Aplikasi Instagram Lite

Instagram Lite, Bebas Iklan, Irit Kuota dan Ramah di Semua Smartphone

NESABAMEDIA.COMKebanyakan orang pasti benci dengan namanya iklan, apalagi muncul saat sedang asik-asiknya berselancar internet di smartphone. Terkadang seluruh layar smartphone akan tertutup oleh iklan yang muncul, salah menekan tombol penutup, maka akan diarahkan mengunduh aplikasi yang tidak diinginkan. Namun iklan adalah bagian terpenting agar layanan aplikasi bisa terus berjalan. Hal ini juga terjadi di aplikasi Instagram. Namun kini Facebook menawarkan versi Lite dari Instagram yang benar-benar bebas iklan. 

Aplikasi Instagram versi Lite ini diluncurkan oleh Facebook pada tanggal 10 Maret 2021 kemarin. Dengan versi ringan dari Instagram yang asli, pengguna bisa menjelajahi postingan dan konten stories dari tokoh publik, rekan atau akun yang mereka ikuti tanpa adanya iklan yang mengganggu dan mencoba mengalihkan perhatian pengguna. 

Pada dasarnya, Facebook menciptakan sebuah versi khusus untuk aplikasi media sosial mereka yang ditujukan pada penggunaan dengan kondisi yang minim jaringan internet atau dengan kuota data yang terbatas. 

Facebook menyadari bahwa sebagian besar pengguna aplikasi mereka ada orang-orang dengan smartphone berspesifikasi rendah yang tidak bisa melakukan hal-hal keren seperti yang ditawarkan oleh smartphone Galaxy atau Pixel terbaru. Namun karena Instagram memang kaya fitur, bagi mereka dengan smartphone berspesifikasi rendah akan merasa kesulitan menggunakan Instagram, karena terkadang perangkat mereka menjadi lemot. 

Meski sebenarnya aplikasi Instagram pada awalnya merupakan aplikasi untuk berbagi foto, namun selama perjalanannya, aplikasi tersebut telah mengalami banyak sekali peningkatan dan mendapat banyak tambahan fitur untuk memenuhi kebutuhan pengguna secara luas dan menawarkan pengalaman yang berbeda. 

Di sisi lain, fitur-fitur itu semakin memberatkan pengguna dengan smartphone berspesifikasi rendah. Sebut saja fitur baru seperti Reels, IGTV, Shopping dan juga munculnya iklan-iklan. Terdapat juga animasi, filter AR, dan pembaruan antarmuka yang terus ditingkatkan, membuat Instagram menjadi aplikasi yang meminta lebih banyak sumber daya smartphone agar bisa digunakan secara penuh. 

Banyak fitur-fitur tambahan itu pun kemudian dihilangkan pada versi Lite atau ringan yang baru ini. Facebook juga mengatakan bahwa pihaknya ingin menyediakan pengalaman yang optimal untuk pengguna yang tinggal di tempat dengan kondisi yang kurang memungkinkan atau jauh di pelosok dengan penggunaan data seminimal mungkin. 

Pada dasarnya, aplikasi versi Lite dari Instagram ini juga tidak akan terlalu meminta sumber daya seperti versi penuhnya, jadi semua jenis smartphone termasuk semua jenis provider internet bisa menikmati pengalaman penggunaan Instagram yang lebih baik.

Lebih lanjut, Instagram Lite untuk Android ini hanya membutuhkan ruang penyimpanan sebesar 2MB saja. Jauh lebih kecil dari versi penuh yang berukuran 30MB. Facebook mampu menghadirkan versi dengan ukuran sangat kecil itu dengan memindahkan kode-kode yang ada di aplikasi ke Cloud. 

Leave a Reply

Send this to a friend