Menu Konteks Klasik di Windows 11 Dapatkan Desain Lebih Baik

Menu Konteks Klasik di Windows 11 Dapatkan Desain Lebih Baik

Windows 11 kini didorong untuk bisa segera hadir di lebih banyak perangkat PC yang mendukung, dan tentunya ini hadir dengan banyak sekali perubahan atau peningkatan. Jika anda sudah meningkatkan ke Windows 11 versi 21H2 Build 22000, mungkin anda sekarang sudah tahu bahwa menu kontek utama masih hadir dengan “show more options”, yang membuka menu konteks asli.

Menu klik kanan Windows 11 lebih besar dan lebih mudah untuk dibaca atau disentuh ketimbang Windows 10, namun ternyata ini lebih lambat dan Microsoft sudah memahami masalah ini dari sejumlah laporan yang dikirimkan pengguna.

Menu konteks yang didesain ulang hadir dengan sejumlah ikon untuk tindakan dasar seperti copy, paste, rename dan delete. Opsi ini sebelumnya dihilangkan di semua aplikasi pihak ketiga karena membuat menu klasik dipenuhi terlalu banyak opsi.

Menu konteks Windows 11 menyembunyikan fungsionalitas yang mungkin diinginkan pengguna ke dalam tombol baru yang bernama ‘show more options’, yang pada dasarnya akan membuka menu konteks klasik. Namun, menu konteks klasik memiliki masalah desain dan itu adalah yang hendak diperbaiki Microsoft di pembaruan yang akan datang.

Menu Konteks Klasik

Menu Konteks Klasik

Seperti yang terlihat dalam tangkapan layar di atas, Microsoft kini sedang menguji coba tampilan baru untuk menu konteks klasik, yang akan muncul ketika mengklik kanan sebuah folder di File Explorer atau di desktop.

Pada dasarnya, ini adalah menu konteks original yang dibundel dengan Windows 10, namun kini telah diperbarui dengan desain baru dan terlihat lebih bersih. Ini juga menggunakan aksen warna biru yang baru, yang biasanya digunakan di aplikasi Windows modern. Namun, saat ini desain tersebut tidak mengikuti aksen warna di Windows 11 yang telah diatur oleh pengguna.

Microsoft menguji coba menu klik kanan klasik yang telah ditingkatkan ini di kanal Pengembang dari program Windows Insider, dan ini nantinya kan menjadi lebih baik. Tidak diketahui kapan pembaruan ini akan mulai dirilis ke pengguna umum di luar program Windows Insider, yang kemungkinan besar akan dimasukkan dalam pembaruan Windows 11 versi 22H2, yang telah dijadwalkan Oktober tahun depan. 

Build pratinjau terbaru juga hadir dengan perubahan penting, bagi mereka yang mengharapkan menu konteks untuk bisa muncul langsung ketika pengguna melakukan klik kanan di desktop. Opsi modern telah lama dianggap lambat, dan sepertinya Microsoft mendengarkan keluhan pengguna.

Untuk mengetahui informasi terkini seputar Windows, bisa mengunjungi link berikut ini:

Berita Terkini Seputar Windows

Kumpulan Tutorial Windows 10

Leave a Reply

Send this to a friend