Microsoft Project Reunion

Microsoft Project Reunion Preview Versi 0.5 Kini Telah Tersedia

NESABAMEDIA.COMPada Build 2020, Microsoft mengumumkan keberadaan sebuah proyek bernama Project Reunion, sebuah proyek baru yang memungkinkan pengembangan aplikasi di platform Windows 10 menjadi lebih mudah. Project Reunion menggabungkan akses ke Win32 (Legacy Windows API) yang sudah ada dengan UWP (Universal Windows Platform) API, dan menghadirkannya secara terpisah dari sistem operasi melalui alat semacam NuGet

Nantinya, aplikasi yang dibuat menggunakan komponen Project Reunion bisa bekerja atau digunakan di semua versi dan perangkat berbasis Windows 10. Kemarin, Microsoft akhirnya telah merilis Project Reunion Preview versi 0.5.

Microsoft mengklaim bahwa Project Reunion itu menawarkan beberapa keuntungan untuk para pengembang aplikasi Windows 10 seperti:

Penggabungan API di Seluruh Platform Aplikasi Desktop

Para pengembang yang ingin membuat aplikasi Windows Desktop sebelumnya harus memilih beberapa platform aplikasi dan frameworks. Meskipun masing-masing platform menyediakan banyak sekali fitur dan API yang bisa digunakan oleh aplikasi yang dibangun menggunakan platform lain, beberapa fitur dan API itu hanya bisa digunakan oleh platform tertentu. 

Project Reunion akan menggabungkan akses ke API Windows untuk semua aplikasi desktop Windows 10. Tidak peduli jenis dan model aplikasi yang dipilih oleh pengembang, mereka akan memiliki akses yang sama pada kumpulan API Windows yang tersedia di Project Reunion.

Dengan seiring waktu, Microsoft juga berencana untuk melakukan investasi lebih lanjut dalam Project Reunion yang akan menghapus lebih banyak perbedaan antara model aplikasi yang berbeda. Project Reunion ini juga bakal menyertakan API WinRT dan API C asli. 

Dukungan Yang Konsisten

Karena API Windows terus berkembang mengikuti versi sistem operasi, para pengembang diharuskan menggunakan teknik seperti kode adaptasi versi untuk memperhitungkan semua perbedaan dalam versi untuk menjangkau audiens aplikasi mereka. Ini bisa menambah kompleksitas tersendiri pada kode dan pengalaman pengembangan. 

Project Reunion API disebutkan akan bisa digunakan di versi 1809 dan semua versi Windows 10 yang akan datang. Ini artinya, selama pengembang menggunakan Windows 10 versi 1809 atau terbaru, maka mereka bisa menggunakan API Project Reunion dan semua fitur yang ada begitu dirilis, tanpa harus menulis ulang kode adaptif. 

Jangka Perilisan Lebih Cepat

API dan fitur Windows baru biasanya dikaitkan dengan rilisan OS yang terjadi pada jadwal perilisan sistem operasi yang biasanya terjadi satu atau dua kali dalam setahun. Project Reunion akan mengirimkan pembaruan dengan tempo yang lebih cepat, memungkinkan para pengembang untuk mendapatkan akses lebih awal ke inovasi dalam platform pengembangan Windows

Leave a Reply

Send this to a friend