Pembaruan Kumulatif Windows 10 Bulan April Resmi Gantikan Edge Legacy

Pembaruan Kumulatif Windows 10 Bulan April Resmi Gantikan Edge Legacy

NESABAMEDIA.COMMicrosoft akhirnya mengistirahatkan browser original Windows 10 Edge Legacy, dan menggantinya dengan browser Edge berbasis Chromium. Pergantian ini terjadi sebagai bagian dari pembaruan Patch Tuesday bulan April 2021 dan ditunjang oleh pembaruan kumulatif baru yang telah dirilis kemarin. 

Dengan kata lain, ketika pengguna memasang pembaruan kumulatif April 2021, Windows 10 secara otomatis akan menghapus versi Legacy atau lama dari browser Microsoft Edge dan mengunduh serta memasang browser Edge versi Chromium yang baru. 

Jika pengguna telah memiliki browser Edge versi Chromium terpasang di perangkat, maka pembaruan tersebut hanya akan menghapus browser versi Legacy secara permanen dari perangkat. 

“Saat pengguna menerapkan pembaruan ini ke perangkat, aplikasi desktop Microsoft Edge Legacy yang sudah tidak lagi mendapatkan dukungan, akan dihapus dan Microsoft Edge yang baru akan dipasang. Microsoft Edge yang baru menawarkan keamanan bawaan dan interoperabilitas terbaik dari kami dengan ekosistem keamanan Microsoft. Semuanya menjadi lebih aman daripada Chrome untuk bisnis di Windows 10,” ungkap Microsoft.

Proses transisi ke browser yang baru itu akan terjadi dengan sehalus mungkin, karena semua data akan secara otomatis dipindahkan ke Edge versi Chromium, termasuk data bookmarks, riwayat dan kata sandi. 

“Kami tidak menyarankan untuk melewati pembaruan kali ini. Pembaruan kumulatif Windows bulanan akan memberikan peningkatan keamanan kritis ke sistem operasi Windows 10. Windows 10 secara default dan personalisasi-nya, seperti browser default atau sematan Taskbar tidak akan mengalami perubahan. Misalnya ketika pengguna telah menyematkan browser Edge Legacy ke Taskbar, maka akan digantikan dengan browser Edge versi Chromium” tambah Microsoft dalam penjelasannya.

Browser Edge Chromium yang baru itu juga menawarkan penggunaan antar platform, jadi tidak hanya akan berjalan di Windows 10 saja, namun juga bisa digunakan di Windows 7, Windows 8.1, macOS bahkan Linux. Versi mobile dari Edge Chromium juga telah tersedia untuk perangkat berbasis Android dan iOS, sehingga memberikan kemudahan dalam menggunakan browser Edge secara mobile ketika pengguna sedang bepergian atau berada di jalan. 

Leave a Reply

Send this to a friend