Download Chromium 76.0.3809.100

Download Chromium Terbaru Developer: The Chromium Team
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 53MB


Chromium adalah browser open source yang mengemban misi untuk memberikan pengalaman browsing yang nyaman dan aman. Sebagai sebuah proyek open source, teknologi Chromium telah diadopsi oleh browser lain seperti Google Chrome, Vivaldi, Brave, Torch, Opera, Microsoft Edge, Yandex dan masih banyak lagi lainnya.

Tampilan Chromium sama persis seperti Google Chrome. Jika keduanya dijalankan secara bersamaan, sulit untuk membedakan keduanya tanpa melihat icon kedua browser tersebut di taskbar. Kesamaan tampilan ini wajar karena keduanya sama-sama dikembangkan oleh Google dan sejak awal Chromium memang ditujukan untuk menjadi basis pengembangan Google Chrome.

Fitur dan Keunggulan Chromium

Download Chromium Terbaru

Tampilan Chromium Terbaru

Dukungan Ekstensi

Fitur-fitur yang tidak ada pada Chromium dapat ditambahkan dengan menginstall ekstensi yang bisa diunduh dari situs Chrome webstore. Misalnya seperti Dark Reader yang dapat mengubah warna halaman web menjadi gelap dan Checker Plus for Gmail untuk menampilkan notifikasi pop-up setiap kali ada pesan yang masuk ke akun Gmail.

Pengelola Password

Setelah login ke sebuah akun website, Chromium menampilkan kotak dialog yang memuat nama user dan password yang baru saja digunakan pada akun tersebut. Melalui kotak dialog ini, pengguna dapat menyimpan data login di dalam browser. Semua data login juga bisa ditinjau sewaktu-waktu dan disimpan dalam format csv.

Task Manager

Fitur ini mirip seperti Task Manager milik Windows tapi informasinya lebih mendetail. Tampilannya berupa sebuah jendela kecil yang memuat informasi penggunaan memori dan aktivitas CPU setiap tab, ekstensi dan komponen browser lainnya secara real time. Dari jendela ini pengguna dapat mengetahui website mana saja yang mengkonsumsi resource paling besar. Selanjutnya website tersebut dapat ditutup hanya dengan satu kali klik pada tombol End Process jika dirasa perlu.

Tema

Selain dapat diganti secara manual, tema Chromium juga bisa berganti dengan sendirinya. Tema browser berubah menjadi gelap atau terang secara otomatis sesuai dengan pengaturan tema pada Windows 10. Bagi pengguna yang ingin menggantinya secara manual bisa menginstall theme dari Chrome webstore.

Sesi Browsing

Chromium mampu menyimpan sesi browsing untuk dilanjutkan pada sesi berikutnya. Setelah fitur ini diaktifkan, semua tab akan kembali terbuka seperti sebelumnya setiap kali browser dijalankan.

Sisi positifnya, pengguna bisa langsung melanjutkan aktivitas browsing yang sebelumnya tanpa harus membuka tab satu-persatu melalui menu History. Sisi negatifnya, semakin banyak tab yang dimuat juga akan membuat loading browser semakin lambat.

Download Chromium Terbaru

Jika dibandingkan dengan Google Chrome, Vivaldi dan Mozilla Firefox, setidaknya ada dua kelebihan yang dimiliki Chromium. Yang pertama, lebih ringan. Masalah disk usage yang tinggi saat browsing tidak separah di ketiga browser tersebut. Loadingnya pun relatif lebih cepat. Yang kedua, tidak perlu diinstall sehingga bisa langsung digunakan tanpa harus melalui proses instalasi. Download Chromium terbaru dan gratis melalui link dibawah ini:

[Windows 32 Bit]

[Windows 64 Bit]
Sending
User Review
5 (1 vote)

Leave a Reply

Send this to a friend