artificial Intelligence) yang di jelaskan pula bagaimana sejarah di ciptakanya kecerdasan buatan, dan di tambah lagi contoh-contoh penerapan kecerdasan buatan di masa modern ini. Selain tiga contoh di atas, sebenarnya banyak sekali teknologi yang menerapkan AI, seperti E-Commerce bukalapak, tokopedia dan lain sebagainya. Semoga dengan adanya artikel ini, dapat menambah pengetahuan anda tentang teknologi informasi.

Leave a Reply

Send this to a friend