Microsoft Edge Legacy Dihentikan Dukungannya

Microsoft Akhirnya Hentikan Dukungan Untuk Browser Edge Versi Lama (Legacy)

NESABAMEDIA.COMDukungan resmi Microsoft untuk browser Edge versi lama (Legacy) atau sebelum menggunakan Chromium, akhirnya dihentikan. Edge versi lama itu pada awalnya merupakan pengganti dari browser Internet Explorer, dan pada perjalanannya, Microsoft merombak bahasa pemrograman dasar Edge menjadi berbasis Chromium untuk memenuhi perkembangan teknologi dan kebutuhan pengguna. 

Penghentian dukungan terhadap browser Edge versi lama ini sendiri sudah digaungkan Microsoft pada bulan Agustus tahun lalu. Jika ada pengguna yang masih menggunakan Edge versi lama, disarankan untuk meningkatkan ke browser Edge yang baru, atau mencari alternatif browser lainnya. 

Browser Edge Legacy ini dulunya dikembangkan dalam sebuah proyek dengan kode nama Spartan, sebelum hadirnya sistem operasi Windows 10. Tujuannya dijadikan sebagai browser internet default saat pendistribusian Windows 10 ke depannya. Saat Microsoft mengubah basis bahasa pemrograman menjadi Chromium, mereka masih memilih untuk mempertahankan nama Edge. 

Versi Chromium-nya, dikembangkan secara mendalam dalam status beta sepanjang tahun 2019, kemudian baru dirilis pada tahun 2020. Alhasil, browser Edge versi lama itu masih tetap bertahan selama satu tahun, sebelum hadirnya versi Chromium. 

Di sisi lain, Microsoft juga mengatakan bahwa versi Legacy dari browser Edge itu akan secara otomatis terhapus dari perangkat pengguna, dengan hadirnya pembaruan Windows 10 pada bulan April nanti. Setelahnya, Edge versi terbaru yakni Chromium yang akan terpasang di sistem. 

Ada sisi positif dan negatif dari adanya kebijakan penghapusan Edge versi lama ini. Dalam banyak hal, Edge versi Chromium menawarkan sejumlah fitur dan peningkatan yang jauh lebih baik ketimbang versi lama. Namun untuk mesin pemrosesan halaman web khusus Microsoft, yang berasal dari versi pertama Internet Explorer, selanjutnya hanya akan tinggal sejarah. 

Namun, jika melihat dari segi tampilan maupun performa, bisa dikatakan bahwa Edge versi lama itu sama sekali tidak akan dirindukan oleh pengguna atau para penggemar layanan Microsoft. Pada akhirnya, Edge versi lama akan benar-benar menjadi sebuah browser yang usang dan Edge versi Chromium akan menggantikannya secara penuh. 

Leave a Reply

Send this to a friend