• Our Partners:

pengertian gopay

Apa itu GoPay? Pengertian GoPay Beserta Fungsi dan Kelebihannya

Dompet elektronik adalah layanan elektronik yang digunakan untuk menyimpan data instrumen pembayaran dengan menggunakan kartu atau uang elektronik. Dompet elektronik  juga bisa digunakan untuk menyimpan atau menampung dana untuk melakukan transaksi atau pembayaran.

Dompet elektronik lebih sering terkenal dengan sebutan e-wallet atau dompet digital, atau digital wallet. Di Indonesia sendiri ada beberapa jenis dompet digital yaitu OVO, TCASH, DOKU, GOPAY, dan lain sebagainya.

Bank Indonesia sudah mengatur tentang penggunakaan dompet digital ini, sehingga dipastikan aman untuk digunakan. Penyelenggaraan dompet elektronikdigital ini telah diatur Bank Indonesia sehingga aman digunakan.

Pengertian GoPay

Pengertian GoPay adalah

GoPay atau yang dulunya disebut dengan GoWallet merupakan layanan e-money dari salah satu produk atau aplikasi dompet digital yaitu Gojek Indonesia. GoPay digunakan untuk menyimpan Gojek Credit yang mana nantinya bisa dipakai untuk melakukan pembayaran atau transaksi – transaksi yang ada pada semua layanan aplikasi Gojek seperti (GoRide, GoCar, GoSend, GoFood, dan lain sebagainya).

Selain itu, GoPay juga bisa digunakan untuk melakukan transaksi di luar layanan aplikasi Gojek, seperti transaksi non tunai secara offline ataupun online, tapi dengan syarat merchant atau toko tersebut merupakan rekan usaha dari Gojek itu sendiri.

Sama seperti e-money atau e-wallet lainnya, GoPay memberikan kemudahan untuk para penggunanya dalam mengisi saldo. Anda dapat mengisi saldo GoPay melalui ATM, mobile banking, One Klik, internet banking, alfamart, sampai melalui mitra atau pengemudi Gojek. Gojek menjamin semua data atau transaksi pengguna melalui GoPay selalu aman dengan menerapkan teknologi terkini.

GoPay juga bisa disebut sebagai mata uang elektronik atau disebut juga dompet virtual. Banyak sekali fitur GoPay yang bisa Anda gunakan di dalam aplikasi Gojek. Berikut ini beberapa fitur GoPay yang bisa Anda gunakan:  

  • Pembayaran di dalam Aplikasi GO-JEK: GoPay bisa Anda gunakan untuk melakukan pembayaran atau melakukan semua transaksi di dalam aplikasi Gojek, seperti GoRide, GoCar, GoFood, GoShop, GoSend, GoPulsa, GoBox, GoTix, GoBills, sampai GoMassage. 
  • Pembayaran di Toko atau Restoran: GoPay juga bisa Anda gunakan untuk pembayaran offline (In-store Payment). Fitur ini bisa Anda gunakan di merchant atau toko yang sudah bekerja sama dengan GoPay. Anda bisa melakukan pembayaran atau transaksi dengan menggunakan metode scan kode QR atau barcode. 
  • Pembayaran di Toko Online: Selain digunakan untuk pembayaran offline store, GoPay juga bisa Anda gunakan untuk bertransaksi atau melakukan pembayaran online (Online Store Payment). Fitur ini juga bisa digunakan hanya pada merchant atau toko yang sudah melakukan kerja sama dengan pihak GoPay. 
  • Transaksi keuangan lainnya: GoPay juga bisa digunakan untuk melakukan pembayaran atau transaksi untuk keuangan lainnya, seperti melakukan tarik tunai melalui akun rekening bank Anda dan juga bisa melakukan transfer ke sesama pengguna aplikasi Gojek, tapi fitur ini bisa digunakan jika Anda melakukan upgrade GoPay. 

Fungsi dan Kegunaan GoPay

Apa itu GoPay? Dan apa saja fungsinya

 GoPay merupakan uang eletronik atau dompet virtual yang dimiliki oleh aplikasi Gojek Indonesia yang bisa digunakan untuk melakukan berbagai macam transaksi atau pembayaran. GoPay dapat digunakan untuk melakukan pembayaran atau melakukan transaksi di semua layanan aplikasi Gojek yaitu GoRide, GoCar, GoShop, GoFood, GoSend, dan layanan lainnya.

Selain digunakan untuk melakukan pembayaran pada layanan Gojek, GoPay juga bisa digunakan untuk membayar atau melakukan transaksi di merchant atau toko – toko yang sudah melakukan kerja sama dengan pihak Gojek. Layanan Gopay sendiri juga mempunyai beberapa fitur yang bisa Anda gunakan. Berikut ini beberapa fitur tersebut:

1. Bayar

Fitur ini adalah gabungan dari fitur Scan QR dan Transfer pada versi yang dulu. Fitur ini berfungsi untuk melakukan transfer saldo GoPay ke sesama penggunakan aplikasi Gojek, serta bisa digunakan untuk melakukan pembayaran ke merchant atau rekan usaha Gopay dengan melakukan pemindaian kode QR, atau dengan menunjukkan kode Gopay pada tampilan scan (khusus alfamart).

2. Promo

Fitur ini befungsi untuk melihat atau mengetahui informasi tentang promo – promo Gopay yang ada.

3. Isi Saldo

Fitur ini berfungsi untuk melakukan pengisian saldo Gopay menggunakan BCA OneKlik dan Anda juga bisa melihat cara pengisian saldo Gopay melalui ATM, mobile banking, internet banking, alfa group, driver, dan pegadaian. digunakan untuk mengisi saldo GO-PAY dengan BCA OneKlik dan melihat cara isi saldo GO-PAY melalui ATM, Internet Banking, Mobile Banking, Driver, minimarket, sms banking, dan Pegadaian

4. Lainnya

Berguna untuk menampilkan fitur-fitur yang dimiliki GoPay lainnya.

5. Mission

Fitur ini berfungsi untuk melihat misi apa saja yang bisa Anda lakukan agar mendapatkan hadiah.

6. Minta

Fitur ini bergungsi untuk QR code GoPay pada akun Anda untuk menerima transfer dari akun GoPay lainnya melalui fitur Scan QR.

7. Riwayat

Fitur ini berfungsi untuk melihat riwayat transaksi Anda dalam menggunakan saldo GoPay.

8. Tarik

Fitur ini bisa Anda gunakan untuk melakukan tarik tunai dengan mengirimkan saldo GoPay ke akun rekening bank yang sudah terdaftar di akun GoPay Anda.

9. Voucher

Fitur ini bisa Anda gunakan untuk menukarkan kode voucher yang Anda miliki. Pastikan Anda memasukkan kode voucher yang masih berlaku.

10. Bills

Fitur ini bisa Anda gunakan untuk menggunakan layanan GoBills.

11. Pulsa

Fitur ini bisa Anda gunakan untuk menggunakan layanan GoPulsa.

12. Pengaturan

Fitur ini berfungsi untuk melihat status upgrade GoPay, mendaftarkan akun rekening bank Anda agar bisa menggunakan fitur ‘Tarik’, mengatur PIN GoPay Anda, serta informasi ketentuan layanan GoPay.

13. Bantuan

Fitur ini bisa Anda gunakan untuk melihat berbagai informasi dan solusi tentang GoPay, mulai dari cara melakukan upgrade akun GoPay sampai dengan mengetahui batas saldo GoPay.

14. Pasang PIN

Jika Anda belum menggunakan PIN, Anda bisa menggunakan fitur ini untuk memasang PIIN GoPay agar saldo GoPay Anda tetap aman. PIN juga digunakan untuk melakukan transfer, tarik, serta transaksai GoBills dan GoPulsa.

15. Update GoPay

Fitur ini digunakan bagi Anda yang belum melakukan upgrade pada akun GoPay Anda. Anda harus melengkapi data pribadi agar Anda bisa menggunakan fitur tarik, transfer, dan meningkatkan batasan saldo.

Kelebihan dan Kekurangan GoPay

kelebihan dan kekurangan gopay

GoPay yang merupakan salah satu layanan dari Gojek digunakan sebagai dompet virtual yang mana bisa untuk menyimpan Gojek Credit Anda dan nantinya dapat digunakan untuk membayar atau melakukan transaksi yang berkaitan dengan layanan yang disediakan Gojek.

Dilihat dari fungsi dan kegunaannya yang cukup banyak, GoPay juga memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan pastinya. Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan GoPay:

Kelebihan GoPay

1. Mudah Top Up Saldo

GoPay memberikan kemudahan dalam melakukan pengisian saldo GoPay. Anda bisa mengisinya melalui ATM, mobile banking, internet banking, sms banking, minimarket, pegadaian, hingga melalui mitra atau driver Gojek.

2. Transaksi 24 Jam

Layanan GoPay dapat Anda gunakan selama 24 jam penuh untuk melakukan pembayaran ataupun transaksi dimana pun dan kapan pun.

3. Promo Menarik

Anda akan sering mendapatkan berbagai macam promo menarik yang bisa Anda nikmati setiap kali Anda melakukan pembayaran dengan menggunakan GoPay.

4. Layanan Transaksi yang Beragam

GoPay dapat Anda gunakan untuk melakukan berbagai macam transaksi yang tersedia di dalam aplikasi Gojek dan merchant atau toko yang bekerja sama dengan pihak GoPay.

5. Memiliki GoPoints

Setiap kali Anda menggunakan GoPay untuk bertransaksi, Anda akan mendapatkan token. Nah, token tersebut bisa Anda tukar dengan GoPoints yang mana nantinya Anda bisa mendapatkan hadiah atau voucher menarik dari GoPay.

6. Keamanan Data Terjamin

GoPay menjamin keamanan data para penggunanya, karena GoPay menggunakan teknologi terkini sehingga setiap transaksi pembayaran yang dilakukan, saldo serta informasi data diri pengguna menjadi lebih aman.

Kekurangan GoPay

Sejauh ini melakukan transaksi atau pembayaran dengan menggunakan Gopay masih terbilang aman – aman saja, tapi masih ada salah satu kekurangan yang dimiliki GoPay yaitu fitur pembayaran E-Wallet nya masih cenderung lebih sedikit dibandingkan aplikasi sejenis lainnya. Namun, kekurangan GoPay masih bisa teratasi dengan kelebihan yang dimilikinya.

Demikianlah artikel kali ini yang membahas tentang pengertian GoPay, beserta fungsi dan kegunaannya, dan juga kelebihan serta kekurangan GoPay. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda. Terimakasih 🙂

Leave a Reply

Send this to a friend