Chipset Qualcomm Snapdragon SM8450 Waipio

Qualcomm Sedang Uji Coba Chipset Baru Mereka SM8450 Waipio

NESABAMEDIA.COMQualcomm diharapkan akan meluncurkan chipset Snapdragon 775 5nm dan juga sebuah alternatif dari Snapdragon 888 tanpa dukungan 5G tahun ini. Sebuah bocoran terbaru muncul dan mengindikasikan bahwa Qualcomm juga berencana menghadirkan suksesor dari Snapdragon 888 yang akan dirilis kemungkinan besar pada akhir tahun ini. Chipset Qualcomm Snapdragon tersebut diketahui memiliki nomor model SM8450 yang saat ini dalam tahap pengembangan. 

Dari nomor model tersebut bisa disimpulkan bahwa chipset tersebut akan menjadi generasi selanjutnya dari prosesor Snapdragon kelas atas. WinFuture yang mendapatkan bocoran tersebut menyebutkan bahwa chipset itu akan menjadi suksesor dari SM8350 yang diketahui kemudian bernama Snapdragon 888. Chipset itu juga diketahui memiliki kode nama Waipio. 

Nama Waipio sepertinya merujuk pada sebuah lembah di pulau Hawaii yang bernama Waipi’o, yang berarti curved water atau air yang melengkung. Qualcomm selama ini memang kerap memberikan nama produk-produk mereka dengan sejumlah lokasi yang ada di pulau Hawaii, dan Waipi’o SM8450 adalah salah satu di antaranya. 

Disebutkan bahwa prosesor SM8450 Waipio telah diujicobakan atau dalam tahap pengembangan pada sebuah platform dengan RAM LPDDR5 12GB dan ruang penyimpanan sebesar 256GB. Platform tersebut juga menggunakan kamera berteknologi modul Leica1. 

Apakah platform tersebut mengisyaratkan bahwa ada hubungan kerjasama khusus yang telah dijalin oleh Qualcomm dan Leica, di mana nantinya pabrikan smartphone harus menyesuaikan, masih menjadi misteri. Ada kemungkinan juga bahwa ujicoba itu hanya untuk mengetahui apakah chipset Waipio tersebut bisa mendukung penggunaan modul kamera Leica atau tidak. 

Leica sendiri selama ini dikenal sebagai salah satu nama legendaris dalam dunia fotografi, yang memiliki pengguna yang sangat loyal. 

Chipset tersebut mungkin juga akan menjadi salah satu dari beberapa chipset kelas unggulan Qualcomm, setelah sebelumnya membagi dua SoC seri 8 teratas mereka untuk pertama kalinya pada tahun 2020 yang lalu.

Diperkirakan, skor benchmark dari Waipio SM8450 ini akan mulai muncul pada akhir tahun ini. Qualcomm juga diharapkan akan mulai mengungkap chipset terbaru mereka ini pada bulan Desember 2021, sesuai dengan jadwal peluncuran produk-produk mereka jika merujuk pada tahun-tahun sebelumnya. 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend