Kenali Unsur-Unsur Organisasi dalam Manajemen Maupun Perusahaan

Organisasi adalah sekelompok orang yang melakukan kerja sama dengan cara berkumpul untuk merencanakan dan mencapai tujuan bersama, dimana dalam bekerja memanfaatkan sumber daya manusia yang ada. Hal-hal yang mendukung dalam tercapainya suatu tujuan organisasi antara lain bisa dalam bentuk material (uang), metode, lingkungan, sarana dan prasarana, dan lain-lain.

Organisasi merupakan hal yang penting dalam kehidupan bermasyarakat, karena dengan berorganisasi suatu hal akan bisa tercapai dan pemecahan masalah akan bisa diselesaikan bersama secara mufakat. Organisasi juga mengajarkan kepada setiap orang bahwa bersosialisasi itu perlu.

Sistem bekerja dalam suatu organisasi diharapkan bisa efektif dan efisien dalam artian dilakukan secara sistematis dan terpimpin didukung oleh pemikiran yang rasional dan terkendali.

Tujuan Organisasi

unsur-unsur organisasi dan tujuannya

Tujuan organisasi sangat diperlukan dalam suatu organisasi karena menyangkut target dan maksud didirikannya suatu organisasi tersebut. Dengan adanya tujuan, suatu organisasi bisa tersusun secara sistematis dan terorganisir. Berikut adalah tujuan-tujuan dari organisasi secara umum, yaitu:

  1. Menjadi tempat berkumpul bersama dalam mencapai tujuan organisasi yang diinginkan secara efektif dan efisien.
  2. Dapat meningkatkan kemampuan, kemandirian, dan sumber daya yang dimiliki.
  3. Sebagai tempat berkembangnya tiap-tiap individu (kualitas diri), dalam artian bagi yang ingin memiliki jabatan, penghargaan, maupun pembagian kerja.
  4. Sebagai tempat untuk mencari keuntungan, mengelola lingkungan secara bersama-sama.
  5. Sebagai tempat untuk menambah pergaulan dan bisa memanfaatkan waktu luang dengan baik.
  6. Sebagai tempat untuk orang-orang yang ingin memiliki kekuasaan dan pengawasan.

Unsur-Unsur Organisasi

unsur-unsur organisasi

Unsur-unsur dalam organisasi sangat diperlukan agar suatu organisasi tersebut bisa mencapai tujuan secara optimal dan secara sistematis. Dengan tersusunnya organisasi tersebut, maka otomatis suatu organisasi tersebut berhasil dalam bekerja. Berikut adalah unsur-unsur yang harus dipunya oleh suatu organisasi, antara lain:

1. Personil (Man)

Unsur ini merupakan unsur terpenting yang dimiliki dalam suatu organisasi, dimana dalam suatu organisasi terdapat personil-personil yang mempunyai tingkatan jabatan dan fungsi kerjanya masing-masing (disesuaikan dengan jenis suatu organisasi tersebut).

2. Kerja Sama (Team Work)

Unsur ini merupakan unsur penting dalam suatu organisasi, dimana dengan adanya kerja sama, maka suatu tujuan organisasi bisa tercapai. Tujuan tersebut dapat didukung oleh para anggota yang bisa melakukan tugas dan tanggung jawab secara bersama-sama sesuai dengan tingkatan dan fungsi kerjanya.

3. Tujuan Organisasi

Unsur ini merupakan tolak ukur atau cara pandang suatu organisasi dalam bekerja untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai. Tujuan-tujuan tersebut bisa meliputi program-program maupun prosedur dalam suatu organisasi.

4. Peralatan (Equipment)

Unsur ini lebih kepada peralatan-peralatan yang mendukung dalam suatu organisasi (sebagai sarana). Hal tersebut bisa dilihat melalui materi, budget, dan barang modal yang dapat dijadikan tempat kerja atau berkumpulnya suatu organisasi (seperti kantor, gedung, uang, SDM, dan lain-lain).

5. Lingkungan (Environment)

Unsur ini lebih kepada aspek lingkungan seperti kondisi sosial, ekonomi, budaya, dan teknologi sebagai pendukung dalam mencapai tujuan dari suatu organisasi.

6. Sumber Daya Alam (SDA)

Unsur ini lebih kepada sumber daya alam yang dimanfaatkan untuk penunjang keberhasilan suatu organisasi, antara lain bisa dengan air, keadaan iklim, kondisi tanah, cuaca, flora dan fauna.

Unsur Pelengkap Suatu Organisasi

unsur-unsur organisasi beserta penjelasannya

Selain unsur-unsur utama, suatu organisasi juga mempunyai unsur-unsur tertentu dimana dengan unsur-unsur tersebut menjadi pelengkap suatu organisasi, antara lain:

1. Sebagai Wadah (Tempat) untuk Bekerja Sama

Dalam hal ini organisasi menjadi tempat untuk mencapai suatu tujuan, dimana tanpa tujuan maka suatu organisasi tersebut tidak bisa mengetahui bagaimana cara bekerja yang akan dilakukan untuk organisasinya. Bisa dikatakan unsur ini untuk menampung keinginan kerja sama beberapa orang untuk mencapai tujuan tertentu.

2. Adanya Kerja Sama

Dalam hal ini kerja sama dilakukan lebih dari dua orang dalam suatu organisasi dan kerja sama tersebut dilaksanakan agar tujuan suatu organisasi menjadi tercapai dan terlaksana dengan baik.

3. Adanya Kedudukan

Dalam hal ini dengan adanya kedudukan maka masing-masing orang akan bisa lebih jelas dalam tugas pekerjaannya dalam suatu organisasi.

4. Adanya Tujuan Tertentu

Dalam hal ini tujuan dalam suatu organisasi harus ada dan dengan perencanaan yang kurang baik, maka hasilnya juga kurang baik pula.

Ciri-Ciri Organisasi

Ciri-Ciri Organisasi

Suatu perkumpulan dikatakan sebagai sebuah organisasi, jika memiliki ciri-ciri sebagai berikut antara lain:

  1. Terdapat tujuan dan sasaran yang ingin dicapai.
  2. Adanya atasan dan bawahan.
  3. Mempunyai kerja sama yang terstruktur.
  4. Punya hak wewenang dan adanya koordinasi tugas-tugas.
  5. Adanya keterikatan format dan tata tertib yang harus ditaati.
  6. Mempunyai anggota minimal 2 orang atau lebih dimana bisa menjalankan organisasi sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan.
  7. Mempunyai tujuan organisasi yang dicapai untuk kepentingan bersama.
  8. Saling bekerja sama dan saling membantu dalam mencapai tujuan suatu organisasi.
  9. Adanya peraturan yang dibuat untuk ditaati oleh setiap anggota.
  10. Adanya pembagian tugas yang disesuaikan dengan kebutuhan suatu organisasi (disesuaikan dengan bidang organisasi tersebut).

Pengaruh Komunikasi dalam Organisasi

Komunikasi menjadi salah satu pengaruh yang paling penting dalam kinerja sebuah organisasi. Hal tersebut juga menandakan seberapa besar usaha anggota organisasi. Usaha tersebut merujuk pada penggunaan tubuh secara fisik, berbicara, berjalan, dan memecahkan masalah. Usaha-usaha tersebut mencakup:

  1. Aktivitas
  2. Langkah-langkah pelaksanaan kerja
  3. Kualitas hasil
  4. Pola waktu kerja

Usaha-usaha tersebut mencerminkan komitmen dalam suatu organisasi. Selain itu, kepercayaan dan penerimaan atas tujuan organisasi merupakan komitmen organisasi lainnya. Komunikasi dalam suatu organisasi sangat penting dalam pergantian dan masa kerja suatu anggota organisasi.

Komunikasi yang positif cenderung meningkatkan dan mendukung komitmen suatu organisasi. Proses-proses interaksi yang terlibat dalam komunikasi juga memberi pengaruh penting dalam restrukturisasi, reorganisasi, dan dalam menghidupkan kembali unsur-unsur dasar dalam suatu organisasi.

Kepuasan suatu komunikasi menggambarkan evaluasi atau kondisi luar suatu organisasi itu seperti apa. Kepuasan komunikasi menggambarkan reaksi individu atas hasil yang diinginkan melalui komunikasi dalam suatu organisasi. Kepuasan komunikasi digunakan untuk menyatakan keseluruhan tingkat kepuasan yang dirasakan oleh anggota terhadap lingkungannya. Sehingga bisa dibilang bahwa komunikasi cenderung memperkaya gagasan komunikasi dengan menyoroti tingkatan individu dan pribadi.

Dari penjelasan di atas, maka bisa disimpulkan bahwa organisasi sangat diperlukan dalam suatu masyarakat untuk mencapai tujuan bersama. Selain itu, suatu organisasi tidak lengkap atau belum sukses jika belum terdapat unsur-unsur organisasi di dalamnya. Sehingga, dengan adanya unsur-unsur organisasi di atas, diharapkan suatu organisasi bisa bersinergi dan mencapai tujuannya secara optimal.

Komunikasi dalam organisasi juga perlu, dimana dengan adanya kelancaran komunikasi tersebut menandakan bahwa suatu organisasi sudah bisa berjalan secara sempurna dan seimbang. Karena dengan adanya komunikasi, maka tidak ada kesenjangan dalam berpendapat dan hasil pendapat dilakukan secara mufakat. Otomatis dengan mufakat tersebut membuat tujuan yang dicapai memang semestinya berhasil dan sesuai dengan apa yang diinginkan. Komunikasi sangat perlu dalam kehidupan sehari-hari apalagi masyarakat.

Leave a Reply

Send this to a friend