• Our Partners:

Akhir Dari Smartphone Snapdragon 8 Gen 1 Sudah Dekat, Digantikan Seri Plus

Akhir Dari Smartphone Snapdragon 8 Gen 1 Sudah Dekat, Digantikan Seri Plus

Hadirnya Snapdragon 8 Gen 1 Plus – Chipset Snapdragon 8 Gen 1 mewakili sebuah langkah penting yang diambil Qualcomm. Ini menandai masuknya perusahaan ke teritori chipset 4nm, dan juga menjadi debut dari arsitektur ARMv9. Lebih lanjut, juga menjadi awal proses rebranding untuk chipset Qualcomm. 

Perusahaan meninggalkan Snapdragon 800 series yang lama, untuk mulai dengan Snapdragon 8 series yang akan dibagi dalam beberapa generasi. Kini, tinggal menunggu waktu saja sampai generasi baru bergabung dalam format baru ini. 

Di samping kinerja apik yang dibubuhkan oleh Snapdragon 8 Gen 1, perusahaan sepertinya harus berurusan dengan beberapa masalah overheating, dan mereka juga tidak begitu senang dengan hasil fabrikasi chipset 4nm oleh Samsung. Pada awal bulan, Qualcomm telah menunjukkan minat mereka untuk mengubah hal ini dengan beralih ke TSMC. Tampaknya, chipset tersebut akhirnya hadir dalam bentuk seri Plus. 

Menurut sumber yang diterima oleh nesabamedia.com, chipset seri Plus ini akan hadir pada awal Juni atau Juli. Ini menunjukkan komitmen dari Qualcomm untuk membawa SoC baru itu ke pabrikan smartphone.

Tampaknya, upaya perusahaan akan lebih besar dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Misalnya, tingkat adopsi Snapdragon 888 Plus yang sangat rendah, dan mereka ingin mengubah situasi itu pada peluncuran Snapdragon 8 Gen 1 Plus tersebut. Faktanya, sudah ada sejumlah rumor yang mengungkap smartphone mana saja yang akan menggunakan platform baru itu.

Berdasarkan rumor, perangkat pertama yang akan menggunakan chipset baru itu akan menjangkau pasar Cina terlebih dahulu. Salah satu nama yang muncul adalah OnePlus 10 Ultra. Smartphone tersebut juga akan menandai langkah pertama OnePlus dalam memasuki pasar smartphone flagship. Namun, kabar ini tentu masih belum dikonfirmasi secara resmi. 

Perangkat berikutnya kemungkinan adalah Motorola Frontier atau Motorola Edge 30 Ultra. Perangkat yang akan datang ini telah cukup lama menjadi pembicaraan, dan bocoran mengungkap bahwa smartphone ini akan menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 1 Plus. Lebih lanjut, kamera yang digunakan adalah kamera 200MP.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend