Apa itu Antena

Apa itu Antena? Mengenal Pengertian Antena

Pengertian Antena

Antena merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mengirim maupun menerima gelombang elektromagnetik. Penggunaan antena tergantung pada penggunaan dan juga pemakaian frekuensinya.

Antena memiliki beberapa bentuk, ada yang berupa seuntas kabel, yagi, dipole, dan lain sebagainya. Antena juga merupakan sebuah alat pasif tanpa adanya catu daya atau power serta bukan merupakan alat yang digunakan untuk menguatkan sinyal radio.

Peran antena lebih seperti reflektor yang terdapat pada lampu senter. Dengan kata lain antena berfungsi untuk memfokuskan atau mengkonsentrasikan sinyal. Adapun kekuatan di dalam memfokuskan sinyal radio satuan ukurannya adalah dB. Ketika dB bertambah, itu berarti jangkauan atau jarak tempuhnya pun juga bertambah.

Fungsi Antena

Pengertian Antena

Antena merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk mengubah sinyal listrik ke sinyal elektromagnetik. Setelah itu antena akan meradiasikannya atau melepaskan energi elektromagnetik ke ruang bebas serta sebaliknya.

Antena juga berfungsi menerima sinyal elektromagnetik atau berperan sebagai penerima energi elektromagnetik yang berasal dari ruang bebas lalu mengubahnya ke sinyal listrik. Untuk radar maupun sistem komunikasi satelit, Anda sering menemukan sebuah antena yang menjalankan dua fungsi tersebut. Akan tetapi, antena pada teleskop radio hanya berperan sebagai penerima sinyal saja.

Jenis-jenis Antena

Setelah memahami pengertian dan juga fungsi dari antena, informasi selanjutnya yaitu tentang apa saja jenis-jenis antena yang perlu Anda ketahui.

1. Antena Omnidirectional

Sebuah antena yang akan memancarkan sinyal secara beragam di dalam satu pesawat. Antena ini memiliki bentuk arahan di dalam bidang tegak lurus. Antena omnidirectional bisa Anda gunakan untuk menghubungkan beberapa antena directional pada outdoor point to multipoint komunikasi system, termasuk juga siaran TV maupun saluran telepon.

2. Antena Grid

Antena ini memiliki gain yang tinggi yang biasanya digunakan dalam melakukan komunikasi radio, data, televisi, dan juga digunakan sebagai radar di SHF maupun UHF pada gelombang elektromagnetik.

Panjang gelombang radio atau gelombang energi yang cenderung pendek pada frekuensi ini mengakibatkan ukruan yang dipakai pada antena grid masih cukup masuk akal. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja di dalam menerima maupun memancarkan sinyal.

3. Antena Sectoral

Untuk jenis antena yang ketiga ini sebenanrya hampir sama dengan antena omnidirectional yang juga berguna untuk P2MP atau Poin to serve a point to multipoint links. Beberapa antena sectoral memiliki bentuk tegak lurus serta ada juga yang horizontal. Antena ini diketahui mempunyai gain yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan omnidirectional yaitu sekitar 10 sampai denan 19 dBi serta bekerja pada area sekitar 6 sampai 8 km.

4. Antena Yagi

Untuk antena yagi berlaku ketentuan “jika direktor elemennya semakin banyak digunakan, semakin tnggi pula gain dari antena serta semakin sempit arah sinyalnya. Agar antena ini bisa diarahkan dengan baik dan tepat, maka Anda perlu bantuan GPS. Awalnya antena yagi digunakan untuk jalur radio komunikasi, namun sekarang juga bisa untuk wireless denga jarak tangkat mencapai 1 sampai 2 km.

Beberapa jenis antena lainnya yaitu:

  • Antena Helical
  • Antena Wajan Bolik
  • Antena Multiband Vertical

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend