Qualcomm Snapdragon 888 Benchmark

Qualcomm Pamerkan Benchmark Dari Snapdragon 888

NESABAMEDIA.COMSmartphone yang pertama ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 888 kemungkinan tidak akan hadir sebelum tahun baru 2021 nanti. Namun Qualcomm telah membagikan hasil benchmark dari chipset tersebut, yang bisa dijadikan gambaran bagaimana performa smartphone yang akan didukung oleh Snapdragon 888 tersebut. 

Karena hasil benchmark ini dirilis secara langsung oleh sang pembuat, yakni Qualcomm, maka sebaiknya hasil ini tidak perlu dijadikan patokan mutlak. Pasalnya tentu saja, Qualcomm akan membagikan hasil yang terbaik dari sudut pandang mereka sendiri, dan performa saat dipasangkan di smartphone nantinya akan berbeda tergantung dari smartphone itu sendiri.

Qualcomm membagikan hasil benchmark dengan memberikan sejumlah spesifikasi yang menarik. Snapdragon 888 itu terdiri dari :

  • 1x Cortex-X1 @ 2.84GHz
  • 3x Cortex-A78 @ 2.42GHz
  • 4x Cortex-A55 @ 1.8GHz

Dari data di atas, tidak ada proses overclocking di chipset tersebut. SoC itu disandingkan dengan RAM LPDDR5 12GB dan penyimpanan UFS 512GB. Layarnya menggunakan sebuah panel berukuran 6.65-inci 120Hz dengan resolusi 2,340 x 1080. Jadi spesifikasi pendukungnya berkategori high-end.

Dan ini, hasil benchmark dari Snapdragon 888 tersebut :

Benchmark Qualcomm Snapdragon 888

Benchmark Qualcomm Snapdragon 888

Qualcomm telah menjalankan benchmark dari Snapdragon 888 melalui sejumlah situs yang sudah cukup terkenal seperti AnTuTu, termasuk juga benchmark untuk AI secara spesifik untuk menunjukkan kemampuan machine learning yang dimiliki chipset tersebut. Banyak pihak pun sepakat jika performa yang dimiliki oleh Snapdragon 888 tergolong sangat cepat, tentu jika merujuk dengan penggunaan perangkat pada spesifikasi di atas.

Hasil benchmark ini pun juga menunjukkan peningkatan performa yang cukup signifikan dibandingkan chipset yang baru mereka rilis tahun lalu, yakni Snapdragon 865. Tercatat ada peningkatan hingga 25 persen. 

CPU Cortex-X1 benar-benar menyumbangkan skor yang sangat besar dan skor multi-core nya juga tidak kalah impresif. Kemudian hasil benchmark grafis dari GFX Bench juga mencatatkan skor yang sama seperti klaim Qualcomm sebelumnya, yakni adanya peningkatan performa sebesar 35 persen. Meski nanti hasilnya mungkin akan sangat berbeda pada game dan smartphone tertentu, namun setidaknya kita sudah bisa mengetahui performa maksimal yang dihasilkan dari chipset tersebut.

Leave a Reply

Send this to a friend