Folder Objek 3D Windows 10

Selamat Tinggal Folder Objek 3D Windows 10 Yang Tidak Berguna

NESABAMEDIA.COMMicrosoft akan menghilangkan salah satu bagian dari Windows 10 yang paling sedikit digunakan oleh pengguna, yakni Folder Objek 3D. Mungkin mayoritas pengguna juga tidak sadar jika bagian tersebut sudah ada sejak Windows 10 dilahirkan. Karena Microsoft segera menghadirkan pembaruan Sun Valley di Windows 10 sebagai langkah ‘penyegaran’ kembali dari sistem operasi tersebut, sepertinya proses bersih-bersih itu sudah dimulai. 

Microsoft mengumumkan penghapusan Folder Objek 3D ini dalam sebuah unggahan blog yang diterbitkan pada hari Rabu 24 Februari yang lalu. Unggahan blog itu berjudul “Pengumuman Windows 10 Insider Preview Build 21322.” 

Dalam bagian daftar perubahan dan peningkatan, unggahan itu menuliskan informasi bahwa Folder Objek 3D tidak akan lagi dimunculkan sebagai folder spesial di File Explorer setelah pengguna memasang pembaruan Preview Build 21322 ini. 

Sebagai informasi tambahan dan pengingat, pada sekitar tahun 2016 silam, ketika Microsoft ingin mengedepankan objek 3D, mereka memunculkan folder spesial untuk menampung objek-objek 3D tersebut. Oleh karena itu ada beberapa aplikasi yang bernama Paint 3D dan 3D Effects di Windows 10. 

Obsesi Microsoft terhadap semua yang berbau tiga dimensi juga kemudian mengungkapkan keberadaan dari Microsoft HoloLens, sebuah kacamata realitas campuran yang kini tidak lebih hanya sebuah aksesoris dalam kebutuhan bisnis. 

Folder Objek 3D sendiri selama perjalanannya kurang mendapatkan sambutan dari para pengguna, dan hanya menjadi sebuah folder kosong karena tidak cocok dengan kebutuhan mayoritas pengguna Windows 10. 

Pada akhirnya, Microsoft pun berpikir akan lebih baik jika ruang yang tidak terpakai oleh Folder Objek 3D itu bisa dimanfaatkan untuk hal lain yang lebih berguna. Dalam hal ini, Microsoft sepertinya menghilangkan folder tersebut untuk memberikan ruang bagi pembaruan Sun Valley yang dijadwalkan akan diluncurkan pada musim gugur tahun 2021 ini. 

Tentu saja, seperti kebiasaan Microsoft dengan fitur-fitur sebelumnya, rencana penghilangan Folder Objek 3D di Windows 10 ini tidaklah sepenuhnya akan menghilangkan keberadaan fitur tersebut. Pengguna masih bisa menemukan folder tersebut dengan mengakses ‘%userprofile%’ di File Explorer atau dengan memilih opsi Show All Folder di panel navigasi. 

Leave a Reply

Send this to a friend