Qualcomm Snapdragon 765 Chipset

Qualcomm Snapdragon 765, Buktikan Diri Lebih Handal Dari Seri 800

NESABAMEDIA.COMJika diperhatikan, mayoritas smartphone Android unggulan yang dirilis tahun ini, di dalamnya diketahui menggunakan chipset buatan Qualcomm.

Chipset hasil produksi Qualcomm menjadi pilihan ‘de facto’ bagi para pabrikan smartphone yang ingin merilis perangkat flagship, dan Snapdragon 865 menjadi andalannya. Akan tetapi, berita paling besar pada tahun ini adalah perilisan chipset Snapdragon 765.

Hampir semua pihak sepakat tentang apa yang bisa didapatkan dari flagship yang menggunakan chipset Qualcomm, namun dengan Snapdragon 765, Qualcomm menunjukkan bahwa pihaknya bisa menawarkan performa yang sama dengan harga yang lebih murah. 

Hasilnya, chipset Snapdragon 765 telah tersemat di sejumlah smartphone terbaik untuk tahun 2020 ini, di antaranya seperti Google Pixel 5, Pixel 4a 5G, OnePlus Nord, Motorola Edge dan banyak lagi yang lainnya. 

Lalu, apa yang ditawarkan oleh Snapdragon 765 sehingga menjadi andalan pabrikan smartphone saat ini? Jawabannya tentu saja masalah performa. Dengan dukungan dua Cortex A76 dan enam A55 core yang efisien dalam hal energi, chipset itu memberikan performa yang sama dengan Snapdragon 845. 

Lebih sederhananya, Snapdragon 765 menunjukkan bahwa smartphone kelas menengah bisa memberikan tingkat fluiditas yang sama dengan chipset kelas flagship dalam membantu melakukan aktivitas sehari-hari. 

Ketika berbicara pada rutinitas harian, penting untuk dicatat bahwa kini smartphone murah bisa memberikan performa yang bisa diandalkan. Sejumlah pengguna pun mengatakan bahwa smartphone mereka yang menggunakan Snapdragon 720, 732, 730, dan 662 masih bisa diandalkan untuk penggunaan sehari-hari saat ini. 

Pada konteks tersebut, Snapdragon 765 telah membuka jalan bagi pabrikan smartphone untuk mengenalkan perangkat dengan performa setingkat flagship dengan harga sekitar Rp3 jutaan saja. Memang benar perangkat seperti Pixel 5 dijual seharga Rp9 jutaan ke atas, namun chipset yang digunakan adalah versi baru yang mendukung teknologi 5G. 

Hal itu juga menjadi poin lain yang menjadikan Snapdragon 765 sebagai chipset yang bisa diandalkan. Di saat Snapdragon 865 menggunakan modem 5G eksternal, Snapdragon 765 menggunakan modem 5G yang sudah terintegrasi. Jadi alih-alih menggunakan dua modul berbeda yang tentunya menghabiskan ruang di mainboard, Snapdragon 765 menghadirkan solusi all-in-one.

Kehadiran Qualcomm Snapdragon 765 telah mengubah paradigma smartphone kelas menengah. Sepertinya Qualcomm pun terus melanjutkan momentum ini untuk tahun 2021 mendatang dan tahun-tahun berikutnya.

Leave a Reply

Send this to a friend