• Our Partners:

Hard Drive Disk Management Tool Windows 10

Modernisasi di Windows 10, Microsoft Janjikan Perkaya Fitur Disk Management Tool

NESABAMEDIA.COMDisk Management Tool terbaru untuk Windows 10, menjadi bagian dari langkah Microsoft untuk mulai mengubah aplikasi dan layanan lama yang ada di perangkat berbasis Windows, yakni di bagian Settings atau pengaturan, menjadi lebih modern. 

Pada awal tahun 2020 ini, pihak Microsoft mengumumkan bahwa akan ada sejumlah fitur dan alat yang lebih ‘modern’ dari yang sudah ada di Windows 10. Dan kali ini, yang muncul adalah Disk Management Tool dengan versi terbarunya.

Sejak Windows 95, pengguna kerap kali melakukan manajemen dan pengaturan pada hard drive mereka dengan menggunakan fitur Disk Management Tool (diskmgmt.msc). Seperti melakukan partisi, mengubah volume dan melakukan pembersihan serta perbaikan hard drive.

Dengan pembaruan yang saat ini masih dalam tahap uji coba di Windows Insider, Microsoft mencoba mengenalkan pengguna dengan Disk Management Tool yang jauh lebih modern. Fitur tersebut namanya berganti menjadi Manage Disk and Volume. Fitur ini memungkinkan adanya integrasi yang jauh lebih kompleks dengan kapasitas penyimpanan dan pengaturan penyimpanan.

Untuk mengakses tool yang lebih ‘modern’ ini, pengguna bisa mulai dari halaman pengaturan atau Settings, kemudian ke System, lalu ke opsi Storage dan memilih Manage Disk and Volumes. 

Modern Disk Manager

Modern Disk Manager

Dengan fitur terbaru itu, pengguna bisa jauh lebih mudah dalam mengatur label, volume serta melakukan partisi pada hard drive, dengan hanya beberapa klik saja. Namun karena masih dalam tahap beta, masih banyak opsi yang belum muncul dan penggunaanya pun cukup terbatas.

Beberapa keterbatasan itu dijelaskan Microsoft bahwa saat ini pengguna memang bisa melakukan partisi dan mengubah volume. Namun pengguna masih belum bisa menambah jumlah partisi atau menampilkan distribusi dari partisi dalam bentuk diagram grafis bergambar, seperti yang ada di Disk Management Tool versi lama. 

Karena sejumlah keterbatasan itu, banyak pengguna yang sedikit kecewa. Sebab fitur Manage Disk and Volumes itu terkesan seperti belum benar-benar selesai. Namun pihak Microsoft meyakinkan bahwa dalam beberapa pembaruan yang akan datang, akan ditambahkan sejumlah fitur dan kemampuan baru pada Manage Disk and Volumes tersebut. Mereka saat ini tengah berusaha keras mengembangkan tool tersebut.

Leave a Reply

Send this to a friend