Kenali Unsur-Unsur Komunikasi Beserta Penjelasannya, Yuk Disimak!

Dalam aktivitas sehari-hari pastinya semua orang melakukan komunikasi antar sesama. Baik untuk membahas sesuatu yang penting dengan partner bisnis ataupun hanya untuk bercanda dengan teman dan keluarga. Memang yang namanya komunikasi tidak bisa lepas dalam setiap kegiatan kita.

Tapi, apakah anda sudah tahu apa itu komunikasi? Defenisi komunkasi secara umum adalah interaksi antar manusia dalam menyampaikan ataupun bertukar informasi terhadap sesama.

Selain itu, komunikasi juga memiliki beberapa unsur yang terkandung di dalamnya. Nah untuk lebih jelasnya, Yuk simak ulasan dibawah ini:

Unsur-Unsur Komunikasi

Unsur-Unsur Komunikasi Sebelum membahas apa saja yang termasuk kedalam unsur-unsur komunikasi, ada baiknya saya akan membahas sedikit pengertian unsur komunkasi.

Defenisi unsur komunikasi menurut para ahli:

1. Menurut Sereno , Joseph de Vito, Erika Vora

Mereka berpendapat bahwa lingkungan merupakan unsur komunikasi sangat penting untuk mendukung terjadinya proses komunikasi.

2. Menurut Melvin L De Fluer dan Charles Osgood Gerald Miller

Mereka menambahkan dampak dan feedback sebagai salah satu unsur dalam komunikasi dimana nantinya proses komunikasi antar pribadi dan komunikasi massa akan lebih banyak dikembangkan.

3. Menurut Warren Weaver dan Claude E Shannon

Unsur komunikasi yaitu penerima, pengiriman, tujuan, transmitter, dan signal. Kesimpulan tersebut berdasarkan atas studi yang mereka lakukan mengenai pengiriman pesan radio dan telpon.

Unsur-Unsur Komunikasi

1. Media

unsur-unsur komunikasi - Media komunikasi

Media adalah penyalur pesan untuk melakukan proses komunikasi. Dalam pemilihan media atau saluran pada proses menyampaikan komunikasi tergantung dari karakter berita ingin disampaikan .

Sebagian ahli psikologi berpendapat bahwa mata dan teliga manusia merupakan media yang digunakan dalam berkomunikasi.

Selanjutnya pesan yang telah diterima oleh telinga dan mata akan diproses didalam pikiran manusia fungsinya untuk mengatur yang kemudian dapat menentukan perbuatannya terhadap suatu hal. Namun, media atau saluran yang dimaksud dalam unsur-unsur komunikasi adalah sebagai berikut:

  1. Media antar pribadi, maksudnya adalah media untuk hubungan antar pribadi atau perorangan. Dalam hal ini media yang digunakan adalah surat, kurir dan telepon.
  2. Media kelompok adalah media yang di gunakan ketika komunikasi yang dilakukan melibatkan banyak orang. Misalnya pada sebuah acara seperti seminar, rapat, dan konferensi.
  3. Media massa merupakan alat yang untuk menyampaikan informasi dari sumber tertentu kepada penerima menggunakan beberapa alat-alat komunikasi seperti radio, televisi, surat kabar dan film.
  4. Media publik adalah media yang di gunakan ketika komunikasi yang dilakukan melibatkan banyak orang. Misalnya seperti rapat raksasa, rapat akbar dan semacamnya.

2. Komunikator (Sender)

Komunikator atau pengirim merupakan salah satu unsur dalam komunikasi yang bertugas sebagai penyampai atau pengirim pesan. Komunikator adalah sumber informasi untuk komunikan.

Yang mana keberhasilan seorang komunikator tergantung bagaimana caranya dalam menyampaikan pesan . Apakah komunikan mampu menangkap dan paham pesan tersebut ataupun tidak, dan bagaimana tanggapan yang dihasilkan seorang komunikan tergantung oleh kemampuan dari komunikator pada waktu menyampaikan pesan.

Hal-hal yang harus dimiliki oleh seorang komunikator atau pengirim pesan agar pesan yang diberikan dapat tersampaikan adalah sebagai berikut:

  1. Memiliki pengetahuan untuk mengantisipasi gangguan yang mungkin timbul.
  2. Menguasai teknik menulis atau bicara dalam menyampaikan pesan.
  3. Mempunyai pengetahuan yang luas mengenai isi pesan yang ingin disampaikan.
  4. Mampu menyusun isi pesan secara baik dan benar.
  5. Mampu memberikan respon atas feedback yang disampaikan oleh komunikan.
  6. Memiliki kredibilitas yang baik dimata audience atau komunikan.
  7. Mampu memilih media atau saluran yang paling tepat untuk digunakan ketika menyampaikan pesan.

3. Komunikan (Receiver)

Komunikan (Receiver)

Komunikan adalah orang yang merima pesan, seseorang yang menjadi target dalam komunikasi. Sasaran yang ditentukan oleh pengirim pesan untuk menerima pesan yang diberikannya. Komunikan atau penerima pesan bisa seorang individu ataupun kelompok.

Komunikan memiliki kewajiban untuk mengerti yang disampaikan oleh komunikator kepadanya, maka dari itu seorang komunikan atau penerima pesan harus memperhatikan dengan baik apa yang disampaikan oleh komunikator. Hal-hal berikut ini harus dimiliki oleh seorang komunikan, agar tujuan komunikasi dapat tercapai yaitu:

  1. Sikap

Sikap dalam hal ini berhubungan dengan sikap komunikan kepada komunikator dan pesan yang disampaikannya. Ketika seorang komunikator mempunyai pandangan yang negatif, maka komunikan cenderung akan bersikap menghiraukan ataupun sebaliknya

  1. Keadaan Lahiriah

Manusia normal mempunyai indra pendengaran, penglihatan, peraba, penciuman, dan perasa. Tetapi terdapat beberapa orang yang menderita kecacatan atau disabilitas seperti tidak dapat mendengar atau melihat. Hal seperti perlu juga diperhatikan agar pesan yang sampaikan atau diberikan dapat diterima dengan baik dan benar.

  1. Pengetahuan

Pengetahuan komunikan terhadap pesan yang disampaikan juga sangat mempengaruhi tingkat pemahaman komunikan terhadap pesan yang disampaikan. Misalnya pesan yang berisi informasi mengenai kehamilan yang tidak tepat untuk disampaikan kepada anak-anak.

  1. Kecakapan Komunikasi

Kecakapan komunikasi dalam hal ini berhubungan dengan kecakapan komunikan dalam mendengar, membaca, dan mampu menangkap apa yang didengar dan dibacanya.

4. Feedback

unsur-unsur komunikasi - Feedback

Feedback merupakan tanggapan yang diberikan oleh komunikan untuk merespon pesan yang diterimanya dari seorang komunikator. Sama halnya seperti unsur komunikasi yang lainnya, feedback atau umpan balik memegang peranan yang penting untuk tercapainya tujuan dalam komunikasi.

Feedback dari seorang komunikan dapat berupa apa saja, seperti gerakan tubuh yaitu senyuman, gelengan atau anggukan kepala ataupun prilaku lainnya seperti mencatat informasi. Feedback sendiri dikelompokkan dalam dua kategori, yatu:

  1. Feedback negatif

Feedback negatif adalah tanggapan yang karakternya cenderung menolak pesan yang diberikan. Misalnya bersikap menghiraukan, gelengan kepala, dan lainnya.

  1. Feedback positif

Sedangkan Feedback positif merupakan kebalikan dari feedback negatif yaitu tanggapan yang sifanya cenderung setuju terhadap pesan yang diberikan. Seperti contoh senyuman,anggukan kepala atau respon positif lainnya.

5. Pesan

Pesan

Pesan adalah berita atau informasi yang akan disampaikan komunikator kepada penerima pesan. Pesan dalam hal ini dapat berupa tulisan, gambar, kata-kata dan sebagainya. Pesan berisi materi yang disampaikan untuk mengubah atau mempengaruhi komunikan.

Pesan terbagi dalam berbagai jenis antara lain:

  1. Pesan persuasif

Pesan ini bersifat bersifat membujuk. Tujuan dari pesan persuasif adalah untuk merubah pandangan komunikan. Melalui pesan ini komunikan bisa merubah sikap tanpa adaya paksaan. Contoh pesan persuasif adalah contohnya iklan sebuah produk.

  1. Pesan informatif

Jenis pesan yang satu ini memberikan fakta, informasi, keterangan, atau lainnya. Pesan informatif merupakan pesan yang dapat dijadikan acuan dalam pengambilan sebuah keputusan oleh komunikan. Misalnya informasi mengenai bencana alam, jenis bantuan apa yang dibutuhkan oleh pengungsi.

  1. Pesan koersif

Pesan koefsif merupakan kebalikan dari pesan persuasif yaitu pesan yang sifatnya memaksa untuk mencapai tujuannya, dengan cara merubah prilaku komunikan. Selain itu, pesan jenis ini mengandung unsur paksaan sebagai contoh memberikan sebuah sanksi. Contoh dari pesan persuasif adalah peraturan pegawai didalam sebuah perusahaan.

6. Konteks (context)

Didalam unsur-unsur komunikasi terdapat konteks yang artinya suasana atau lingkungan fisik maupun non-fisik atau situasi dari orang-orang yang melakukan sebuah komunikasi.

7. Gangguan (Noise)

unsur-unsur komunikasi - Gangguan (Noise)

Noise atau gangguan adalah segala sesuatu untuk mengganti informasi atau pesan yang diberikan kepada komunikan atau mengubahnya dari penerimaan pesan tersebut. Pada unsur komunikasi gangguan terdiri dari 2 macam, yaitu:

  1. Gangguan teknis adalah seseorang yang mengalami gangguan kesulitan dalam bicara.
  2. Gangguan semantik adalah penerima memberikan respon yang berlainan dari apa yang disampaikan komunikator.

8. Pertukaran makna (Shared meaning)

Didalam pertukaran makna pada unsur komunikasi adalah ruang atau bidang pertemuan menciptakan kebersamaan dari orang yang melakukan proses komunikasi tersebut.

9. Bidang pengalaman

Didalam suatu unsur komunikasi pada ruang atau bidang yang melatarbelakangi informasi akan mempengaruhi latar belakang dari orang-orang yang melakukan komunikasi.

10. Decoding

Decoding dalam unsur komunikasi dapat diartikan sebagai pengalihan pesan kedalam bentuk yang sudah berbeda atau sudah menjadi sebuah gagasan. Decoding juga diartikan sebagai proses dimana penerima menerjemahkan pesan menjadi informasi yang berarti baginya.

Itulah beberapa unsur-unsur komunikasi. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu banyak orang. Terimakasih ­čÖé

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

Leave a Reply

Send this to a friend