Fitur Pencarian Tab di Microsoft Edge Kini Semakin Lebih Baik

Fitur Pencarian Tab di Microsoft Edge Kini Semakin Lebih Baik

NESABAMEDIA.COMMicrosoft meluncurkan versi terbaru dari Edge Canary, yang membuatnya menjadi sejalan dengan perubahan terbaru untuk mesin Chromium, yang juga diperbarui dengan peningkatan pencarian tab pada beberapa minggu yang lalu. Selain peningkatan dari Chromium, browser Microsoft Edge juga mendapatkan dukungan untuk shortcut keyboard opsional yang memiliki fungsi untuk membuka halaman riwayat lengkap. 

Seperti yang mungkin sudah diketahui, Google baru-baru ini juga telah menambahkan fitur yang disebut penelusuran tab di browser Chrome mereka. Fitur ini bisa diakses melalui menu browser dan memungkinkan pengguna untuk mencari tab yang terbuka di semua jendela. Sehingga pengguna bisa dengan mudah melihat dan menemukan tab yang mereka cari. Ini akan sangat membantu, ketika pengguna sedang membuka banyak sekali tab dalam browser. 

Tampilan Fitur Pencarian Tab Edge

Tampilan Fitur Pencarian Tab Edge

Karena browser Microsoft Edge juga berbasis platform open source Chromium, Microsoft juga bisa menggunakan fitur yang ada di Chrome. Begitu pula sebaliknya. 

Browser Microsoft Edge versi Canary baru saja diperbarui dengan sebuah label eksperimental untuk mengaktifkan fitur pencarian tab, yang dengan kata lain bisa dibilang fitur pencarian tab di Chrome juga akan hadir di browser Edge. 

Kemarin, pembaruan Edge versi Canary telah menambahkan dukungan untuk fitur timestamp pada pencarian tab. Memeriksa daftar tab dalam penelusuran dan kemudian secara manual mengidentifikasi tab terbaru, menjadi PR tersendiri karena baik Edge maupun Chrome tidak bisa melakukan pengenalan ketika pengguna mengakses tab tersebut. 

Namun, Microsoft punya solusi tersendiri yang akan memudahkan masalah itu, dengan menambahkan timestamp untuk tab yang terbuka di panel pencarian. 

Fitur ini saat ini masih dalam tahap uji coba secara terbatas, namun pengguna bisa menggunakan perintah baris di browser untuk mengaktifkan pencarian tab secara manual. Untuk melakukannya, klik kanan pada shortcut di Edge versi Canary dan tambahkan “-enable-features=msTabSearch” pada kolom target. 

Microsoft masih menguji coba fitur pencarian tab untuk Edge Chromium dan akan mereka rilis ke pengguna dalam waktu dekat. 

Shortcut Keyboard

Di Edge versi Canary, ada sebuah label baru yang bernama “akselerator riwayat (history accelerator)” yang akan memungkinkan pengguna untuk membuka secara penuh halaman riwayat ketimbang ditampilkan menu flyout menggunakan tombol CTRL+H di keyboard. 

Untuk menu flyout, Microsoft juga menguji coba sebuah fitur baru yang akan memungkinkan pengguna untuk bisa mengklik nama header untuk membuka halaman secara penuh. 

Selain beberapa peningkatan tersebut, Microsoft juga tengah mengembangkan sebuah API baru untuk meningkatkan pengalaman penintaan di Edge, Chrome dan browser berbasis Chromium lainnya. 

Leave a Reply

Send this to a friend