Aplikasi Paint3D Microsoft Dihapus di Windows 10

Microsoft Juga Hapus Aplikasi Paint3D dan 3D Viewer dari Windows 10

NESABAMEDIA.COMPada tahun 2017 silam, Microsoft merilis Windows 10 Creator Update, yang berisi banyak sekali aplikasi yang difokuskan untuk pembuatan objek 3D untuk sistem operasi tersebut. Adanya Creator Update itu, memungkinkan pengguna untuk membangun objek-objek 3D, mendesain objek 3D melalui aplikasi Paint3D bahkan sampai mencetak dalam bentuk 3D juga. 

Namun, Microsoft kemudian memberikan pengumuman resmi yang berbunyi:

“Kami yakin bahwa semua orang sejatinya adalah para kreator dan kreativitas merupakan sifat paling utama yang dimiliki manusia. Dan tidak peduli siapapun anda, Windows 10 dibuat untuk memberdayakan para kreator di dalam diri kita semua. Untuk menunjukkan kepada anda beberapa fitur hebat baru yang hadir dalam Creator Update berikutnya, kami memiliki sebuah episode yang sangat spesial minggu ini di Windows hanya untuk anda. 

Inovasi baru dalam Windows 10 Creator Update yang mencakup 3D di Windows 10, penyiaran game bawaan, fitur pengelola tab yang baru, dan lainnya di Microsoft Edge, serta fitur keamanan yang telah ditingkatkan seperti dasbor privasi Microsoft yang baru”.

Selama beberapa tahun, Microsoft telah berencana untuk menggantikan aplikasi Paint dengan Paint3D dan merilis Paint melalui Microsoft Store untuk mereka yang benar-benar membutuhkan aplikasi tersebut. Sayangnya, hal tersebut dibatalkan dan justru aplikasi Paint3D lah yang ditempatkan di Microsoft Store. 

Kemarin, Microsoft telah membuat pernyataan resmi dengan merilis pembaruan Windows 10 Build 21332 tanpa keberadaan dari aplikasi Paint3D dan 3D Viewer, dan tentu saja, menyembunyikan folder objek 3D secara default. 

Dalam pembaruan tersebut, Microsoft mengatakan bahwa aplikasi 3D Viewer dan Paint3D tidak akan lagi ada dalam bentuk pra-pemasangan di build Insider Preview. Kedua aplikasi itu akan tetap tersedia di Microsoft Store dan tetap berada di perangkat setelah pembaruan sistem operasi. Microsoft juga menambahkan bagi para pengguna yang telah meningkatkan perangkat PC seperti biasanya, maka tidak akan melihat perubahan aplikasi ini dalam daftar aplikasi. 

Pada akhirnya, masalah utama yang dihadapi adalah tidak lagi ada cara yang mudah untuk melakukan hal-hal yang rumit seperti menciptakan objek 3D, dan jika nantinya pengguna masih membutuhkan pembuatan objek 3D yang rumit, maka disarankan untuk mencari alternatif aplikasi lainnya. 

Leave a Reply

Send this to a friend