Pembaruan Windows 11 Berikutnya Akan Hilangkan Lebih Banyak Halaman di Control Panel

Pembaruan Windows 11 Berikutnya Akan Hilangkan Lebih Banyak Halaman di Control Panel

NESABAMEDIA.COMWindows 11 sepertinya akan mendapatkan peningkatan desain cukup besar pada musim gugur tahun 2022 mendatang, dan para pengguna yang ada di saluran Pengembang Windows Insider mulai menerima build yang kemungkinan besar merupakan bagian dari peningkatan tersebut.

Microsoft baru-baru ini telah meluncurkan Windows 11 Build 22509 dengan banyak sekali peningkatan yang dibutuhkan untuk Start Menu, Taskbar dan perubahan pada Control Panel.

Windows 11 sendiri berisi peningkatan WinUI dan desain lainnya untuk banyak sekali halaman yang ada di dalamnya. Namun, Control Panel lama masih ada di sistem operasi tersebut, bersama dengan panel Settings. Control Panel sekarang telah memiliki ujung membulat untuk selaras dengan tampilan dan suasana Windows 11, dan Microsoft juga telah memperbarui sejumlah ikon yang ada di Control Panel tersebut. 

Microsoft telah lama mengadopsi strategi jangka panjang untuk memindahkan opsi yang ada di Control Panel ke halaman Settings yang baru, dan mengarahkan halaman-halaman yang dipindahkan itu ke halaman Settings. 

Sebagai informasi, strategi ini pertama kali diumumkan ketika Microsoft mulai mengarahkan halaman informasi konfigurasi dan sistem dari Control Panel ke halaman Settings. Transisi ini sampai sekarang masih berlanjut dan sebagian besar opsi tingkat lanjut yang ada di Control Panel masih belum dipindahkan. 

Microsoft tidak memiliki waktu estimasi kapan pemindahan semua opsi dari halaman Control Panel ke Settings akan dilakukan, namun sepertinya Windows 11 Build 22509 atau versi 22H2 akan memindahkan pengaturan berbagi tingkat lanjut yang sebelumnya ada di Control Panel ke halaman Settings. 

Pada Build 22509 ini, anda akan menemukan pengaturan berbagi tingkat lanjut dalam sebuah halaman baru di aplikasi Windows Settings. Fitur seperti pencarian jaringan, berbagi file dan printer, serta folder publik kini akan muncul di sebuah halaman baru yang bernama Advanced Sharing Settings. 

Sebagai bagian dari upaya migrasi ini, Microsoft juga telah membuat peningkatan tambahan pada halaman Printers & Scanners di halaman Settings. Halaman yang spesifik berisi segala hal tentang perangkat di halaman Settings kini akan menampilkan lebih banyak informasi mengenai perangkat printer atau scanner yang anda miliki.

Tentu saja, anda tidak akan bisa lagi mengakses jaringan dan pengaturan perangkat di halaman Control Panel. Jika anda ingin melakukan perubahan mengenai fitur berbagi tingkat lanjut di OS, anda tinggal membuka halaman terkait di Settings. 

Pada acara podcast terbarunya, pihak dari Microsoft mengkonfirmasi bahwa Build Windows 11 yang akan datang akan mempensiunkan pengaturan tingkat lanjut lainnya dari Control Panel.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend