Penjualan Perangkat Smartwatch 2020

Pandemi, Penjualan Smartwatch Tahun 2020 Cuma Naik 1 Persen

NESABAMEDIA.COMTerdampak oleh wabah pandemi Covid-19, penjualan perangkat smartwatch secara global pada kuartal keempat tahun 2020 mengalami penurunan. Hal ini membuat catatan penjualan perangkat smartwatch secara keseluruhan di tahun 2020 cenderung datar. Counterpoint Research melaporkan bahwa selama kurun waktu 2020, peningkatan penjualan perangkat smartwatch hanya sebesar 1,5 persen. 

Dari laporan tersebut, Apple masih mempertahankan peringkat pertama dan mampu meraih kenaikan angka penjualan sebesar 6 persen. Peningkatan penjualan smartwatch Apple itu juga mampu membantu menggeser pasar secara keseluruhan lebih dekat ke segmen premium. 

Laporan Penjualan Perangkat Smartwatch Secara Global di Kuartal Keempat 2020

Laporan Penjualan Perangkat Smartwatch Secara Global di Kuartal Keempat 2020

Apple Watch Seri 6 dan SE menampilkan performa yang cukup baik, dengan mampu terjual sebanyak 12.9 juta unit dan menguasai 40 persen pangsa pasar di kuartal keempat tahun 2020. Samsung juga tercatat mengalami kenaikan pangsa pasar secara tahunan sebesar 1 persen. Angka tersebut mengalami rebound pada paruh kedua periode tersebut dengan dirilisnya perangkat smartwatch Galaxy 3. 

Huawei juga membantu mendorong pertumbuhan pangsa pasar smartwatch secara keseluruhan dengan penjualan yang tumbuh sebanyak 26 persen secara Year-on-Year, meskipun masih dalam sanksi dagang oleh Amerika. Honor yang baru saja berpisah dari Huawei, juga berhasil dengan melipat gandakan penjualan dari tahun 2019. Merk Cina lainnya seperti Amazfit dan Xiaomi juga memiliki kinerja yang baik, dengan pertumbuhan mencapai dua digit. 

Terjadi pergeseran pasar yang cukup signifikan di perangkat smartwatch kelas atas, dengan vendor premium seperti Apple, Samsung dan Garmin. Counterpoint menjelaskan bahwa dinamika harga sepanjang kuartal keempat 2020 menunjukkan harga jual rata-rata yang meningkat. 

Segmen terbesar pada tahun 2019 dengan harga mulai Rp1 jutaan sampai Rp3 jutaan, menyusut sebanyak 7 persen. Sedangkan segmen dengan harga lebih mahal, yakni di atas Rp3 jutaan mengalami pertumbuhan sebanyak 8 persen. 

Pihaknya juga mengatakan bahwa pasar smartwatch didorong oleh tiga merk premium yakni Apple, Samsung dan Huawei. Diyakini, harga jual rata-rata smartwatch akan terus mengalami peningkatan selama dua sampai tiga tahun ke depan, karena model flagship dari perusahaan-perusahaan tersebut terus memimpin. 

Di sisi lain, kesuksesan Apple dengan Watch SE, diperkirakan juga akan memacu brand lain untuk menghadirkan model yang serupa, untuk bisa bergerak ke pasar massal. Lalu untuk para brand yang bermain dengan smartwatch murah seperti Oppo dan Realme akan mendapatkan bagian yang cukup signifikan, sehingga mengintensifkan persaingan secara keseluruhan dan pada akhirnya terjadi persaingan harga yang sengit. 

Leave a Reply

Send this to a friend