Cara Download dan Install Windows 11 Gratis

Cara Unduh dan Install Windows 11 Gratis

NESABAMEDIA.COMPeningkatan gratis Windows 11 dari Windows 10 kini telah resmi dirilis ke publik. Microsoft mulai menawarkan peningkatan gratis ke perangkat baru yang masih dijual dengan Windows 10, sebelum membuat sistem operasi baru itu tersedia untuk perangkat keras lain yang memenuhi syarat.

Namun, tidak semua PC yang menjalankan Windows 10 dapat ditingkatkan ke Windows 11. Windows 11 akan membutuhkan setidaknya CPU Intel 8th Gen Coffee Lake atau Zen 2 atau CPU yang lebih tinggi, dukungan TPM 2.0 (Trusted Platform Module), RAM 4GB, dan penyimpanan 64GB. Persyaratan minimal itu membuat jutaan PC tidak dapat secara resmi meningkatkan ke Windows 11, meskipun akan ada solusi alternatif yang tidak didukung jika anda benar-benar menginginkan Windows 11.

Microsoft juga secara bertahap meluncurkan Windows 11, sehingga peningkatan gratis tidak akan ditawarkan ke semua perangkat PC meskipun benar-benar dinyatakan telah didukung. Semua perangkat PC yang ada dan telah memenuhi syarat ditargetkan akan bisa meng-upgrade Windows 11 pada pertengahan 2022.

Berikut adalah cara mendapatkan dan memasang Windows 11 hari ini, jika anda memiliki perangkat PC produksi baru, namun masih menggunakan Windows 10 atau perangkat yang telah memenuhi syarat untuk meningkatkan ke Windows 11.

  • Periksa apakah perangkat PC anda secara resmi didukung melalui aplikasi Microsoft PC Health Check.
  • Cadangkan atau lakukan backup semua dokumen, aplikasi, dan data penting.
  • Buka halaman Settings → Update & Security → Windows Update.
  • Periksa pembaruan (check update).
  • Jika pemutakhiran Windows 11 gratis telah tersedia, anda akan melihat opsi untuk mengunduh dan memasang.
  • Klik unduh dan pasang.
  • Ikuti petunjuk di layar dan konfigurasikan pengaturan Windows 11 sesuai selera.

Jika anda tidak melihat opsi untuk pemutakhiran Windows 11 gratis, dan PC anda sebenarnya didukung, mungkin anda bisa melakukan pemutakhiran langsung, tanpa harus menunggu antrian dengan menggunakan Installation Assistant Microsoft. 

  • Kunjungi halaman unduhan Windows 11 resmi berikut ini
  • Jika ingin langkah yang lebih mudah, gunakan Windows 11 Installation Assistant, dan kemudian tinggal klik tombol Download Now dan ikuti petunjuk selanjutnya.
  • Anda juga bisa membuat USB bootable atau DVD dengan memilih “Create Windows 11 Installation Media”.
  • Setelahnya, anda bisa mengunduh file image (ISO) untuk membuat media bootable atau memasangnya di mesin virtual. 

Sementara jika anda ingin memasang Windows 11 di perangkat yang tidak didukung, dan melewati persyaratan minimalnya, anda bisa gunakan langkah yang ada di halaman berikut.

Leave a Reply

Send this to a friend