• Our Partners:

Browser Microsoft Edge di Perangkat Windows 10

Terlalu Agresif, Microsoft Pasang Banner Promosi Browser Edge di Sejumlah Aplikasi Windows 10

NESABAMEDIA.COMSebagai bagian untuk mempromosikan penggunaan browser Edge, Microsoft memunculkan banner iklan browser Edge di halaman pengaturan atau Settings Windows 10. Sebelumnya, banner ini muncul saat pengguna melakukan instalasi browser selain milik Microsoft seperti Chrome atau Firefox dan juga di halaman pencarian di Windows 10. Setidaknya ini adalah rayuan dari Microsoft agar pengguna mau beralih dari browser lain ke Edge.

Banner iklan browser Edge sejauh ini muncul pada versi insider build untuk Windows 10 Home dan pengguna tertentu Windows Pro di perangkat PC. Dengan demikian, banner promosi tersebut kemungkinan besar merupakan eksperimen atau uji coba dari Microsoft dan belum tentu akan muncul di seluruh perangkat yang menggunakan Windows 10. 

Microsoft menempatkan banner iklan Edge itu di bagian header atau atas di halaman aplikasi pengaturan atau Settings. Sebelumnya, bagian header itu menampilkan informasi dasar seperti akun pengguna, OneDrive, dan juga pembaruan Windows 10.

Microsoft sendiri pertama kali mengenalkan halaman pengaturan atau Settings dengan tampilan baru pada update bulan Mei kemarin. Tujuan dari header di halaman aplikasi Settings itu digunakan untuk menampilkan sejumlah informasi penting. Kini dalam versi insider Windows 10 Home, opsi ‘Web Browsing’ digunakan untuk merekomendasikan browser Chromium Edge.

Jika pengguna melakukan klik pada opsi ‘Web Browsing’ tersebut, namun sudah menginstal browser lain seperti Chrome ataupun Firefox, maka Microsoft akan menampilkan sebuah notifikasi yang berisi rayuan agar pengguna memilih browsing menggunakan Edge ketimbang lainnya.

Banner Iklan Browser Microsoft Edge

Banner Iklan Browser Microsoft Edge

Di bawah opsi ‘Web Browsing’, Microsoft juga menampilkan peringatan bertuliskan ‘Restore Recommended’, yang jika diklik akan menjadikan browser Edge sebagai browser default dengan sekali klik.

Sejauh ini memang Microsoft terus berambisi memberikan fitur-fitur dan performa lebih baik pada browser Edge, dan dalam beberapa sisi berhasil mengungguli Chrome. Namun kebijakan Microsoft yang terlalu agresif dalam mempromosikan browser Edge kepada pengguna juga bisa berdampak buruk. 

Kini banyak pengguna yang mengeluhkan banner-banner promosi Chromium Edge yang seringkali muncul saat pengguna menggunakan perangkat berbasis Windows. Sejauh ini tidak ada cara untuk mematikan atau menghilangkan banner tersebut, dan ini bukanlah kabar yang baik.

Leave a Reply

Send this to a friend