Jaminan Pembaruan Keamanan Samsung 4 Tahun

Samsung Berani Berikan Jaminan Pembaruan Keamanan Sampai 4 Tahun

NESABAMEDIA.COMSamsung dikabarkan baru saja mengumumkan sebuah kebijakan baru untuk pembaruan Samsung. Kebijakan itu menyatakan bahwa semua perangkat smartphone Android dengan merk Galaxy yang dirilis mulai tahun 2019 dan setelahnya, akan mendapatkan jaminan pembaruan keamanan hingga empat tahun. Ini termasuk jajaran Galaxy seperti Galaxy S, Note, Z, A, XCover dan Tab dengan total lebih dari 130 model. 

Pada tahun lalu, Samsung juga telah memberikan kejutan untuk para penggunanya, bahwa mereka mengumumkan akan memberikan dukungan untuk peningkatan perangkat Android hingga tiga tahun lamanya. Jangka waktu ini merupakan tambahan khusus peningkatan selama satu tahun, di mana pihak Google selaku pengembang Android hanya memberikan jaminan untuk dua tahun saja. 

Kemarin, Samsung menaikkan tawaran pada janji yang telah mereka ucapkan sebelumnya itu. 

“Setiap perangkat Android dengan merk Galaxy yang dirilis mulai tahun 2019 atau tahun setelahnya akan mendapatkan garansi pembaruan keamanan selama empat tahun”, begitu bunyi pengumuman resmi dari Samsung.

Jika digabungkan dengan perubahan kebijakan sebelumnya, ini berarti bahwa semua perangkat smartphone Samsung yang akan datang, termasuk tablet, akan mendapatkan jaminan peningkatan Android selama tiga tahun dan empat tahun jaminan pembaruan keamanan. Selain pihak Google sendiri, tidak ada perusahaan lain yang berani memberikan kebijakan semacam itu.

Padahal selama ini, Samsung merupakan salah satu pabrikan smartphone yang dikenal lambat dalam memberikan pembaruan keamanan untuk perangkat mereka. Begitu juga dalam hal merilis versi Android terbaru, bahkan untuk smartphone kelas flagship sekalipun.

Akan tetapi jika melihat pada dua tahun terakhir, Samsung mencoba melakukan perubahan. Saat ini hampir semua smartphone flagship buatan mereka yang dirilis mulai tahun 2019 atau lebih baru, telah menggunakan Android dengan versi terbaru. Banyak dari smartphone kelas menengah mereka yang juga sudah memakai Android versi 11, atau setidaknya Android 10. 

Terlebih, pembaruan Samsung untuk keamanan Android belakangan juga sangat aktif dirilis. Ada beberapa waktu di tahun 2020 lalu di mana Samsung merilis pembaruan keamanan untuk Android lebih cepat daripada yang dilakukan oleh Google ke perangkat Pixel-nya. 

Dengan masalah keamanan perangkat mobile yang semakin mendapat sorotan, sangat senang akhirnya bisa melihat Samsung bisa diandalkan dalam hal pembaruan keamanan. 

Leave a Reply

Send this to a friend