Sistem Operasi Windows 10X Final

Windows 10X Sudah Final, Diluncurkan Pertengahan 2021

NESABAMEDIA.COMSetelah selama setahun tetap diam mendapatkan cibiran dari banyak pihak, pengembangan dari sistem operasi Windows 10X telah memasuki tahap final dan Microsoft segera merilisnya ke manufaktur atau RTM. Artinya pembuatan perangkat komputer dengan berbasis sistem operasi itu akan memudahkan pabrikan.

Sebenarnya, Windows 10X diharapkan akan meluncur dengan Surface Neo (perangkat layar ganda buatan Microsoft), namun kini akan diluncurkan untuk produk layar tunggal terlebih dahulu dengan sejumlah batasan.

Pengamat Zac Bowden mengatakan bahwa Windows 10X Build 20279 telah berada dalam versi final. Dalam beberapa bulan ke depan menuju tanggal perilisan resminya, Microsoft akan meninjau versi Build tersebut dengan berfokus pada sisi perbaikan bug dan peningkatan performa.

Tampaknya Microsoft juga tidak akan menjual Windows 10X sebagai SKU tunggal. Dengan kata lain, konsumen tidak akan bisa membelinya secara terpisah untuk perangkat mereka saat ini. Akan tetapi, sistem operasi Windows 10X itu akan dijual pra-instal di perangkat laptop dan komputer. Jadi jika pengguna ingin membeli dan memasangnya di perangkat mereka sendiri, maka Microsoft tidak akan memberikan dukungan dan garansi apapun.

Pihak Microsoft sebelumnya telah menjanjikan peluncuran sistem operasi Windows 10X pada tahun 2020, sejak diperkenalkannya platform itu pada tahun lalu. Kini tampaknya jadwalnya berubah dan bisa dipastikan akan dirilis pada musim semi tahun 2021 (sekitar bulan April-Juni) mendatang, bersamaan dengan peluncuran pembaruan Windows 10 21H1

Dengan versi yang sudah final ini, Microsoft dipercaya tidak akan melakukan banyak perubahan pada fitur utama sistem operasi tersebut. Artinya, Windows 10X tetap akan hadir dengan Start Menu yang baru tanpa live tiles, Action Center baru yang berfokus pada notifikasi, pembaruan Windows yang lebih cepat dan sejumlah fitur menarik lainnya.

Sebagai informasi, Windows 10X merupakan versi ringan dari sistem operasi Windows 10 dan berbasis pada Windows Core. Versi Windows 10X saat ini juga kurang dukungan terhadap aplikasi desktop asli, namun ke depannya layanan Cloud PC Microsoft akan membantu pengguna untuk menjalankan aplikasi berbasis Win32 melalui koneksi jarak jauh berbasis Azure. 

Windows 10X juga ditujukan untuk mengganti komputer tradisional dan telah dioptimasi untuk perangkat yang memiliki memori terbatas agar bisa bersaing dengan sistem operasi Chrome milik Google di pasar edukasi.

Leave a Reply

Send this to a friend