Download WinDirStat 1.1.2

Download WinDirStat Terbaru Developer: WinDirStat Team
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 631KB


Ketika ruang hard drive hampir tidak tersisa, agak sulit rasanya untuk mencari tahu file-file mana yang paling banyak memakan ruang jika dilakukan secara manual. Semakin besar kapasitas hard drive, maka semakin sulit pula untuk melakukannya tanpa bantuan software. Untuk itulah WinDirStat dibuat.

WinDirStat adalah software untuk mempermudah pengguna dalam memeriksa isi hard drive untuk melihat file-file apa saja yang membuatnya penuh. Software open source ini dikembangkan oleh Bernhard Seifert untuk Windows setelah merasa tertarik dengan KDirStat yang dibuat untuk KDE 3.

Fitur dan Keunggulan WinDirStat

Download WinDirStat Terbaru

Tampilan WinDirStat Terbaru

WinDirStat dapat memindai seluruh isi harddisk, satu atau beberapa drive, atau isi sebuah folder beserta seluruh subfolder yang ada didalamnya. Sedangkan hasil pemindaiannya disajikan dalam tiga mode tampilan, yaitu direktori, treemap, dan daftar ekstensi file.

1. Direktori

Direktori memuat daftar folder dan file yang diurutkan berdasarkan ukuran file terbesar atau berdasarkan pada seberapa banyak ruang harddisk yang dikonsumsi. Disitu anda bisa menjelajahi isi setiap folder dan langsung menghapus file jika dirasa perlu. Anda juga bisa langsung membuka folder tersebut di dalam File Explorer melalui menu klik-kanan atau dengan keyboard shortcut.

2. Treemap

Treemap, yang terletak paling bawah, adalah peta file yang tersusun atas deretan kotak-kotak berwarna. Setiap kotak mewakili file dan ukurannya, dan setiap warna merepresentasikan jenis file. Semakin besar sebuah kotak, maka semakin besar pula ukuran file yang diwakilinya.

3. Daftar Ekstensi

Daftar ekstensi yang terletak di kanan atas memuat keterangan warna yang digunakan di dalam peta. Misalnya, warna ungu untuk mewakili file mp4, kuning untuk jpg, hijau untuk pdf, dan sebagainya. Selain itu anda juga dapat melihat tipe file yang mana yang paling banyak menempati ruang harddisk.

Ketiga tampilan di atas terhubung langsung antara satu sama lainnya. Sebagai contoh, jika anda mengklik sebuah file PDF di dalam direktori, maka kotak berwarna yang mewakili file tersebut di dalam treemap juga akan terseleksi secara otomatis. Begitu pula dengan panel daftar ekstensi. Ekstensi PDF juga akan langsung terseleksi sehingga anda bisa melihat informasi yang terkait dengan ekstensi tersebut.

Setiap file dan folder di dalam WinDirStat juga dapat dihapus tanpa harus membuka File Explorer. Cara menghapusnya sama saja seperti biasanya, tapi ada sedikit fitur ekstra. Ketika sebuah file atau folder di klik kanan, selain pilihan untuk memindahkan file ke recycle bin, juga ada pilihan untuk menghapus file secara permanen.

Pilihan-pilihan lain yang ada di dalam menu klik kanan tersebut antara lain pilihan untuk menyalin alamat folder, membuka command prompt, dan refresh. Opsi refresh ini disediakan untuk memindai ulang apabila pengguna menambahkan atau menghapus file melalui File Explorer.

Download WinDirStat Terbaru

Kecepatan pemindaian di WinDirStat termasuk pelan. Kalau sebelumnya anda menggunakan software lain seperti Wiztree, selisih kecepatannya pasti akan terasa. Tapi, penyajian data di WinDirStat relatif lebih informatif berkat adanya fitur treemap. Begitu hasil pemindaiannya selesai, pengguna dapat langsung menemukan file-file yang ukurannya paling besar melalui treemap. Download WinDirStat terbaru dan gratis melalui link dibawah ini:

Sending
User Review
5 (1 vote)

Leave a Reply

Send this to a friend