Pengertian Algoritma Pemrograman Beserta Fungsi dan Contohnya yang Perlu Anda Ketahui

Menurut anda apa yang pertama kali muncul di benak anda ketika mendengar kata algoritma? Pasti sesuatu yang berhubungan dengan perhitungan matematis dan rumit. Hal itu tidaklah salah karena suatu algoritma memang erat hubungannya dengan perhitungan, namun disini kami akan membahas lebih dalam mengenai pengertian algoritma dalam dunia pemrograman.

Hampir di semua aktivitas pemrograman pasti tidak akan lepas dengan yang namanya algoritma karena menjadi dasar pijakan yang paling penting dalam membuat suatu program. Tanpa adanya pengetahuan lebih mengenai algoritma pemrograman maka hasil yang diperoleh pasti tidaklah maksimal. Salah satu yang paling penting bagi seorang programmer sebelum membuat program adalah memahami terlebih dahulu logika yang akan dipakai atau biasa disebut algoritma yang akan digunakan.

Meskipun erat kaitannya dengan perhitungan matematis namun pada kenyataannya algoritma dalam pemrograman tidak selalu mengenai perhitungan rumit seperti halnya Genetika Algoritma yang sering dipakai dalam menyelesaikan kasus – kasus yang berhubungan dengan matematika. Langsung saja pembahasan lebih lanjut mengenai pengertian algoritma pemrograman dapat anda simak dalam artikel di bawah ini :

Pengertian Algoritma Pemrograman

pengertian algoritma

Sebelum mengetahui algoritma pemrograman terlebih dahulu anda harus memahami apa yang dimaksud dengan algoritma itu sendiri. Definisi dari algoritma adalah suatu urutan atau alur yang dipakai dalam perhitungan atau pemecahan masalah secara sistematis, dan dalam aktivitas pemrograman algoritma seringkali dianggap sebagai logika dalam penentuan program yang akan dibuat.

Maksudnya adalah cara berpikir bagaimana untuk memecahkan masalah tersebut, jika harus menggunakan rumus matematika maka dalam program tersebut akan menggunakan unsur perhitungan namun jika hanya menggunakan logika saja maka dalam program yang dibuat hanya mengandung unsur logika sederhana.

Penentuan algoritma dalam pemrograman ini merupakan hal dasar yang harus diketahui dan menjadi tahap awal dalam pembuatan program. Penyajian algoritma dapat dilakukan menjadi dua bentuk yakni dalam tulisan maupun gambar, tergantung dari metode atau tahap yang digunakan oleh seorang programmer. Penyajian dalam bentuk tulisan biasanya menggunakan pseudocode sedangkan dalam bentuk gambar biasanya dalam bentuk diagram flowchart. Tantangan tersulit adalah mengimplementasikan algoritma yang ditentukan menjadi code atau script yang tertata dan dapat berjalan sesuai keinginan.

Fungsi Algoritma Pemrograman

fungsi algoritma adalah

Sebelumnya sudah sempat dibahas bahwa pemahaman terhadap pengertian algoritma sangatlah penting bagi seorang programmer. Suatu algoritma pemrograman membawa keuntungan serta fungsi penting dalam aktivitas pembuatan program. Berikut ini adalah macam – macam fungsi atau keuntungan yang diperoleh jika menerapkan algoritma dalam pemrograman :

1. Penggunaan fungsi algoritma dalam pemrograman dapat mengatasi permasalahan rumit dalam program yang kemungkinan juga melibatkan perhitungan tingkat tinggi. Karena menggunakan perhitungan seringkali program yang dibuat tidak berjalan semestinya karena adanya kesalahan, hal ini dapat diminimalisir dengan menerapkan algoritma dalam pemrograman.
2. Lebih memudahkan dalam pembuatan suatu program besar karena dengan adanya algoritma maka logika yang digunakan dapat lebih disederhanakan. Penggunaan code juga dapat lebih sistematis jika menggunakan algoritma yang benar.
3. Selain memudahkan dalam membuat program, untuk mengembangkannya pun juga lebih mudah karena sebelumnya script dibuat secara urut dan sistematis. Sehingga jika ingin menambahkan fungsi baru tidak perlu membuat dari awal, tinggal menempatkan pada lingkup script yang tepat.
4. Meminimalisir pembuatan program secara berulang – ulang mulai dari awal karena pada kenyataannya beberapa program juga dapat menerapkan algoritma yang sama. Sehingga dalam berbagai aktivitas pemrograman dapat lebih efektif serta efisien.
5. Dalam pembuatan program pastinya akan menjumpai beberapa kesalahan, hal ini sangatlah wajar. Dan dengan menerapkan fungsi algoritma maka pencarian kesalahan dapat lebih mudah serta dapat diperbaiki dengan cepat.
6. Ketika anda ingin merubah atau melakukan modifikasi pada program hanya perlu dilakukan terhadap satu modul saja tanpa perlu mengganggu modul lainnya. Hal ini dikarenakan program anda sudah tersusun secara sistematis sehingga memudahkan jika ingin diubah sewaktu – waktu.
7. Terakhir penggunaan fungsi algoritma dalam pemrograman juga dapat melakukan pendekatan top down dan juga divide and conquer. Hal ini juga penting dalam aktivitas pembuatan program.

Perbedaan Algoritma Dan Flowchart

perbedaan algoritma dan flowchart

Contoh flowchart dalam pemrograman

Sebelumnya sudah sempat dibahas bahwa salah satu bentuk penyajian algoritma adalah dalam bentuk gambar atau biasa dikenal dengan diagram flowchart. Namun pada kenyataannya banyak orang yang salah memahami bahwa algoritma adalah flowchart itu sendiri. Dalam hal ini kami akan sedikit menjelaskan perbedaan dan definisi sesungguhnya dari algoritma dan flowchart agar tidak terjadi kesalahpahaman secara terus – menerus.

Algoritma adalah suatu alur atau urutan secara sistematis untuk memecahkan suatu masalah dan salah satu metode penyampaiannya adalah melalui flowchart. Hal ini seharusnya cukup jelas menjadi perbedaan yang paling mencolok terhadap algoritma dan flowchart itu sendiri.

Algoritma sebenarnya tidak hanya diterapkan dalam pemrograman saja namun juga dalam kehidupan luas, contohnya seperti ketika kita akan memasak mie rebus. Tahapan umum yang harus dilakukan menyiapkan alat dan bahan terlebih dahulu, lalu memasak air hingga mendidih kemudian dimasukkan mie dan terakhir mencampurkan bumbu serta mie yang sudah matang. Hal ini sudah bisa disebut suatu algoritma sederhana.

Sedangkan untuk flowchart sendiri adalah penggambaran atau diagram yang memiliki satu aliran atau lebih dan berlaku secara sekuensial atau dalam bahasa mudahnya saling berkesinambungan. Biasanya terdapat simbol – simbol tertentu yang menjadi perwujudan dari masing – masing alur dan saling dihubungkan dengan anak panah. Beda halnya dengan algoritma suatu flowchart memiliki fungsi sebagai desain program yang kita buat sehingga dua hal ini tidak akan terpisahkan. Desain dari flowchart inilah yang berasal dari pola pikir kita sebelumnya (algoritma).

One Response

  1. Avatar alexa

Leave a Reply

Send this to a friend