Harmony OS Gantikan Android

Huawei: Harmony OS Akan Gantikan Android Mulai April

NESABAMEDIA.COMSetelah mendapatkan sanksi dagang oleh pemerintah Amerika Serikat, Huawei tampak begitu tertatih untuk tetap bertahan sebagai produsen smartphone.

Mereka mencoba menghadirkan smartphone ke pasaran dengan versi Android yang banyak mengalami pemangkasan di beberapa sisi. Seperti tidak adanya aplikasi Google, Play Store bahkan komponen penting yakni Google Services. Hasil dari kegigihan Huawei itu, membuahkan sistem operasi buatan mereka sendiri yakni Harmony OS. 

Terlepas dari sanksi pemerintah Amerika, sebenarnya Huawei telah mengembangkan Harmony OS sudah sejak bertahun-tahun yang lalu, sebelum adanya sanksi. Pada awalnya, Harmony OS dikembangkan sebagai bagian dari platform Internet of Things. Kini piranti lunak itu juga bisa dijalankan di smartphone. 

Bersamaan dengan diluncurkannya Huawei Mate X2, perusahaan juga mengungkap bahwa Harmony OS akan menjadi sistem operasi dasar dari smartphone flagship mereka terhitung mulai bulan April mendatang. 

Setelah sebelumnya berhasil diterapkan untuk smart speakers, perangkat wearable dan lainnya, kini sepertinya Harmony OS sudah siap untuk bisa menjangkau perangkat smartphone. Ini memang bukan sebuah hal yang mengagetkan, karena pada bulan September lalu Huawei mengungkapkan rencana mereka tersebut. 

Harmony OS saat ini memang masih belum diselesaikan secara ‘sempurna’, jadi Huawei Mate X2 akan diluncurkan masih tanpa adanya keberadaan layanan dari Google. Namun Mate X2 dikatakan Huawei akan menjadi perangkat pertama yang siap menerima pembaruan dari Harmony OS pada bulan April nanti. Baru kemudian Harmony OS bisa dipasang pada perangkat flagship Huawei lainnya. 

Sejauh ini informasi yang didapatkan sebatas pada tanggal peluncuran sistem operasi Harmony OS saja. Masih belum diketahui smartphone Huawei apa saja yang akan mendukung sistem operasi tersebut nantinya. Diperkirakan, perangkat smartphone premium seperti Mate 40 Pro sangat besar kemungkinannya bisa mendukung penggunaan Harmony OS. 

Tidak juga diketahui bagaimana kinerja dan apa saja yang bisa ditawarkan oleh sistem operasi tersebut, untuk saat ini. Termasuk segala perbedaan baik dari sisi fitur dan performa jika dibandingkan dengan sistem operasi Android. Yang jelas, Huawei berjanji bahwa beralih dari Android ke Harmony OS akan bisa dilakukan dengan mudah. Serta sistem operasi itu akan menjadi sistem operasi yang ringan, jadi tidak akan meminta spesifikasi lebih dari smartphone. 

Leave a Reply

Send this to a friend