Microsoft Password Windows 10

Microsoft Berencana Hapus Penggunaan Password di Tahun 2021

NESABAMEDIA.COMTelah lama Microsoft menentang penggunaan password atau kata sandi tradisional karena kecanggihan teknologi yang terus berkembang, membuatnya menjadi tidak aman lagi dari ancaman dan serangan siber.

Microsoft pun telah berinvestasi dalam berbagai solusi selama beberapa tahun terakhir, seperti menghadirkan Windows Hello, Microsoft Authenticator, FIDO2 dan autentikasi Palm Vein.

Microsoft baru saja mengumumkan mengenai progress yang telah mereka jalankan untuk benar-benar menghapuskan penggunaan password tradisional. Mereka menyebut bahwa penggunaan password akan menjadi hal kuno, bagi para pengguna mereka di tahun 2021 mendatang.

Raksasa teknologi asal Redmond itu mengklaim bahwa sebanyak 80 persen dari total serangan siber semuanya menargetkan password, dan sekitar 250 akun perusahaan menjadi korban peretasan setiap bulannya. Mereka pun berusaha menghadirkan solusi bebas password atas hal ini.

“Pada November 2019 lalu dalam gelaran Microsoft Ignite, kami telah membagikan informasi bahwa lebih dari 100 juta pengguna telah menggunakan fitur login tanpa kata kunci di setiap bulannya. Lalu pada bulan Mei 2020, tepat pada peringatan World Password Day, jumlahnya telah bertambah menjadi lebih dari 150 juta pengguna. Penggunaan akses biometrik untuk akun bisnis pun telah bertambah dua kali lipat dari sebelumnya. Kami pun telah siap untuk menghadirkan akses tanpa kata kunci untuk semua pelanggan kami di tahun 2021,” kata Microsoft.

Selama tahun 2020 ini, Microsoft telah berpartisipasi dalam sejumlah konferensi untuk membagi visi mereka soal bebas password di masa depan dan program Zero Trust. Microsoft pun menunjukkan langkah mereka dalam mendukung Azure Active Directory untuk kunci keamanan FIDO2, seperti halnya wizard bebas password yang ada di pusat admin Microsoft 365

Pihaknya pun juga telah bekerjasama dengan sejumlah perusahaan keamanan dari Microsoft Intelligent Security Association (MISA) untuk mengembangkan solusi bebas password.

2021 akan menjadi tahun di mana Microsoft berencana untuk menjadikan penggunaan password sebagai hal yang kadaluarsa, ketinggalan zaman, dan kuno bagi para konsumen mereka. Mereka pun menekankan bahwa meninggalkan penggunaan password akan membuat kehidupan internet akan jauh lebih mudah dan juga jauh lebih aman.

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Leave a Reply

Send this to a friend