• Our Partners:

Browser Edge dan Google Chrome di Windows

Browser Edge Dibombardir Dengan Fitur Baru, Siap Kalahkan Chrome di Windows

NESABAMEDIA.COMMicrosoft rupanya sedang sibuk merilis banyak sekali fitur-fitur baru untuk browser Edge dalam kurun waktu sebulan belakangan.

Sepertinya, Microsoft benar-benar serius untuk memenangkan perang aplikasi browser melawan Chrome. Momentum ini sepertinya juga tidak akan mengalami penurunan dalam beberapa waktu ke depan. 

Sebab Edge terus menerus menghadirkan beragam fitur baru lainnya guna menarik perhatian pengguna dari kalangan bisnis dan pekerja, di tengah meningkatnya tren bekerja dari rumah akibat adanya wabah pandemi. 

Pembaruan fitur pertama yang mencolok yakni pada integrasi file PDF. Nantinya, pengguna akan bisa menambahkan notes pada file PDF dan fitur ini ditargetkan rilis pada bulan depan. Tak hanya itu, pengguna juga bisa melakukan navigasi pada file PDF berukuran besar dengan sistem daftar isi yang interaktif.

Di waktu yang sama, pengguna juga bisa mencari file secara langsung di dalam browser Edge melalui address bar-nya. Untuk menggunakan fitur ini, pengguna harus melakukan konfigurasi yang diinginkan pada fitur pencarian. 

Integrasi dengan produk Microsoft lainnya juga menjadi sasaran utama pembaruan fitur pada browser Edge, khususnya di perangkat berbasis Windows. Hal ini juga menjadi salah satu cara perusahaan untuk mendorong pengguna dengan berlatar belakang bisnis atau pekerja untuk menggunakan browser Edge. 

Browser Edge kini mampu mendukung kebijakan atau policies yang ada di Microsoft Endpoint Data Loss Prevention, yang memiliki fungsi untuk menemukan dan melindungi file dan data sensitif di seluruh layanan yang terkait dengan Office 365. 

Pada sisi performa, Edge juga akan mendapatkan pembaruan fitur bernama “Sleeping Tab.” Fitur ini akan menonaktifkan halaman yang sedang tidak ditampilkan di layar monitor dalam mode sleep. Sehingga fitur ini diklaim bisa menghemat penggunaan memori perangkat pengguna hingga 29 persen. Pada perangkat Laptop berbasis Windows, juga akan menghemat baterai.

Berikutnya adalah fitur tangkapan layar, yang memungkinkan pengguna mengambil tangkapan layar pada browser Edge dengan ukuran tertentu, dari yang terpotong sampai keseluruhan halaman. 

Sementara pada sisi keamanan, Microsoft Edge memiliki fitur yang bisa memberikan ‘tanda bahaya’ jika password yang tersimpan di browser, dicurigai rentan akan pembobolan data. 

Dengan sejumlah pembaruan dari berbagai sisi tersebut, tidak salah jika ke depan akan terjadi peningkatan pengguna Microsoft Edge, dan kemungkinan berpindahnya pengguna Chrome. Mengingat, integrasi dengan sistem operasi bawaan, dalam hal ini Windows 10, adalah menjadi aspek paling utama agar aktivitas pengguna semakin dimudahkan.

Leave a Reply

Send this to a friend