Pembaruan Browser Edge Akan Ikuti Jadwal Milik Chrome

Pembaruan Browser Edge Akan Ikuti Jadwal Milik Chrome

NESABAMEDIA.COMBrowser Microsoft Edge, nantinya akan mendapatkan pembaruan setiap empat minggu sekali terhitung mulai versi 94. Sehingga jadwal perilisan pembaruan untuk browser Microsoft Edge ini akan menyamai dengan jadwal perilisan pembaruan browser Google Chrome. 

Salah satu konsep yang membuat software open source menjadi lebih menarik adalah kemampuannya untuk merilis pembaruan secara konsisten dan lebih sering. Para pengembang terus berintegrasi dengan kebutuhan pengguna melalui setiap pembaruan yang dikirim dan umpan balik yang didapatkan. Siklus pratinjau dan perilisan ini tentunya harus lancar. Namun hal ini tidak selalu demikian dengan browser Microsoft Edge. 

Sejak beralih ke dasar pemrograman Chromium, browser Microsoft Edge telah menerima pembaruan yang lebih konsisten daripada sebelumnya saat masih dalam versi Legacy. Sayangnya, meskipun telah lebih konsisten, namun masih tertinggal jika dibandingkan dengan browser Chrome. Saat Chrome telah mendekati iterasinya yang ke-100, Microsoft justru berencana untuk meningkatkan siklus rilis mereka sendiri. 

Awal bulan ini, Google mengatakan bahwa mereka akan beralih ke jadwal perilisan empat mingguan. Ini artinya pembaruan dari Chrome akan dikirimkan setiap satu bulan sekali. Di pihak lain, Microsoft mulai berubah dan mengatakan bahwa browser Edge akan ikut melakukan penjadwalan perilisan pembaruan yang sama. 

Menurut laporan dari Microsoft yang diunggah dalam sebuah unggahan blog, Microsoft Edge versi 94 akan mulai memiliki jadwal perilisan pembaruan yang berbeda. Menariknya, jadwal itu akan sama dengan yang dilakukan oleh Chrome. Dengan kata lain, baik Chrome dan Edge nantinya akan melewati versi 100 mereka di saat yang sama. 

Microsoft mengatakan, perubahan penjadwalan itu kemungkinan akan terjadi dalam waktu sekitar enam bulan ke depan. Para pelanggan bisnis yang tidak menginginkan jadwal empat mingguan, bisa memilih untuk melakukan memperlambat pembaruan itu menjadi 8 mingguan. Namun, pilihan ini telah dimatikan secara default. 

Selain menjanjikan untuk menghadirkan lebih banyak fitur baru lebih sering, jadwal baru ini juga dirasa sangat penting untuk sisi keamanan browser. Pasalnya, saat ini serangan siber di dunia maya menjadi semakin sering terjadi, dan pembaruan yang rutin akan menjadikan browser Edge setidaknya lebih terlindungi dari ancaman serangan itu. 

Leave a Reply

Send this to a friend