Download Folder Guard 19.7

Download Folder Guard Terbaru Developer: WinAbility Software
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 6MB


Fungsi utama dari Folder Guard adalah untuk melindungi file dan folder dari siapapun yang tidak memiliki hak akses. Dalam hal ini pengguna bisa memilih untuk menggunakan password atau hanya membatasi hak akses tanpa harus memasang password pada setiap file atau folder.

Saat diinstall, Folder Guard menyediakan beberapa bahasa untuk dipilih dan salah satunya adalah bahasa Indonesia. Pengguna juga diberi pilihan untuk memasang shortcut di semua akun user. Jika pilihan tersebut tidak dicentangi, maka shortcut hanya akan tersedia di desktop akun Administrator.

Ketika dijalankan untuk yang pertama kalinya, pengguna akan diminta untuk membuat password utama yang disebut dengan istilah Master Password. Password ini digunakan untuk membuka jendela utama Folder Guard. Selain itu, password ini juga akan diminta setiap kali pengguna ingin menghentikan fitur proteksi untuk sementara waktu.

Fitur dan Kegunaan Folder Guard

Download Folder Guard Terbaru

Tampilan Folder Guard Terbaru

Untuk mengunci folder atau file, pengguna harus memasukkannya terlebih dahulu ke dalam jendela utama Folder Guard. Cara memasukkan file ada tiga, yaitu dengan metode drag and drop, melalui kotak dialog Browse, atau dengan menggunakan fitur pengelola file yang tersedia di dalam menu Folders.

Setiap file dapat memiliki empat password sekaligus dan setiap password dapat memiliki pengaturan yang berbeda-beda. Misalnya, password pertama untuk membuka file dengan hak akses penuh dimana pengguna dapat mengedit file tersebut, password kedua untuk membuka file tanpa bisa mengeditnya, password ketiga untuk kembali mengunci file secara otomatis setiap kali jendela File Explorer ditutup, dan password keempat untuk kembali mengaktifkan proteksi setiap kali Windows masuk ke mode lock screen.

Setiap file atau folder juga dapat memiliki password yang berbeda-beda antara satu sama lain. Misalnya, folder pertama diberi password 123, folder kedua diberi password 899, folder ketiga diberi password 789, dan seterusnya. Sedangkan untuk membuka file yang dikunci dapat dilakukan melalui jendela utama Folder Guard atau melalui File Explorer. Jika ingin membuka semua file yang diproteksi sekaligus, Folder Guard dapat dinonaktifkan sementara waktu.

Metode proteksi selanjutnya yang diterapkan oleh Folder Guard adalah pembatasan hak akses tanpa password. Metode ini memungkinkan file tetap tidak terlihat meskipun File Explorer diatur untuk menampilkan file yang disembunyikan. File juga bisa dibuat agar tetap terlihat tapi tidak dapat diakses atau bisa dibuka tapi tidak dapat diedit.

Demi keamanan yang lebih kuat, tersedia opsi untuk tetap mengaktifkan Folder Guard saat Windows dijalankan dalam safe mode. Selain itu, mode Stealth mampu menyembunyikan Folder Guard supaya tidak terlihat di dalam File Explorer dan Apps & features (untuk Windows 10) atau Add/Remove Programs (untuk Windows versi sebelumnya). Saat diuji coba dengan software uninstaller lainnya seperti Hibit Uninstaller, Folder Guard juga tetap tidak terlihat didalamnya.

Download Folder Guard

Selain dapat mengunci folder dan file, Folder Guard juga bisa mengunci semua software dalam waktu yang bersamaan kecuali beberapa software yang ditentukan oleh pengguna. Dan sebagai tambahan, akses ke drive eksternal pun bisa diblokir.

Bagi anda yang membutuhkan software pengunci file, Folder Guard menawarkan banyak fitur proteksi yang beberapa diantaranya mungkin tidak akan anda sangka. Disamping kemampuan untuk menerapkan password yang berlapis-lapis, Folder Guard juga disertai dengan fitur recovery untuk mengatasi masalah password yang terlupa. Download Folder Guard terbaru dan gratis melalui link dibawah ini:

Sending
User Review
5 (1 vote)

Leave a Reply

Send this to a friend