Microsoft Windows 11 Resmi Diliris ke Publik

Microsoft Windows 11 Resmi Diliris ke Publik

NESABAMEDIA.COMMicrosoft telah mengumumkan bahwa Windows 11 sekarang tersedia secara umum, dan memulai peluncuran globalnya pada perangkat PC Windows 10 yang telah memenuhi syarat. Windows 11 diperkenalkan ke publik pada bulan Juni lalu, dan telah mengalami periode pengujian yang singkat hanya beberapa bulan sebelum dikirim ke pengguna umum. 

Ketersediaan Windows 11 di perangkat PC yang telah memenuhi syarat, akan dikirimkan secara bertahap, jadi tidak semua perangkat PC itu akan segera mendapatkannya di halaman Windows Update.

Peningkatan Windows 11 ini akan terus diluncurkan secara bertahap selama mulai hari ini dan ditargetkan untuk bisa ada di semua perangkat PC sampai dengan pertengahan 2022. Microsoft menjelaskan, bahwa peningkatan tersebut tidak akan dipaksakan kepada pengguna Windows 10. Windows 11 merupakan rilisan opsional, dan pengguna bebas untuk tetap menggunakan Windows 10 jika mereka mau. Windows 10 sendiri akan mendapatkan pembaruan utama versi 21H2 akhir tahun ini.

Seperti biasa, Microsoft juga menyediakan media instalasi offline, serta Upgrade Tool yang memungkinkan anda memasang Windows 11 hari ini jika tidak ingin menunggunya ditawarkan melalui halaman Windows Update. Versi terakhir Windows 11 adalah build 22000.194, dan itu akan terus meningkat seiring berjalannya waktu, karena Microsoft terus melayani Windows 11 dengan perbaikan bug dan pembaruan keamanan.

Jika anda tidak yakin apakah PC anda memenuhi syarat untuk Windows 11, Microsoft memiliki aplikasi PC Health Check yang akan memberitahu apakah perangkat yang anda miliki memenuhi syarat atau tidak, dan memberikan rincian terperinci tentang penyebab yang menghalangi anda untuk melakukan peningkatan. 

Anda juga bisa melewati persyaratan minimal Windows 11 di perangkat yang tidak didukung, namun dengan resiko adanya kerusakan atau tidak berfungsi secara normal. Microsoft sendiri sebelumnya juga telah mengatakan bahwa perangkat yang tidak didukung tersebut, nantinya tidak akan mendapatkan pembaruan keamanan, fitur atau peningkatan apapun ke depannya.

Windows 11 juga akan tersedia untuk dibeli secara pre-loaded pada perangkat PC baru mulai 5 Oktober Perangkat seperti Surface Laptop Studio dan Surface Pro 8 akan menjadi yang pertama dikirimkan dengan Windows 11 out of the box, dan lebih banyak pabrikan PC lain yang akan mengikuti.

Microsoft sudah bekerja keras pada rilis Windows 11 berikutnya, yang dikenal sebagai versi 22H2 yang akan melanjutkan visi Microsoft untuk menyederhanakan dan memodernisasi Windows UX jika memungkinkan. Banyak pengguna berharap pembaruan yang akan datang di Windows 11 akan lebih konsisten dalam hal mode gelap, lebih banyak antarmuka lama yang dirombak dengan desain modern, dan dukungan aplikasi Android, di antara lainnya.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend