Segala Hal Tentang Microsoft Windows 11

Segala Hal Tentang Microsoft Windows 11

NESABAMEDIA.COMPada akhirnya terungkap bahwa ternyata Windows 10 bukanlah versi terakhir dari Windows, karena Windows 11 yang baru dan gratis telah dirilis ke pengguna publik. Sistem operasi baru Microsoft itu memiliki banyak fitur dan peningkatan baru dari Windows 10 yang ada sekarang ini. Berikut segala hal tentang Windows 11.

Tanggal Rilis Windows 11

Microsoft mengatakan Windows 11 telah tersedia secara umum, dan telah mulai meluncurkan pembaruan dalam pendekatan terukur dan bertahap yang hanya akan ditawarkan pada PC yang memenuhi syarat.

Persyaratan Sistem Windows 11

Windows 11 mengungkap serangkaian persyaratan sistem baru yang telah ditetapkan Microsoft untuk memastikan semua PC Windows 11 bisa bekerja secara optimal di sisi keamanan dan stabilitas.

Persyaratan sistem minimumnya adalah sebagai berikut:

  • Prosesor dual-core 1GHz 64-bit modern
  • RAM 4GB
  • Penyimpanan 64GB
  • Layar 9 inci
  • Resolusi 1366×768
  • Kompatibel dengan UEFI, Secure Boot & TPM 2.0
  • Grafis yang kompatibel dengan DirectX 12/WWDM 2.x

Salah satu perubahan terbesar pada persyaratan sistem Windows 11 adalah bahwa OS sekarang hanya tersedia pada prosesor 64-bit. Microsoft tidak merilis OS versi 32-bit, meskipun nantinya aplikasi 32-bit akan terus berfungsi dengan baik.

Microsoft juga membatasi PC Windows 11 yang didukung secara resmi untuk PC yang menggunakan Intel generasi ke-8 (atau setara) dan ke atas. Ini berarti jika anda memiliki CPU yang lebih tua dari Intel Generasi ke-8, kemungkinan anda tidak akan dapat menjalankan Windows 11 secara resmi.

Mengikuti pertimbangan lebih lanjut oleh Microsoft, daftar CPU yang didukung secara resmi telah diperbarui untuk menyertakan beberapa chip Intel 7th Gen. Terutama, Surface Studio 2 Microsoft yang akan secara resmi mendukung Windows 11.

Windows 11 juga memerlukan ukuran layar minimal 9 inci, artinya anda tidak akan melihat ponsel atau tablet mini 8 inci dengan Windows 11. Microsoft juga telah meningkatkan penyimpanan drive yang diperlukan menjadi 64GB, naik dari 16GB dengan Windows 10. Hal yang sama berlaku untuk RAM, yang sebelumnya hanya membutuhkan 2GB menjadi 4GB.

Fitur Baru Windows 11

Windows 11 menyertakan sejumlah besar fitur dan perubahan baru yang membedakannya dari Windows 10. Windows 11 menampilkan desain antarmuka pengguna (UI) baru, yang dibangun dari awal dengan mempertimbangkan kesederhanaan dan kemudahan penggunaan. Microsoft telah mencoba menyederhanakan UI di beberapa area sebanyak mungkin, menciptakan ruang yang bersih dan lancar untuk bekerja dan bermain game.

Microsoft mengatakan UI baru akan membantu anda tetap produktif, karena OS melakukan akan menyingkirkan beberapa hal yang dianggap terlalu mengganggu. Perusahaan menambahkan fitur produktivitas baru yang membantu anda tetap dalam alur kerja, seperti fungsionalitas baru menu “Snap Navigator”. Ini memungkinkan anda memasang aplikasi ke kumpulan tata letak kisi yang telah ditentukan sebelumnya tanpa perlu menyeret jendela ke tepi layar.

Ada juga aplikasi Chat baru yang terpasang langsung di Taskbar, yang memungkinkan anda berbagi file, teks, dan video dengan teman, keluarga, atau kolega melalui Microsoft Teams Microsoft mengintegrasikan Teams ke Windows 11 dengan cara lain, seperti dengan kemampuan untuk berbagi jendela aplikasi ke dalam panggilan Teams langsung dari Taskbar, serta menonaktifkan mikrofon anda dari area System Tray.

Microsoft telah membangun pengalaman Start Menu dan Taskbar baru, yang sekarang dipusatkan secara default. Live Tile sudah tidak ada, dan sebagai gantinya adalah kisi-kisi ikon aplikasi yang dapat diatur ulang. Aplikasi yang disematkan dan berjalan di Taskbar sekarang juga terpusat, dan ada banyak animasi halus baru saat mengklik dan memindahkan sesuatu. System Tray dan Action Center telah di-tweak agar selaras dengan desain baru ini, dengan Notifications dan Quick Actions sekarang dibagi menjadi dua menu terpisah.

Quick Action sekarang dikenal sebagai Quick Settings dan muncul saat anda mengklik ikon System di ujung kanan Taskbar. Dari sini, anda dapat terhubung ke Wi-Fi atau perangkat Bluetooth, mengaktifkan night mode, mengkonfigurasi mode fokus, dan banyak lagi. Mengklik tanggal dan waktu akan membuka tampilan kalender dan pemberitahuan.

Ada juga OOBE baru, layar kunci, dan UI File Explorer modern. Microsoft juga memperkenalkan panel “Widget” baru yang menampung fitur-fitur seperti To Do, Kalender, Foto, dan berita dari MSN. 

Secara keseluruhan, Windows 11 adalah sistem yang jauh lebih terbuka dibandingkan dengan Windows 10 dan pendahulunya.

Terakhir, Microsoft berbicara tentang bagaimana Windows 11 dibuat untuk para gamer dengan fitur-fitur baru seperti Auto HDR, DirectStorage, dan DirectX 12 Ultimate.

Microsoft Store Baru

Salah satu pengumuman besar sebagai bagian dari Windows 11 adalah bahwa Microsoft sedang membangun toko aplikasi baru. Aplikasi Microsoft Store baru ini menampilkan fluid UI baru yang selaras dengan Windows 11 lainnya, tetapi itu bukan berita besar. Microsoft mengubah beberapa kebijakan yang mengatur jenis aplikasi apa yang diizinkan masuk ke etalase.

Dengan Microsoft Store baru, pengembang aplikasi sekarang dapat mengirimkan aplikasi Win32 yang belum dikemas dalam bentuk .exe atau .msi. Pengembang juga dapat menggunakan jaringan pengiriman konten mereka sendiri, dan platform perdagangan mereka sendiri, tanpa Microsoft mengurangi pendapatan atau komisi yang dihasilkan. Ini akan membuka pintu ke hampir semua aplikasi di platform Windows untuk didaftarkan dan ditemukan di Microsoft Store oleh pengguna akhir.

Microsoft mengatakan sedang menambahkan aplikasinya sendiri, seperti Teams, Office, dan Visual Studio, ke Microsoft Store baru untuk menunjukkan kepada dunia bahwa mereka serius dengan perubahan Store baru ini, dan berharap pengembang aplikasi lain seperti Mozilla dan Adobe mengikutinya.

Microsoft juga mengumumkan bahwa aplikasi Android akan didukung di Windows 11 dan Microsoft Store baru. Dukungan aplikasi Android tidak dikirimkan dengan Windows 11 saat pertama kali diluncurkan, tetapi harus memasuki pengujian pratinjau pada Musim Gugur 2021. Dukungan untuk aplikasi Android akan tiba di Windows 11 paling cepat pada 2022.

Pembaruan Utama Satu Tahunan

Microsoft telah mengumumkan bahwa dengan Windows 11, perusahaan akan kembali merilis hanya satu pembaruan fitur utama dalam satu tahun. Di Windows 10, Microsoft mencoba mengirimkan dua pembaruan utama ke OS dalam satu tahun, tetapi kemudian justru mengalami kesulitan dengan adanya beberapa bug besar yang menyebabkan masalah bagi pengguna.

Kembali ke satu pembaruan besar setahun akan menyelaraskan Windows 11 dengan para pesaingnya dan memberi Microsoft lebih banyak waktu untuk membangun fitur baru, yang kemudian bakal membuat setiap versi baru lebih bermakna dari sebelumnya. 

Apakah Windows 11 Gratis?

Seperti disebutkan di atas, Windows 11 sekarang tersedia dan ditawarkan sebagai peningkatan gratis untuk pengguna Windows 10. Microsoft mengatakan tidak ada batasan waktu untuk ini, artinya anda tidak perlu segera memutakhirkan ke Windows 11 jika memang tidak mau.

Namun, OEM masih harus membayar untuk lisensi Windows 11. Lisensi itu sendiri tidak gratis, tetapi jika anda meningkatkan dari Windows 10, anda masih bisa menggunakan lisensi sebelumnya. Ini persis bagaimana cara kerjanya dengan perpindahan dari Windows 7 dan Windows 8 ke Windows 10. Diharapkan juga Windows 11 bisa tersedia untuk pembelian mandiri seperti Windows 10.

Apakah ada Program Insider di Windows 11?

Sama seperti Windows 10, pengguna akan dapat mendaftar ke Program Windows Insider dan menginstal build pratinjau Windows 11. Microsoft sendiri telah merilis beberapa build pratinjau resmi Windows 11 untuk Insider.

Leave a Reply

Send this to a friend